in: News | June 19, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Firefox Akan Dapatkan Fitur Container

Tim pengembang Firefox disebut tengah menyiapkan sebuah fitur baru yang disebut sebagai Container. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan login ke suatu situs dengan ID berbeda tanpa harus membuka beberapa browser sekaligus. Setiap Container disebut akan bisa diasosiasikan dengan ID tertentu yang dimiliki pengguna, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tertentu, seperti Personal, Work, Banking, dan Shopping.

hamburger-containers-1024x405

Berdasarkan penjelasan dari tim pengembang Firefox, setiap Container memanfaatkan set data terpisah, sehingga masing-masing bisa menyimpan cookie dan cache masing-masing. Ini memungkinkan situs yang membutuhkan kedua komponen tersebut untuk mencatat login pengguna dibuka untuk akun berbeda dalam satu jendela browser. Tim pengembang Firefox akan membedakan tab untuk Container tertentu dengan memberikan warna berbeda.

Selain cookie dan cache, komponen yang terkait dengan akses suatu situs, seperti localStorage dan indexedDB juga akan dipisahkan untuk setiap Container. Namun, beberapa komponen dalam browser yang tidak terkait dengan akses suatu situs akan tetap bisa digunakan oleh semua Container, termasuk browsing history, identitas yang disimpan dalam browser, dan bookmark. Hal-hal tersebut dimaksudkan agar pengguna tetap mendapatkan pengalaman browsing yang sama untuk semua Container dalam satu jendela browser.

containers-tabs-stacked-1024x362

Fitur Container ini saat ini baru tersedia di versi Nightly dari Firefox. Tim pengembang masih menunggu masukan dari pengguna terkait fitur ini sebelum mengembangkannya lebih lanjut. Bila memang ada minat yang besar terkait fitur ini, pengembang akan menyertakannya di versi rilis resmi dari Firefox di kemudian hari.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES