in: Networking | June 27, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Router Linksys WRT1900AC

Pernah mendengar lini wireless router legendaris, “WRT”, dari Linksys? Bila Anda telah mengikuti perkembangan wireless router sejak awal era 2000-an, Anda pasti sudah tidak asing dengan lini produk tersebut. Ya, karena berbagai kelebihannya, router “WRT” merupakan produk yang sangat dicari di eranya. Setelah bertahun-tahun tidak melahirkan router “WRT” baru, terutama setelah lahirnya router seri “E” mereka, Linksys akhirnya kembali mengkreasikan router “WRT”. Salah satunya adalah WRT1900AC.

Linksys WRT1900AC - 01
Kemasan dari WRT1900AC

WRT1900AC ini merupakan produk baru dari spesialis perangkat jaringan ini, yang tentunya sudah mengusung standar wireless network baru, WiFi AC. Mengingat produk ini adalah penerus dari seri “WRT” yang sangat populer itu, WRT1900AC ini tentu saja menarik perhatian kami. Kami cukup beruntung, perwakilan Linksys di Indonesia meminjamkan router tersebut untuk kami coba kemampuannya! Penasaran dengan router “WRT” baru ini? Simak ulasan kami mengenai router tersebut dalam artikel ini!

Paket Penjualan

Linksys WRT1900AC - 03
Perlengkapan di dalam kemasan paket penjualan WRT1900AC

Kemasan paket penjualan dari router Linksys WRT1900AC ini ternyata tidak mengikuti desain “WRT” klasik. Linksys memilih untuk tetap mempertahankan desain kemasan terbaru mereka, serupa dengan router lain yang mereka pasarkan saat ini, untuk WRT1900AC ini. Di dalam kemasan tersebut, selain tentunya unit WRT1900AC itu sendiri, Linksys menyertakan perlengkapan penunjang penggunaan dari router tersebut, yaitu:

  • 4x Antena Eksternal
    Linksys WRT1900AC - 04R
  • Adapter Daya
    Linksys WRT1900AC - 05R
  • Kabel Ethernet
    Linksys WRT1900AC - 07
  • Support CD
  • Quick Start Guide

Perlengkapan yang disertakan Linksys untuk WRT1900AC ini terbilang standar untuk sebuah router masa kini. Hanya dengan perlengkapan-perlengkapan tersebut, router ini sudah dapat digunakan sebagaimana seharusnya.

Linksys WRT1900AC

Linksys WRT1900AC - 02

Untuk unit router “WRT” baru ini, Linksys mencoba untuk melanjutkan DNA “WRT” lawas dengan mendesain router baru ini dengan basis desain standar lini “WRT”. Selain desain bentuk bodi, warna biru-hitam yang digunakan oleh WRT1900AC ini pun senada dengan warna khas lini “WRT” lawas. Penggunaan desain yang sangat mirip dengan lini “WRT” lawas tentu menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pengguna, atau mantan pengguna, lini “WRT” lawas yang puas akan kemampuan yang ditawarkan router lawas tersebut.

Linksys WRT1900AC - 08
WRT1900AC tanpa antena terpasang.

Dimensi fisik dari router ini, tidak termasuk antena, adalah 246 x 194 x 52 mm. Dimensi ini bisa dikatakan tidak terlalu besar untuk ukuran router saat ini, walaupun tidak bisa juga dikatakan ringkas.

Bodi dari WRT1900AC ini seakan “terbagi” dalam dua bagian, yaitu bagian belakang dengan warna hitam, dan bagian depan dengan warna biru. Di bagian dengan warna hitam, Linksys menempatkan lubang ventilasi untuk router ini. Hal ini dimaksudkan untuk sirkulasi udara, sehingga udara panas tidak terperangkap di dalam perangkat.

Linksys WRT1900AC - 12

Sesuai nama yang diberikan Linksys padanya, WRT1900AC ini merupakan sebuah router dual-band, mendukung frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz, yang memiliki data rate maksimal 1900 Mbps. Data rate tersebut didapatkan dari total data rate yang bisa didapatkan dari masing-masing band, yaitu 600 Mbps di 2.4 GHz dan 1299 Mbps di 5 GHz. Untuk router WiFi AC saat ini, data rate 1900 Mbps mungkin saja akan terasa rendah, mengingat sudah banyak produsen router yang mengeluarkan produk yang mendukung data rate jauh di atas 1900 Mbps. Namun, untuk kebutuhan penggunaan di rumah atau kantor skala kecil, 1900 Mbps tersebut seharusnya masih sangat mencukupi.

Linksys WRT1900AC - 11

Router WRT1900AC ini dilengkapi dengan empat buah antena detachable. Dua antena diposisikan di sisi samping router, masing-masing satu di sisi kiri & kanan, sementara dua antena lain diposisikan di sisi belakang, dekat dengan port untuk konektor-konektor yang didukung router ini. Semua antena tersebut bisa diatur arahnya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Semua port dari router ini ditempatkan Linksys di sisi belakang, di antara kedua konektor antena. Port yang terdapat di router ini adalah:

  • 4x Gigabit Ethernet untuk LAN
  • 1x Gigabit Ethernet untuk WAN
  • USB 3.0
  • eSATAp (eSATA + USB 2.0 Combo)
  • DC In

Linksys WRT1900AC - 09

Selain port-port tersebut, di sisi belakang dari WRT1900AC ini juga terdapat dua tombol, yaitu tombol WPS dan reset, serta satu switch power on/off. Sayangnya, Linksys tidak memberikan petunjuk posisi port dan tombol yang ada di sisi belakang tersebut, sehingga pengguna yang ingin memasang konektor ke port atau menekan tombol mungkin harus mencari terlebih dahulu posisi port atau tombol tersebut. Ini bisa saja merepotkan pengguna, terutama yang cukup sering melepas-pasang konektor ke port-port yang tersedia.

Linksys WRT1900AC - 13

Berbeda dengan router seri “E” yang mengusung desain minimalis dengan lampu indikator “seadanya”, wireless router seri “WRT” ini justru menawarkan hal sebaliknya. Di sisi depan dari router ini, terdapat sederet lampu indikator yang siap membantu pengguna mengetahui status operasi perangkat secara cepat. Lampu indikator yang tersedia, dari kiri ke kanan, adalah:

  • Power
  • Internet
  • 2.4 G
  • 5 G
  • eSATA
  • USB 1 (USB 2.0)
  • USB 2 (USB 3.0) (primary & secondary)
  • 4x 2 Gigabit Ethernet (untuk LAN 1 ~ 4, primary & secondary)
  • WPS

Terkait indikator untuk masing-masing port LAN, Linksys menyediakan dua lampu untuk masing-masing port, yang disebut sebagai indikator primary dan secondary. Indikator primary akan menunjukkan apakah ada kabel yang terpasang ke port, serta aktivitas jaringan. Sementara indikator kedua akan menyala bila port tersebut terhubung ke perangkat lain dengan standar Gigabit Ethernet. Demikian pula dengan indikator USB 2 (untuk port USB 3.0), indikator primary akan menunjukkan apakah ada perangkat yang terpasang dan aktivitas transfer data, sementara indikator secondary akan menyala bila perangkat yang terpasang mendukung USB 3.0.

Linksys WRT1900AC - 10

Selain diletakkan di atas meja/lemari atau sebagainya, Linksys mendesain WRT1900AC sehingga bisa juga digunakan dengan cara dipasang ke tembok. Terdapat empat buah lubang mounting yang bisa digunakan bila pengguna ingin memasangnya ke tembok. Sayangnya, kelengkapan yang mendukung pemasangan ke tembok tidak disertakan Linksys dalam paket penjualan router ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES