IBM Challenge 2016 Siap Dukung Jakarta Smart City

Reading time:
May 12, 2016

Era digital saat ini tengah merambah ke segala aspek kehidupan, mulai dari perbankan, ebutuhan belanja, dan juga transportasi. Beragamnya tren digital ini akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dan simplisitas. Maka tak heran, negara mau tak mau harus mengikuti tren ini hingga semua aspek kebutuhan masyarakat yang mengarah kepada pelayanan pemerintahan kepada publik ikut dapat berjalan terkoneksi selaras dan berkesinambungan. Beberapa negara maju sudah menerapkan konsep kota pintar, di mana semua aset dari kota tersebut dapat mudah diakses masyarakat mulai dari perpustakaan, Sekolah, Rumah Sakit, Listrik, bahkan sampai dengan data dari pemerintah kota atau akses pelayanan publik di dalam satu kesatuan yang terkoneksi. Konsep dari Kota Pintar atau yang biasa yang disebut dengan Smart City ini adalah lebih memudahkan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan teknologi yang saling terhubung.

SmartCity sendiri berdampak juga ke sektor pemerintahan negara yang menganutnya. Di samping mendapatkan cost efisienitas yang jauh lebih baik, dengan konsep smart city pemerintah dapat mudah mengetahui kebutuhan, keluhan, monitoring, infrastruktur dan juga masukan dari masyarakat secara real-time.

Smart City

Mengikuti perkembangan trend masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia yang kian modern, belum lama ini ibukota Jakarta turut mencetuskan dirinya dalam program Smart City Layaknya kota-kota modern lainnya di dunia. Seiring dengan program Smart City tersebut, IBM Indonesia yang sudah lama berpengalaman dalam membantu konsep Smart City bekerjasama dengan pemprov DKI Jakarta menggelar sebuah kompetisi bertajuk “IBM Linux Challenge 2016”.  Ajang kompetisi yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi informasi khas anak bangsa untuk membuat aplikasi lokal yang mendukung program Smart City dengan menggunakan platform Linux atau Open Source.

Rio op centre
Teknologi sistem dari IBM Operation Centre yang digunakan di Kota Rio Brazil. Teknologi ini sangat esensial dalam memantau berbagai aspek kota dan dapat di respon secara realtime.

 

Melihat ke belakang memang IBM tidak dipungkiri sudah lama berkecimpung dalam program Smart City. Di tahun 2011 lalu, IBM sudah mengenalkan pada dunia tentang teknologi mumpuni seperti Smart City Intelegent Operation Centre, Optimisasi pemanfaatan Energy, serta mengenalkan sebuah System yang dapat memprediksi juga menganalisa dari managemen transportasi sebuah kota pintar. “IBM telah mendukung beberapa kota di Negara lain seperti Rio DeJenerio Brazil dan juga Davao Filipina dalam program smart city, Untuk itu kami sanagt mendukung konsep Jakarta Smart city dan berharap melalui ajang ini dapat tercipta beragam aplikasi yang dapat bermanfaat luas untuk masyarakat di Jakarta dan Indonesia pada pada umumnya” Begitu yang diungkapkan Al Novam Basuki Wijaya, yang menjabat Country Manager Hardware IBM Indonesia. Ajang IBM Challenge ini merupakan yang kedua kali diselenggarakan di Indonesia, di mana pada ajang sebelumnya kompetisi ini telah berhasil menelurkan beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk masyrakat dan sudah diterapkan di beberapa kota di Indonesia.

Kompetisi terbuka untuk dua kategori ini yaitu Mahasiswa dan Profesional akan dibuka mulai 12 Mei hingga 1 Juni 2016. Setelah nantinya menyaring sepuluh peserta terbaik, IBM Indonesia akan mendampingi mereka serta memberi arahan juga pelatihan agar aplikasi tersebut dapat lebih berkembang. Selain menjadi bagian dari perkembangan kota Jakarta Smart City, pemenang kompetisi ini juga akan menerima hadiah berupa uang tunai.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…