in: News | May 1, 2016 | by: Tim Jagat Review

Intel Akhiri Produksi Intel Atom?

Intel baru saja mengkonfirmasi bahwa mereka telah membatalkan perilisan beberapa prosesor Atom dengan codename Sofia dan Broxton yang ditujukan untuk perangkat mobile. Pihak Intel mengatakan bahwa chip Sofia dan Broxton ini akan digantikan dengan sebuah produk baru yang dapat membawa keuntungan yang lebih banyak. Ini akan dapat mendukung strategi pemasaran Intel yang baru.

big_intel-atom-smartphone-ref-design-400x350

 

Selain Atom Sofia dan Broxton, Intel juga menghentikan produksi lini chip tablet Atom X5 dengan codename Cherry Trail. Posisi Cherry Trail akan digantikan dengan prosesor Pentium dan Celeron dengan codename Apollo Lake. Prosesor Apollo Lake ini lebih ditujukan untuk perangkat hybrid ketimbang tablet.

Langkah Intel ini, salah satunya disebabkan karena banyak produsen PC yang lebih memilih prosesor Core M Skylake dibandingkan Cherry Trail untuk perangkat hybrid dan PC tablet mereka. Intel juga mengatakan bahwa mempertahankan produksi prosesor Cherry Trail ke depan mungkin dapat menurunkan pendapatan Intel di pasar perangkat mobile. Intel sekarang tidak melihat perangkat tablet sebagai sebuah segmen pasar tersendiri. Namun, Intel berjanji akan tetap mendukung pengguna tablet yang menggunakan prosesor Sofia, Bay Trail dan Cherry Trail yang sudah terjual.

Sekarang, Intel sedang mencoba fokus pada pengembangan teknologi jaringan 5G untuk segmen perangkat mobile mereka. Intel mengklaim bahwa jaringan 5G menyediakan kecepatan transfer data hingga 100 kali lebih cepat daripada 4G. Perpindahan fokus strategi Intel ke jaringan 5G ini dikarenakan Intel percaya bahwa nantinya dengan adanya jaringan 5G akan merubah cara pandang produsen dalam membuat perangkat mobile kedepannya.

Tags:

Share This: