in: Desktop | May 17, 2016 | by: Gatot Tri Yuwono

Preview PC Gaming Super Kecil: Skull Canyon

Next Unit Of Computing atau dapat disingkat menjadi NUC merupakan lini produk PC desktop dengan ukuran mini dari produsen Intel. Selama ini kita mengenal produk NUC sebagai sebuah PC desktop dengan kemampuan lumayan dapat diandalkan untuk menangani aktivitas komputasi harian pengguna. Akan tetapi hal tersebut tidak lagi sama dengan hadirnya produk NUC terbaru dengan codename Skull Canyon.

Skull Canyon

Intel NUC NUC6i7KYK dengan codename Skull Canyon saat ini telah mengukuhkan diri sebagai kasta tertinggi dari lini produk Next Unit Of Computing. Tentu saja PC desktop ini tetap mengusung bodi dalam ukuran liliput seperti pendahulunya. Akan tetapi Intel telah membenamkan prosesor dan graphics card terintegrasi jauh lebih bertenaga beserta opsi untuk melakukan upgrade kemampuan grafis. Tentu saja Intel NUC NUC6i7KYK hadir berbasiskan platform Intel Skylake. Sebelum menghadirkan artikel review produk ini secara lebih lengkap, mari kita lihat terlebih dahulu sekilas gambaran performa dari Intel NUC NUC6i7KYK.

Spesifikasi Intel NUC NUC6i7KYK

Processor Intel Core i7 6770HQ (Turbo Boost Up to 3,5 GHz)
Motherboard FCBGA1440 Socket with Intel HM170 PCH
Memory Support Up to 32 GB 2133+ MHz SO-DIMM DDR4 (1,2 V/1,35 V)
Graphics IGP: Intel Iris Pro Graphics 580
Operating System Tested with Windows 10
Dimensions (mm) 211 x 116 x 28 (Width x Depth x Height)

Dalam urusan spesifikasi, Intel NUC NUC6i7KYK tampil unik dan berbeda dibandingkan produk Next Unit Of Computing terdahulu. Salah satunya terlihat dari penggunaan prosesor Intel HQ Series, tidak lagi ULV Series. Core i7 6770HQ menjadi otak pintar dibalik kemampuan Intel NUC NUC6i7KYK. Prosesor tersebut berbasiskan arsitektur CPU Skylake dengan empat core prosesor di dalamnya. Tentu saja dengan teknologi Hyper Threading membuat Core i7 6770HQ sanggup mengerjakan delapan proses komputasi sekaligus.

Tidak hanya menawarkan prosesor lebih bertenaga, Intel NUC NUC6i7KYK dilengkapi IGP Iris Pro Graphics 580. Perlu diketahui, Iris Pro Graphics merupakan graphics card terintegrasi paling kencang yang dimiliki Intel saat ini. Tentu saja hal tersebut membuat kami penasaran akan kemampuannya dalam menangani beragam game 3D modern saat ini.

The Desktop

Intel NUC6i7KYK Preview Front Right Side

Intel NUC NUC6i7KYK tampil dengan desain casing lebih keren dalam balutan warna hitam dengan motif tengkorak pada sisi atas. Dibandingkan produk NUC terdahulu, tingkat ketebalan memang mengalami penyusutan menjadi hanya sebesar 2,8 cm. Walaupun begitu, ukuran panjang dan lebar membengkak menjadi 21,1 x 11,6 cm dibandingkan produk NUC lainnya dengan 11,5 x 11,1 cm.

Intel NUC6i7KYK Preview Rear Right Side

Sisi samping kanan dan sisi belakang Intel NUC NUC6i7KYK.

Intel NUC6i7KYK Preview Size Comparison

Perbandingan ukuran Intel NUC NUC6i7KYK dan tangan.

Intel NUC6i7KYK Preview Power Adapter

Spesifikasi lebih tinggi membutuhkan pasokan daya listrik lebih besar dibandingkan NUC terdahulu.

Intel NUC6i7KYK Preview Thunderbolt 3

Salah satu daya tarik dari Intel NUC NUC6i7KYK adalah hadirnya konektor Thunderbolt 3. Mungkin Anda penasaran mengapa konektor ini menjadi menarik di Intel NUC NUC6i7KYK.

Razer Core

Jawabannya tentu saja dengan konektor Thunderbolt 3, memungkinkan Intel NUC NUC6i7KYK menggunakan perangkat graphics card eksternal yang terhubung melalui konektivitas dengan bandwidth mencapai 40 Gbps tersebut. Sejumlah solusi graphics card eksternal memang dipamerkan beberapa waktu lalu sebagai solusi upgrade kemampuan komputas grafis untuk notebook/laptop. Salah satunya adalah Razer Core seperti pada gambar di atas.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES