in: Storage Devices | May 4, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Tes Perbandingan SSD 240 – 256GB

Setelah sukses menyajikan artikel tes perbandingan SSD (Solid State Drive) 120 – 128GB pada akhir Februari 2016 lalu, kini kami kembali menyuguhkan ke hadapan Anda hasil tes perbandingan SSD yang tentunya berbeda dari tes perbandingan SSD sebelumnya. Ya! Pada tes perbandingan SSD kali ini, kami menampilkan “pertarungan” beberapa peserta SSD berkapasitas lebih besar dari sebelumnya, yakni 240 – 256GB. Kami telah mengumpulkan dan menguji SSD dari berbagai merek yang tentunya sudah tidak asing lagi di pasar storage lokal.

Aufmarker-01

 

Seperti kita ketahui saat ini, SSD merupakan inovasi baru dari sebuah perangkat penyimpanan data, yang mana teknologi yang diusungnya mampu meningkatkan kinerja pada sebuah sistem PC. Namun bukan hanya kinerja yang meningkat, SSD juga memiliki durabilitas lebih tinggi dibanding harddisk yang lebih rentan terhadap guncangan. Sehingga SSD sangat dapat diandalkan untuk menyimpan semua data penting Anda dengan aman dan tingkat kegagalan mekanik yang lebih kecil.

Pada tes perbandingan SSD 240 – 256GB ini, kami berhasil kembali mengundang 17 peserta. Selain hadirnya beberapa seri SSD yang sudah tampil pada tes perbandingan sebelumnya, beberapa merek berhasil kami sertakan di antaranya adalah Corsair, Transcend, Plextor dan SanDisk. Dari semua SSD yang bertanding memiliki spesifikasi dan paket penjualan yang bervariasi. Sayangnya dikarenakan keterbatasan waktu lagi, kami pun tidak sempat mengundang beberapa merek lainnya untuk berlaga dalam tes perbandingan kali ini.

Melalui tes perbandingan ini kami ingin menyampaikan, meskipun ada anggapan bahwa SSD berkapasitas 256GB memiliki performa lebih baik dibanding SSD yang berkapasitas 240GB, menurut hasil pengujian yang kami peroleh, perbedaan antara semua SSD yang bertanding pada tes perbandingan kali ini ternyata tidaklah terlalu jauh. Namun semuanya itu tetap kami kembalikan kepada Anda saat memutuskan ingin membeli SSD dengan kapasitas antara 240GB atau 256GB.

Mulai penasaran seperti apa hasil dari tes perbandingan SSD 240 – 256GB yang akan kami suguhkan ini? Sebelum kita membahasnya lebih jauh, seperti biasa kami akan suguhkan terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan untuk menguji semua peserta SSD tes perbandingan kali ini.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Skylake Core i5 6600K 3.50GHz

Intel-Core-i5-6600K-Package

 

  • Motherboard Gigabyte GA-Z170-HD3

GA-Z170-HD3

  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 8GB

Kingston HyperX Fury DDR4

  • SSD Intel NVMe 750 series

Intel NVMe 750 series

  • Power Supply Corsair AX850

corsair-ax850

  • Sistem Operasi Windows 10
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags: