in: News | June 6, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Akun Twitter dan Pinterest Milik Zuckerberg Kena Hack

Mark Zuckerberg

Sebagai CEO Facebook, tentunya Mark Zuckerberg tidak hanya aktif di sosial media hasil buatannya. Diketahui bahwa Zuckerberg juga memiliki akun di media sosial lain, seperti Twitter dan Pinterest. Namun sayangnya, akun dari kedua sosial milik CEO Facebook tersebut sempat dikuasai oleh para hacker.

Sekelompok hacker bernama OurMine dilaporkan telah bertanggung jawab dalam menguasai akun pribadi Twitter milik Zuckerberg. Para hacker tersebut sempat memberikan kicauannya melalui akun pribadi Twitter Zuckerberg. Belum diketahui dengan jelas motif yang dilakukan para hacker mencuri password dari akun sosial media CEO Facebook tersebut. Ada kemungkinan bahwa para hacker hanya ingin unjuk gigi dengan menyatakan ingin menguji sistem keamanan Twitter dan mengundang para tim dari Twitter untuk menghubungi mereka.

Tidak hanya Twitter saja, menurut informasi yang kami sadur dari Telegraph bahwa para hacker tersebut berhasil mencuri password dari akun sosial media Zuckerberg lainnya, yaitu Pinterest dan Instagram. Setelah diselidiki, pencurian akun dan password sosial media milik Zuckerberg berasal dari database LinkedIn yang sempat bocor.

Pada 2012 lalu, LinkedIn sempat mengalami insiden dengan munculnya beberapa nama dan password para penggunanya yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pihak LinkedIn pun langsung dengan segera menonaktifkan semua password anggota yang belum diperbaharui dan memberitahukan kepada setiap anggota yang memiliki akun atas apa terjadi, serta mengingatkan mereka untuk juga melakukan reset password di akun situs lainnya. Selain itu, LinkedIn juga menyarankan agar semua anggota menjaga dan mengubah password di semua akun situs lainnya, mencegah pemakaian ulang, memaksimalkan fitur keamanan dan memperbaru password secara rutin.

Tampaknya cukup banyak pengguna media sosial yang enggan untuk melakukan reset password pada akun situs lainnya, terutama pada beberapa akun social media. Selain itu, banyak pengguna akun social media yang diduga menggunakan satu password untuk semua akun social media mereka. Sehingga muncul dugaan kalau CEO Facebook tersebut melakukan hal serupa dan belum sempat melakukan reset password pada beberapa akun social media miliknya.

Pihak Twitter dan Pinterest kabarnya sudah berhasil memulihkan akun dari CEO Facebook. Beberapa pengamat termasuk LinkedIn yang melihat kejadian ini tentunya akan memberikan saran agar para pengguna yang aktif di beberapa sosial media untuk selalu memperbarui password mereka secara rutin dan tidak menggunakan satu password untuk semua akun di situs lainnya dan selalu memaksimalkan fitur keamanan yang disediakan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES