in: News | May 30, 2016 | by: David Novan

IoT Mendominasi Pembukaan Computex 2016

Computex 2016

Computex 2016, pameran dunia IT terbesar di dunia akhirnya dimulai! Pada 30 Mei 2016, pukul 10.40 waktu Taipei, pameran akbar ini dibuka dengan pidato pembukaan oleh Walter Yeh, Executive Vice President TAITRA (Taiwan External Trade Development Council). Melalui pidato inilah Walter Yeh menekankan fokus Computex 2016 terhadap komponen Internet of Things, bisnis startup inovatif, gaming, dan solusi bisnis. Itu pula sebabnya Computex tahun ini memugar venue dan konsepnya.

Venue pada Computex 2016 salah satunya adalah InnoVEX, yang menampilkan beragam startup dan ide inovasi. Pada venue tersebut, yang digelar pada Hall 3 Taipei World Trade Center, sebanyak 217 exhibitor dari 22 negara ikut serta dalam beragam exhibisi, forum, pitch contest, demo, matchmaking, dan after party. Semua itu dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi perusahaan startup menemukan pendukung dana.

Pada Computex kali ini, gaming juga menjadi titik penting. Hal ini terlihat dari besarnya dukungan terhadap teknologi gaming, termasuk di antaranya peripheral serta komponen PC gaming. Sebagai tambahan, Walter Yeh juga menunjukkan pameran tahun ini semkain besar, dengan 1602 Exhibitor dari 30 negara, dan tersebar di 5009 Booth.

Fokus di bidang teknologi IoT dan aplikasinya, akan diadakan pada TWTC Hall 1, dan venue tersebut akan disebut sebagai SmarTEX. Berbicara mengenai IoT pada pembukaan Computex 2016, Li Chang selaku Deputy Secretary General  Taipei Computer Association (TCA), menegaskan pentingnya peningkatan teknologi ekosistem IoT demi memakmurkan semua usaha yang berhubungan. Hanya dengan cara ini, semua pengusaha yang berhubungan dengan ekosistem IoT dapat maju bersama dan tidak saling menjatuhkan. Singkatnya, semua perangkat akan saling membangun partnership.

Masih membahas mengenai IoT, Vito Di Bari selaku Innovation Designer & Futurist dari DiBari Innovation Design berbicara tentang masa depan yang bias dibawa oleh IoT. Menurutnya, dunia yang bias dibangun oleh IoT adalah satu yang menghilangkan batasan antara pemain besar di dunia IT. Hal ini terjadi karena tidak ada lagi niat untuk saling mengalahkan, berkat semuanya saling terhubung. Semua teknologi yang dibangun untuk masa depan tersebut akan diperlihatkan pada Computex CPX Conference, dimulai pada 31 Mei oleh Simon Segars, CEO ARMS yang merupakan perusahaan utama dalam membangun chip prosesor.

Konferensi tersebut akan berlangsung mulai dari 31 Mei hingga 1 Juni, mengetengahkan pembicara terkemuka, seperti Rahul Patel (Senior Vice President & General Manager of Connectivity Qualcomm), Steve Wyatt (Group Vice President ABB Robotics), dan Erdal Elver (President & CEO Siemens Ltd, Taiwan). Pada pembukaan Computex 2016, diberikan pula penghargaan terhadap beberapa produk yang memiliki inovasi dan rancangan terbaik di antara semua produk yang dipamerkan, melalui bingkai Computex d&i Awards 2016. Informasi lebih lengkap mengenai pemenang dari penghargaan tersebut dapat Anda temui pada artikel terpisah yang kami susun.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES