in: News | April 15, 2016 | by: Irham

Smartfren Luncurkan Aplikasi Smart VoLTE

IMG-20160415-WA0001

Hari ini Smartfren mengundang media untuk menguji coba aplikasi terbaru dari provider 4G lokal tersebut yaitu Smart VoLTE. Aplikasi ini berguna untuk para pengguna smartphone 4G agar bisa menikmati layanan VoLTE dari Smartfren. Sebelumnya layanan VoLTE ini baru hanya tersedia pada smartphone Andromax R2 dan E2, dan kini semua pengguna smartphone 4G yang mendukung jaringan 850mHz dan 2300mHz.

Setelah diluncurkan bersama perangkat Andromax R2 dan E2, kini layanan VolTE bisa dinikmati di semua smartphone dengan menggunakan aplikasi VoLTE telah tersedia di Google Playstore,” ujar Roberto Saputra, Chief of Brand PT. Smartfren Telecom. Dengan aplikasi tersebut pengguna bisa menikmati layanan VoLTE seperti voice/video Call, SMS, USSI dan conference call. Aplikasi ini akan memberikan kemampuan pada smartphone untuk mendukung teknologi VoLTE , dengan fitur dan kualitas yang sama seperti pada smartphone yang mendukung VoLTE secara native seperti Andromax R2 dan Andromax E2.

IMG-20160415-WA0002

Berbeda dengan layanan pada aplikasi OTT seperti WhatsApp, Line, Skype dan lain-lain, panggilan suara maupun video menggunakan layanan VoLTE dari smartfren ini menggunakan tarif dasar yang sama dengan hitungan pulsa dan waktu bicara. Selain itu dengan menggunakan layanan VoLTE dari Smartfren, pengguna tetap bisa melakukan panggilan suara ke operator lain yang belum mendukung jaringan VoLTE, disamping pengguna VoLTE smartfren tetap melakukan panggilan melalui jalur data 4G LTE. Adapun pengunaan tarif pulsa bicara pada layanan VoLTE in juga karena disesuaikan dengan regulasi yang berlaku di tanah air.

Keunggulan dari VoLTE dibandingkan dengan panggilan suara dengan aplikasi lain seperti WhatsApp, LINE dan juga skype adalah menggunakan sistem Dedicated Bearer. Dedicated Bearer memungkinkan jalur koneksi VoLTE untuk mendapatkan prioritas koneksi saat digunakan. Berbeda dengan voice/video call menggunakan aplikasi OTT lain dimana jalur koneksi juga bercampur dengan semua aplikasi yang berjalan secara multitasking. Sehingga panggilan suara/video dari VoLTE menjadi jauhlebih stabil, lancar dan juga jernih.

Untuk saat ini sudah ada beberapa smartphone yang mendukung layanan VoLTE dan aplikasi Smart VoLTEĀ  dari Smartfren, seperti diantaranya adalah Andromax EC, Andromax ES, Andromax R, Andromax R2, Andromax Q, Andromax Qi, LG G4, Wiko Ridge Fever, Samsung J2, Samsung J5, Lenovo A6010, Samsung Tab S2 T715Y, Samsung Tab T815Y, Sony Xperia Z3Compact D5833, OnePlus One A1001, Hisense Pureshot, Motorola Nexus 6, Samsung J1 Ace, Samsung J7 dan Asus Zenfone 2. Tentunya perangkat ini adalah smartphone-smartphone 4G yang telah mendukung konektivitas Band 5 dan Band 40, atau frekuensi 850 mHz dan 2300mHz.

Tags: