Tes Perbandingan 8 HSF Pendingin Prosesor PC Murah

Reading time:
June 11, 2016

Profil Peserta Tes Perbandingan

Berikut ini adalah profil para peserta tes perbandingan HSF murah kali ini. Dari kedelapan produk HSF yang mengikuti tes perbandingan kali ini memang didominasi dengan penggunaan fan pendingin 90 mm. Walaupun begitu, kedelapan HSF ini tentunya memiliki desain yang berbeda-beda sehingga dapat memiliki perbedaan performa pendinginan yang cukup signifikan dibandingkan dengan peserta lainnya. Selain itu, kami juga memperhatikan kelengkapan paket penjualan setiap HSF yang umumnya berisikan komponen penting agar sebuah produk HSF dapat digunakan pada berbagai konfigurasi prosesor Intel dan AMD.

Arctic Freezer 7 Pro Rev. 2ARCTIC Freezer pro 7 rev.2 6

Arctic sudah dikenal cukup lama sebagai salah satu produsen veteran perangkat pendingin komputer. Salah satu produk HSF mereka yang dikelanal dengan Freezer 7 Pro Rev.2 ini berhasil masuk ke dalam kriteria tes perbandingan HSF murah kali ini. HSF Freezer 7 Pro Rev.2 ini tampil dengan desain tower yang menggunakan heatpipe dan aluminium fin untuk sistem pendinginannya. HSF ini dilengkapi dengan 3 buah heatpipe berdiameter 6 mm yang siap mengoptimalkan performa pendingan HSF ini. Selain itu, HSF ini dilengkapi dengan sebuah fan berdiameter 92 mm yang dilengkapi fitur PWM dan memiliki kecepatan putar 900~2200 RPM.

ARCTIC Freezer pro 7 rev.2 3

Paket penjualan heatsink Freezer 7 Pro Rev.2  ini juga dikemas dalam kemasan plastik keras yang sederhana dan minimalis. Kemasan plastik tersebut membungkus ketat HSF ARCTIC Freezer 7 Pro Rev.2. Pihak ARCTIC menyelipkan beberapa komponen pendukung di sela-sela HSF sehingga mereka tetap bisa menggunakan kemasan minimalis berukuran kecil. Selain memiliki kemasan yang sederhana, paket penjualan heatsink ARCTIC Freezer 7 Pro Rev.2 ini juga terlihat simpel dan menimbulkan kesan seadanya saja. Di dalam paket penjualan heatsink HSF ini, terdapat unit heatsink, 1 kit mounting Intel, 1 kit mounting AMD dan manual book yang seluruhnya dapat tersimpan secara efisien di dalam kemasan heatsink ini yang tergolong kecil.

ARCTIC Freezer pro 7 rev.2 14

Di dalam paket penjualan heatsink ini, pihak ARCTIC juga telah memberikan thermal paste kelas premium versi lama milik mereka, ARCTIC MX-2, yang telah diratakan secara pabrikan pada permukaan dasar heatsink ini. Dasar heatsink Freezer 7 Pro Rev.2 ini menggunakan base berbahan tembaga dengan permukaan flat, tanpa menggunakan mirror finish.

RAM Arctic Cooling freezer 7 pro

Cukup disayangkan, HSF Arctic Cooling Freezer 7 Pro Rev.2 ini memiliki sedikit permasalahan terhadap penggunaan memori RAM yang menggunakan heatspreader berukuran besar dan tinggi pada slot 0 ( Slot RAM terdekat pada prosesor ). Tetapi hal ini masih diatasi dengan mengubah orientasi pemasangan HSF ini yang tentunya juga mengubah arah airflow di dalam casing.

HSF Arctic Cooling Freezer 7 Pro Hasil Arctic Cooling Freezer 7 Pro

==================
======

DeepCool Ice Blade 200M

DeepCool Ice Blade 200M 41

Dikarenakan ini merupakan test perbandingan HSF murah, maka tidak heran jika terdapat produk HSF DeepCool masuk ke dalam peserta test perbandingan HSF murah. Nama Deepcool sendiri sudah dikenal baik di pasar PC rakitan Indonesia sebagai salah satu produsen perangkat pendingin komputer yang memiliki performa yang mumpuni dengan harga yang terjangkau.

Salah satu produk HSF DeepCool yang masuk ke dalam test perbandingan kali ini adalah DeepCool Ice Blade 200M. HSF ini hadir dengan desain tower yang menggunakan 2 unit heatpipe tebal yang memiliki diameter yang mecapai 8 mm. Selain itu, HSF ini dilengkapi dengan sebuah fan berdiameter 90 mm yang dilengkapi fitur PWM dan memiliki kecepatan putar 900~2200RPM. Selain itu, HSF ini juga mendapatkan sebuah fan pendingin tambahan berdiameter 90mm tanpa dilengkapi fitur PWM dan terus berputar pada kecepatan 2200 RPM.

DeepCool Ice Blade 200M 2

HSF DeepCool IceBlade 200M ini hadir dengan kemasan yang cukup sederhana dan simpel. Walaupun begitu, HSF ini memiliki kelengkapan dan aksesori yang tergolong lengkap. Paket penjualan HSF DeepCool IceBlade 200M terdiri dari unit HSF, mounting AMD, mounting Intel, fan clip, 2 fan pendingin 90 mm, karet anti getar,  thermalpaste dan buku manual.

DeepCool Ice Blade 200M 19

Bagian dasar HSF Deepcool IceBlade 200M ini menggunakan teknologi heatpipe direct contact. Kedua heatpipe berdiameter 8 mm HSF ini langsung bersentuhan pada permukaan prosesor.

RAM ICE blade 200M

HSF DeepCool Ice Blade 200M ini tidak mengalami permasalahan apapun pada saat bersandingan dengan memori RAM yang menggunakan heatspreader berukuran besar dan tinggi.

HSF Ice Blade 200M Hasil DeepCool Ice Blade 200M
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…