in: Graphics Card | June 29, 2016 | by: Luthfi Fuardi

Review Graphics Card: AMD Radeon RX 480 8GB GDDR5

Graphics Card

AMD-RX480_1F

Radeon RX480 yang hadir dengan desain reference AMD. Skema hitam dan merah masih kental, tetapi kini desain cover heatsinknya lebih menyerupai dari AMD Radeon R9 Fury X ataupun R9 Nano. AMD pun tetap mempertahankan penggunaan kipas blower yang ditugaskan untuk membuang panas dari heatsink yang ditanamkan di atas GPU berbasiskan arsitektur GCN Gen 4.

AMD-RX480_9

Saat kami membuka cover sistem pendinginnya, Anda akan melihat heatsink aluminuim kompak di atas GPU-nya. Suhu VRM dan memori graphic card ini juga ditangani oleh heatsink logam yang menjadi satu dengan frame kipas blower yang diusung graphic card ini.

AMD-RX480_10

Untuk mengoptimalkan sistem pendingin graphic card ini, AMD memasangkan sebuah fan blower dengan dual-intake. Sistem dual-intake ini diharapkan mampum memberi pasokan udara lebih banyak untuk membuang panas yang terperangkap pada heatsink graphic card ini. Dan dengan sistem pendingin ini, kami mencatatkan suhu kerja pada AMD Radeon RX480 sebagai berikut.

 

Suhu Kerja AMD Radeon RX 480 8GB + Noise

  • Full-load :83°C (fan speed: Auto @58%)
  • Idle : 35°C (fan speed: Auto @19%)

Seperti sistem pendingin ber-fan blower lainnya, fan blower pada RX480 menghasilkan tingkat kebisingan yang lebih tinggi dari sistem pendingin custom lainnya. Kami mencatatkan tingkat kebisingannya berada di angka 35,1 dBA di Idle dan pada kondisi Load mencapai 39,8 dBA.

Kami tak merasa terganggu dengan suara yang dihasilkan, karena nilai 39.8 dBA masih sangat wajar untuk sebuah sistem PC. Bahkan, kami yakin banyak pendingin PC(CPU Cooler, dsb), yang memiliki kebisingan di atas 45 dBA. Jadi secara umum, VGA ini tidak akan memberikan noise tambahan yang mengganggu.

Berbicara temperatur, AMD memberikan target temperatur di 80 C yang bisa dicapai dengan tingkat kebisingan minimum. Cukup normal melihat ada beberapa VGA lain yang memiliki target operating temperature yang serupa. Jika Anda agak ‘khawatir’ dengan target suhu GPU AMD tersebut, Anda masih bisa menurunkan target operating temperature melalui software Radeon Wattman, namun berarti Anda akan sedikit kehilangan performa karena clock GPU akan diturunkan untuk menyesuaikan dengan target suhu.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES