in: Audio | April 12, 2016 | by: David Novan

Review Speaker Thonet & Vander Hoch BT

Pengalaman Menikmati Musik

Ketika berbicara mengenai speaker, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah kemampuannya untuk menghasilkan suara yang lebih kuat bila dibandingkan dengan headset. Oleh sebab itu, kami langsung memeriksa kemampuan Thonet & Vander Hoch BT dalam menghasilkan volume tinggi yang akurat. Ternyata, dukungan power output sebesar 35 watt untuk tiap speakernya mampu menghasilkan suara yang keras dan tepat! Kami sama sekali tidak menemukan getaran tidak wajar di membran speakernya, tampaknya hal itu bisa terjadi berkat dukungan HDAA yang membentuk badan speaker. Kemampuannya untuk menghasilkan suara tinggi yang tepat setelah kondisi diam juga pantas mendapatkan pujian.

009
Antara dua speaker, kabel khusus digunakan untuk menghubungkan keduanya

 

Beralih ke detail yang lebih kecil, kami menemukan speaker ini mampu menghasilkan suara symbal yang natural dan detail. Desisan yang muncul setelah symbal dipukul dapat terdengar dengan jelas dan akurat. Hal ini menandakan kemampuannya dalam menghasilkan Treble yang jernih. Level Treble yang dihasilkannya juga tepat, tidak berlebihan sehingga memberikan kenyamanan di telinga yang mendengarnya.

Pada bagian suara Mid, speaker ini kembali mengejutkan kami. Ternyata, suara vokal yang dihasilkan dari musik yang kami gunakan dapat dengan jernih terdengar. Bila dibandingkan dengan kualitas Treble-nya, suara Mid pada speaker ini jauh lebih tinggi tingkatannya bila dibandingkan dengan speaker lain. Bahkan ketika reproduksi suaranya kami bandingkan dengan Spektogram sekalipun, semua getaran suaranya dapat dihasilkan dengan detail tinggi! Itu sebabnya speaker ini untuk kami jauh lebih dapat dinikmati ketika mendengarkan musik dengan karakter suara vokal yang dominan.

010
Jack 3,5 mm digunakan untuk menghubungkan speaker dengan media player atau PC

 

Lalu, bagaimana untuk Bass-nya? Speaker berukuran besar seperti Thonet & Vander Hoch BT sudah seharusnya memiliki Bass yang mendentum. Namun, menurut pengamatan kami, speaker ini justru lebih menonjol pada detail Bass dibandingkan kekuatan dentumannya. Ketika melantunkan lagu dengan petikan senar Bass, semuanya dapat dengan jelas terdengar di telinga kami, bahkan sampai getaran kecil di senarnya. Detail suara latar juga mengalami kondisi yang sama dengan dentumannya; kami tidak dapat dengan mudah menemukan suara latar. Suara tersebut ada di sana, tetapi hanya terdengar sayup saja. Namun demikian, kami menemukan speaker ini mampu menghasilkan sound stage yang cukup baik, terutama untuk memisahkan posisi setiap instrumen dengan suara dominan.

Cocok Untuk Siapa?

Thonet & Vander Hoch BT merupakan speaker meja. Jadi, menurut pengamatan kami, speaker ini sangat tepat bila diletakkan di samping komputer Anda atau sebagai pengapit buku di rak. Berkat kemampuannya untuk terhubung secara nirkabel, Anda dapat dengan mudah menepatkannya di jangkauan 10 meter dari media player tanpa pusing dengan pengaturan kabel. Kualitas suara yang dihasilkan melalui nirkabel juga tidak kalah bagusnya bila dibandingkan dengan koneksi kabel melalui jack 3,5mm.

011
Konektor listriknya tidak menyertakan converter untuk listrik yang biasa ditemukan di tanah air

 

Melihat dari hasil yang kami temui, speaker ini sangat cocok untuk penikmat musik yang mengutamakan detail suara. Namun, bukan berarti kualitas Bass-nya tidak bagus, karena speaker ini mampu mengasilkan detail Bass yang tinggi. Akan tetapi, untuk penikmat musik dengan dominasi hentakan Bass seperti Trance dan House, rasanya speaker ini sedikit tidak cocok untuk memenuhi harapan.

Kesimpulan

Thonet & Vander Hoch BT bisa dipastikan akan mampu memenuhi kebutuhan Anda akan speaker berkekuatan tinggi dan di saat bersamaan mampu menghasilkan suara yang akurat, baik pada Treble, Bass, maupun Mid. Apalagi bila Anda mengejar speaker dengan harga yang relatif terjangkau dan memiliki kemampuan speaker premium dengan harga dua hingga tiga kali lipatnya. Satu hal yang perlu Anda ingat, siapkan tempat yang cukup besar untuk menempatkan speaker ini!

Spesifikasi:

  • Power Output: 70W RMS (35W + 35W)
  • Frequency Response: 50Hz – 20KHz
  • Distortion: <0.1% – 1W
  • S/N: >65dB
  • Separation: >40dB
  • Acoustic Box Material: Wooden Box HDAA
  • Acoustic Box Size: 460 x 181 x 230 mm
  • Driver Size: 2 Woofer 5.25″
  • Driver Material: Aramid Fiber
  • Impedance/Power: 10Ω 30W
  • Tweeter Size: 1″
  • Tweeter Material: Silk
  • Impedance/Power: 6Ω 24W
  • Antimagnetic Shield
  • Controls: Volume, Treble, Bass
  • Remote Control: Wireless
  • Input: Bluetooth 4.0 (10m transmission distance), 3.5 / RCA Stereo

Harga: Rp2.400.000

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES