in: News | April 7, 2016 | by: Fernando B. Sitorus

Samsung Rilis Chip RAM 10 nm Kencang Pertama di Dunia

Anda berencana ingin membeli RAM DDR4 dalam waktu dekat? Mungkin Anda harus memikirkan untuk menunda hal tersebut setelah membaca kabar terbaru ini. Raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung, dikabarkan akan merilischip  RAM terbaru yang diklaim bakal 30% lebih cepat dan juga 20% lebih efisien dibanding generasi RAM yang beredar saat ini.

Modul RAM ini dikabarkan juga merupakan yang pertama mengusung chip 10nm di dunia. “Chip 10nm RAM dari Samsung ini akan menjadi investasi masa depan karena kemampuannya dalam mengkonsumsi daya jauh lebih efisiensi dan akan menjadi standar baru RAM di masa depan,” begitu komentar Young Yun Jun, selaku President Memory Business, Samsung. Yun Jun juga menambahkan bahwa Samsung akan segera merilis RAM dengan chip 10 nm untuk mobile, seperti smartphone, dalam waktu dekat. “Dengan masuknya modul RAM terbaru ini nantinya diharapkan perangkat mobile dapat berkembang lebih baik karena memanfaatkan modul terbaru yang sangat cepat tapi hemat daya“, tambahnya.

samsung 10 nm
RAM terbaru ini diklaim akan mempunyai transfer rate yang mumpuni, mencapai 3200 Mega bit per second (Mbps) yang tentunya lebih cepat dari arsitektur chip RAM berukuran 20nm yang sekarang banyak digunakan dan hanya mampu menyajikan transfer rate 2400 Mbps. Peningkatan performa ini dikabarkan karena pihak Samsung sukses menerapkan teknologi NAND flash terbaru yang hanya membutuhkan satu transistor di tiap flash tanpa penggunaan kapasitor seperti teknologi sebelumnya.

Samsung RAm

Samsung dikabarkan akan segera meluncurkan versi desktop dan laptop terlebih dahulu dengan pilihan mulai dari modul 4 GB dan kemudian dilanjutkan dengan kelas enterprise untuk server hingga 128 GB. Dikabarkan juga bahwa Samsung tetap akan menjual RAM dengan chip 20nm yang dirilis sejak 2014. Produk 20nm yang belum lama dirilis tersebut akan menjadi pilihan pengguna untuk sistem PC mereka bersama dengan RAM bersenjatakan chip 10nm mereka yang terbaru. Banyak yang berharap agar harga RAM kencang ini tidak terlalu mahal sehingga tidak menjadi sebuah ganjalan bagi pengguna untuk mencobanya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES