in: News | June 3, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Computex 2016: Mencoba VR dengan NAS Bersama QNAP

Saat menjelajahi arena Computex 2016 di lt. 1 Nangang Exhibition Center, kami cukup terkejut ketika melihat QNAP, salah satu produsen NAS ternama dunia, yang menampilkan produk mereka dengan label “VR Ready”. Tentu saja, produk dengan label tersebut adalah salah satu NAS keluaran baru mereka, dari seri TVS-x82T. Karena penasaran dengan label tersebut, dan juga klaim bahwa sebuah NAS bisa menjalankan VR di headset HTC Vive, kami memutuskan mampir sejenak ke booth QNAP dan mencoba VR di NAS tersebut!

NAS TVS-x82T: Memang Siap untuk VR

QNAP - VR Demo

Setelah beberapa menit mencoba HTC Vive yang terpasang ke TVS-882T, kami akhirnya yakin bahwa NAS dari QNAP ini memang bisa menjalankan konten VR! Karena penasaran, kami mencoba bertanya pada tim QNAP apa kunci dari kemampuan tersebut. Ternyata, NAS ini sendiri memang dibekali dengan spesifikasi tinggi, yang memang memungkinkannya untuk menjalankan konten VR, yaitu dengan CPU Intel Core i5-6500, RAM DDR4 2x 8 GB, dan tambahan graphics card. NAS ini ternyata memiliki spesifikasi di atas yang dibutuhkan oleh konten VR!

QNAP - TVS-882T
QNAP – TVS-882T

Tim QNAP juga menjelaskan bahwa konten VR tersebut dijalankan di atas OS Windows yang dijalankan di sebuah virtual machine di QTS, sistem operasi NAS ini berbasis Linux. Memanfaatkan fitur HDMI dan USB redirection, konten VR-pun bisa dijalankan di NAS ini! NAS TVS-882T ini sendiri merupakan NAS 6-bay 3.5″ dan 2 slot 2.5″, yang dilengkapi dengan koneksi Thunderbolt 3, 2x 10 GbE, dan 4x GbE. Terdapat juga varian yang lebih tinggi, dengan total 12 unit storage, CPU Core i7-6700, RAM DDR4 4x 8 GB, serta slot PCIe 3.0 x 16 untuk graphics card.

M.2 SSD NASBook: NAS Ringkas untuk File Sharing Kecepatan Tinggi

QNAP - M.2 SSD NASBook
QNAP – M.2 SSD NASBook

Selain NAS “VR Ready”, di booth QNAP kami juga menjumpai produk unik lain, dengan nama M.2 SSD NASBook. Sesuai namanya, kita semua tentu bisa menebak bahwa perangkat ini adalah sebuah NAS dengan dukungan storage SSD M.2. Berdasarkan informasi dari QNAP, hingga 4 buah SSD M.2 bisa ditampung oleh NAS ini sebagai storage utamanya.

NAS ini sendiri dapat digunakan sebagaimana layaknya NAS biasa, atau digunakan untuk membangun sebuah private network dengan memanfaatkan Switch Mode untuk keempat port Gigabit Ethernet yang tersedia. Pengguna bisa memanfaatkan NAS ini untuk sharing file multimedia, dengan ukuran besar, misalnya untuk film 4K, ke komputer dalam jaringan lokal, tanpa takut akan kurangnya kecepatan harddisk untuk mengakomodasi beban akses file film 4K secara bersamaan dari beberapa komputer.

QNAP melengkapi NAS M.2 SSD NASBook ini dengan port HDMI dan sistem operasi QTS, yang membuatnya bisa juga digunakan sebagai multimedia player di ruang keluarga. NAS ini sendiri memiliki ukuran ringkas, hanya seukuran notebook kecil. NAS ini menggunakan prosesor Celeron Quad-Core dari lini produk baru Intel, dan tersedia dalam varian dengan storage maupun tanpa storage.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES