in: Movies | May 6, 2016 | by: Irham

Review Midnight Special: Sci-Fi Thriller Sukses Bikin Penasaran

Midnight special review jagatreview poster

Di bulan Mei, layar kaca bioskop mungkin masih akan di dominasi oleh dua film besar yaitu Captain America: Civil War dan juga salah satu kebanggaan sineas tanah air yaitu AADC 2. Jika anda sudah menyaksikan dua film tersebut, mungkin anda akan berfikir untuk mencari satu judul film yang akan menemani anda di akhir pekan.  Bagaimana dengan film bergenre Sci-Fi Mystery ?  Tentu bisa jadi pilihan menarik setelah menyaksikan superhero komik dan juga drama romansa.

Sutradar Jeff Nichols menghadirkan sebuah karya berjudul Midnight Special, bercerita tentang seorang bocah Indigo bernama Alton yang dianggap sebagai juru selamat oleh sebagian orang di perkumpulan Ranch. Alton mempunyai kekuatan magis dari kedua matanya yang bersinar dan menggetarkan seluruh tempat yang berada disekitarnya.

Pengalaman magis ini kemudian menjadi satu hal yang menarik perhatian FBI. Bukan hanya kejadian aneh seperti yang diungkapkan oleh para pengikut perkumpulan Ranch, tetapi juga Alton dianggap telah berhasil menyusup ke pesan rahasia pemerintah yang telah dienkripsi dalam bentuk angka-angka. Sementara bagi perkumpulan Ranch, angka-angka tersebut dianggap sebagai ayat-ayat yang difirmankan Tuhan melalui Alton.

Thriller Fiksi yang Unik

Midnight special review jagatreview4

Semula, saya berharap Midnight Special akan menjadi semacam film yang mirip dengan serial ‘Touch’, dimana seorang anak Indigo memberikan beberapa petunjuk peristiwa-peristiwa penting yang telah atau akan terjadi. Atau juga seperti Donnie Drako yang punya kemampuan time travel.  Tapi ternyata film ini menawarkan sesuatu yang cukup berbeda. Karena tidak ada yang tahu secara pasti apa yang terjadi pada Alton hingga membuat penonton terus penasaran mengikuti alur cerita. Beberapa pertanyaan tak terjawab yang kemudian hanya akan disusul pada adegan berkelanjutan yang memaksa penonton menyimpan pertanyaan dalam benak.

Alton memang tampak berbeda dari anak-anak pada umumnya. Itulah yang ditampilkan di film Midnight Special. Ketegangan disampaikan kepada penonton dalam aksi pengejaran Alton oleh berbagai pihak, baik FBI dan juga perkumpulan Ranch. Bahkan Roy Tomlin dituduh melakukan penculikan terhadap Alton yang notabene adalah putranya sendiri oleh karena tertutupnya informasi seputar Alton.

MIDNIGHT SPECIAL

Namun sebenarnya dibalik kasus penyelidikan dan pemujaan oleh kelompok Ranch, Midnight Special berfokus pada cerita bagaimana sang ayah Roy Tomlin (Michael Shannon) berusaha menyembunyikan sang anak dari berbagai pihak yang benar-benar penasaran akan kehadirannya. Entah Alton membawa bencana atau sebaliknya.

Karakter lain selain sang ayah yang juga membantu pelarian Alton yaitu Lucas. Lucas merupakan sahabat lama Roy yang diperankan oleh Joel Edgerton dimana ia telah menjadi pelindung setia Alton. Lucas tak sepenuhnya percaya dengan kondisi Alton yang disebut sebagai ‘anak ajaib’, tapi kepeduliannya pada sang sahabat ikut membawanya menuju perjalanan yang cukup panjang. Di sisi lain, penonton kemudian digiring pada karakter Paul Savier dari penyidik NSA  yang diperankan oleh Adam Driver untuk  menjadi tokoh yang mengungkap kebenaran tentang Alton. Alih-alih harapan penonton bahwaPaul akan menjabarkan keanehan Alton dengan rumus-rumus sience dan pemecahan kode atau sebagainya, nyatanya Paul juga hanya bisa tercengang saat melihat hal-hal yang terjadi pada Alton.

MIDNIGHT SPECIAL

Konflik dalam film ini tampak berjalan lamban namun sesekali membawa kejutan yang tak terduga. Suspensi terasa diatur sedemikian rupa, sangat serius tanpa ada unsur fun. Berbagai hadangan sepanjang perjalanan menjadi keseruan tersendiri  yang memancing adrenalin  penonton. Dengan durasi yang cukup panjang yaitu 111 menit, Midnight Show tetap berhasil membawa rasa penasaran penonton hingga akhir.

Kekuatan Akting Para Aktor

Kekuatan dari film ini juga dihadirkan lewat dialog yang dimainkan oleh para pemeran. Anda tidak akan mendapatkan dialog yang bepanjang lebar. Malah sebaliknya, semua dialog rata-rata dicuapkan dengan singkat dan hanya dengan mimik dan gestur tubuh yang terlihat menekankan penjiwaan. Namun justru memancing rasa penasaran penonton untuk menerek-nerka hal yang sebenarnya terjadi. Para aktor yang diajak bermain di film ini memang sudah terbukti kualitasnya. Michael Shannon, Joel Edgerton, Kristen Dunst hingga Adam Driver tentu sudah banyak makan asam garam di dunia akting. Tapi yang menjadi senjata utama dari film ini justru akting dari Alton sendiri yang diperankan Jaeden Lieberher. Sang bocah ini sepertinya memahami betul karakter yang diinginkan pembuat ide cerita untuk tokoh Alton.

Midnight special review jagatreview 2

Ada kala dimana Alton menampilkan mimik ketakutan yang sangat dalam dengan teriakan yang lepas, ada pula saat ia tampak meregang kesakitan saat terlihat kerasukan. Alton juga nampak dengan kondisi yang kian payah dalam pelariannya tersebut, tapi diujung petualangan Alton tiba-tiba menjadi tampak sangat kuat setelah mengetahui jati dirnya. Bahkan Jaeden Lieberher juga sempat memainkan dialog dengan bahasa latin yang sangat fasih diucapkannya.

Ketegangan yang ditawarkan sebenarnya tidak lebih banyak pada keanehan-keanehan yang dimiliki Alton. Jika menarik pandangan secara keseluruhan pada film ini, hanya sesimpel pengejaran berbagai pihak untuk seorang bocah bernama Alton yang dilindungi oleh ayahnya. Ditambah lagi semua aktivitas yang kebanyakan dilakukan di malam hari membuat film ini memiliki suasana yang mencekam. Efek backsound yang mendukung menjadi kekuatan yang memikat emosi penonton. Meski menyerempet genre sci-fi, namun film ini tak terlalu banyak menawarkan kemewahan efek yang megah.

Midnight special review jagatreview 6

Lagi-lagi, film misteri seperti ini tak memberikan konklusi yang memuaskan bagi penonton. Bahkan jika anda mengharapkan sebuah plot twist yang menjebak di bagian akhir, itu juga tidak anda dapatkan dibagian akhir film Midnight Special. Tapi untuk anda penggemar film misteri nampaknya itu bukan menjadi sebuah kekurangan dari film itu sendiri. Menunjuk penonton untuk mengambil kesimpulan cerita justru menjadi pilihan terbaik untuk akhir sebuah plot yang penuh pertanyaan. Setidaknya akhir cerita yang menggantung masih lebih baik dibandingkan ending yang gamblang tapi tidak memuaskan penonton. Apa yang sebenarnya ditawarkan untuk dapat dinikmati oleh penonton tak lain adalah kisah petualangan dari film itu sendiri.

Midnight Special tayang dibioskop mulai 7 Mei 2016 untuk penayangan midnight, dan 11 Mei 2016 di waktu tayang regular.

Video Trailer

 

Tanggal Rilis: 11 Mei 2016 (Midnight, 7 Mei 2016)

Durasi: 111 menit

Genre: Sci-Fi, Thriller, Mistery

Sutradara: Jeff Nichols

Pemain: Michael Shannon, Joel Edgerton, Kristen Dunst, Adam Driver, Jaeden Lieberher

Studio: Faliro House Productions ,Tri-State Pictures

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES