in: News | May 7, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Tag Foto Otomatis Buat Facebook Terima Tuntutan Terkait Privasi

Sejak beberapa tahun lalu, Facebook menawarkan fitur yang akan secara otomatis mengenali wajah di foto yang di-upload oleh penggunanya, dan menawarkan pengguna untuk melakukan “tag” otomatis. Fitur ini memang akan membantu, terutama bila pengguna sering mengupload foto beramai-ramai dengan rekan-rekannya, dan ingin men-tag rekan-rekannya dengan cepat. Namun, fitur ini belakangan ini justru membuat raksasa media sosial itu mendapatkan tuntutan.

facebook-unfollow

Berdasarkan aturan privasi di beberapa wilayah di Amerika Serikat, penggunaan biometri seseorang secara sembarangan merupakan pelanggaran privasi. Fitur yang ditawarkan Facebook tersebut dianggap telah melanggar privasi seseorang berdasarkan aturan tersebut. Di sisi lain, Facebook, yang bermarkas di Menlo Park, California, menganggap aturan tersebut seharusnya tidak berlaku pada mereka karena California termasuk wilayah di mana aturan privasi tersebut tidak diberlakukan.

Pengguna Facebook yang melayangkan tuntutan memang tidak menggunakan dasar aturan dari California, tetapi dari negara-negara bagian lain, seperti Illinois, Texas, dan Connecticut yang memberlakukan aturan tersebut. Satu hal yang menarik, di tahap awal persidangan, pengadilan justru memenangkan pihak penuntut. Facebook sendiri masih belum memberikan komentar terkait hal ini.

Sementara terkait fitur tag berdasarkan fitur pengenalan wajah otomatis, Facebook menyebutkan bahwa fitur tersebut seharusnya tidak termasuk ke dalam pemanfaatan data biometri secara sembarangan. Selain itu, mereka juga memberikan kebebasan pengguna untuk melakukan un-tag. Hanya saja, karena pertimbangan bahwa tidak semua pengguna akan menyetujui tag otomatis tersebut, Facebook tampaknya harus bersiap menghadapi tuntutan ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES