in: News | June 20, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Apple Dorong Unicode Batalkan Emoji “Rifle”

Menyusul tragedi penembakan massal di Orlando, Amerika Serikat, Apple disebut mendorong Unicode untuk membatalkan emoji rifle di rilis emoji terbaru mereka nanti. Unicode 9.0 yang akan mengusung beberapa emoji terbaru memang semula menyertakan rifle sebagai salah satu emoji baru yang akan bisa dipergunakan luas oleh publik. Rifle sendiri merupakan bagian dari emoji yang disiapkan dalam rangka Olimpiade 2016.

Rifle Emoji
Gambar yang semula disebut sebagai icon untuk emoji rifle.

Berdasarkan kabar terbaru, rifle hanya akan muncul sebagai sebuah bentuk dengan warna hitam-putih saja, bukan sebuah emoji, di rilis Unicode 9.0 nanti. Keputusan tersebut diambil setelah anggota dari Unicode melakukan voting atas usulan dari Apple, dan hampir semua menyatakan setuju dengan usulan tersebut. Selain Apple, disebut juga bahwa Microsoft merupakan pihak selain Apple yang juga mendorong dihapusnya emoji rifle dari Unicode 9.0, yang akan dirilis akhir bulan Juni 2016 ini.

Tidak hanya emoji rifle, emoji lain, modern pentathlon, juga batal disertakan di Unicode 9.0. Hal tersebut disebabkan karena emoji tersebut mengusung bentuk orang yang sedang menembak dengan pistol.

Bila rifle dan modern pentathlon gagal masuk ke dalam daftar emoji baru di Unicode 9.0, emoji pistol justru masih dipertahankan di daftar emoji Unicode. Pistol sendiri memang sudah sejak lama disertakan dalam daftar emoji Unicode. Tampaknya, walaupun masih sekelompok dengan rifle dan modern pentathlon, menghapus pistol dari daftar emoji bukanlah hal yang mudah dilakukan karena statusnya sebagai suatu emoji sudah disahkan dari jauh-jauh hari.

Tags:

Share This: