in: News | June 24, 2016 | by: Friska Suryawinata

Opera Protes Browser Miliknya Lebih Hemat Daya dari Edge

Tidak lama ini, Microsoft mengeluarkan sebuah video berupa tes ketahanan baterai perangkat Surface yang diberlakukan sama: memutar video streaming dengan menggunakan 4 browser yang berbeda. Hasil dari video tersebut memperlihatkan bagaimana browser pengganti Internet Explorer milik Microsoft, Edge, menjadi yang paling tahan daya baterai. Namun hal ini kemudian dibantah oleh pihak Opera.

Opera baru saja memaparkan data tes ketahanan daya baterai kembali yang mematahkan klaim Microsoft, di mana dalam hasil tes tersebut menunjukkan bahwa browser Opera lebih hemat daya dibandingkan dengan Edge, dengan perbedaan daya tahan yang cukup tipis.

opera-powersaver

Mengapa hasil tes ini bisa berbeda dengan yang diklaim oleh Microsoft? Nampaknya dalam tes milik Opera, pihaknya mengaktifkan fitur Battery Saving ketika digunakan, sehingga dengan fitur tersebut maka browser bisa berjalan normal tanpa harus terus-menerus memakan daya tahan baterai perangkatnya. Dan tes tersebut juga ditunjukkan dalam rupa video, di mana Opera memperlihatkan dua buah perangkat identik dengan browser Opera. Perbedaannya, satu perangkat tidak mengaktifkan fitur battery saving tersebut sementara yang satunya diaktifkan.

Apakah hasil tes ini valid dan benar adanya? Semua kembali lagi ke dalam kondisi internal maupun eksternal ketika tes dilakukan, karena ada begitu banyak faktor yang menyebabkan baterai cepat habis atau hemat daya pada sebuah perangkat tertentu. Bagaimana dengan pendapat Anda sendiri mengenai tes yang dilakukan oleh Opera untuk mematahkan klaim Microsoft tersebut?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES