Direct Release: Plextor Mengungkap Generasi Terkini SSD PCIe NVMe

Reading time:
July 28, 2016

NVMe: Era Baru Transmisi Data Super Cepat

Solid State Drive (SSD) kini menjadi lebih umum dan di masa akan datang secara cepat menggantikan Hard Disk Drive (HDD) mekanik tradisional. Namun, SSD yang seharusnya memiliki kinerja sangat tinggi membentur kinerja yang signifikan dikarenakan kenyataan yang ada sekarang ini, umumnya SSD yang tersedia di pasaran masih menggunakan interface SATA dan kontroler AHCI standard yang dulunya diciptakan untuk menangani drive yang lebih lambat dari HDD tradisional.

Plextor

Walaupun terdapat cukup banyak SSD canggih yang dirancang untuk mendapatkan keuntungan dari kecepatan tinggi interface PCI Express (PCIe), penggunaan spesifikasi interface kontroler ACHI pada desain kontroler masih belum cukup untuk mengambil keuntungan penuh dari interface PCI Express. Produsen kini beralih pada spesifikasi interface kontroler NVMe untuk sepenuhnya menghilangkan hambatan yang ada yang membatasi potensi sesungguhnya dari SSD.

Apa itu NVMe?

NVM Express (NVMe) atau Non-Volatile Memory Express, merupakan interface host kontroler berkinerja tinggi yang di rancang untuk berbagai SSD PCIe yang pada akhirnya akan memberikan fungsi plug and play untuk berbagai SSD yang terhubung pada PCIe di semua platform.

Prototipe pertama NVMe pertama kali di tampilkan tahun 2007, dimana sebuah kelompok kerja NVMHCI dipimpin oleh Intel dibentuk pada tahun itu untuk melakukan penelitian dan pengembangan pada Non-Volatile Memory Host Controller Interface yang bertujuan untuk menghilangkan keterbatasan Bandwidth pada SATA dan meluruhkan protokol komunikasi AHCI. Ketika akhirnya kelompok ini menyelesaikan standard koneksi interface, versi 1.0 pada spesifikasi yang di rilis pada tahun 2011, diikuti oleh versi update 1.2 pada tahun 2014.

Keuntungan dari NVMe: Latensi Rendah

Ketika sebuah kontroler AHCI mengeksekusi sebuah perintah, sebuah un-cacheable register read mengkonsumsi 2000 CPU cycle dan terdapat 4 un-cacheable register reads per perintah. Ini di terjemahkan kedalam 8000 CPU cycle, atau sekitar 2.5 µs latensi per perintah. NVMe di sisi lainnya, tidak akan mengalami hambatan seperti itu karena akan secara langsung berkomunikasi dengan CPU, dengan demikian sehingga melewatkan semua komunikasi yang tidak perlu yang menyebabkan keterlambatan.

Keuntungan dari NVMe: Berkinerja Tinggi

Latensi rendah tidak hanya manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan NVMe, karena selain itu, ini akan menawarkan IOPS (Input/Output Operations Per Second) yang lebih tinggi. NVMe mampu mendukung hingga 64K I/O antrian, dengan setiap antrian I/O mendukung hingga 64K perintah, mendapatkan keuntungan penuh dari baca dan tulis parallel Flash NAND. AHCI di sisi lain mendukung tidak hanya antrian I/O tunggal tetapi hingga 32 perintah per antrian, yang menghasilkan kinerja lebih rendah jika dibandingkan dengan NVMe.

NVMe – Standar Interface Penyimpanan Mainstream 

Dengan chipset Intel seri 9 / 100 kini mendukung NVMe dan Sistem Operasi seperti Windows 8.1 Windows Server 2012 R2 atau yang terbaru yang datang dilengkapi dengan driver NVMe, mulai tahun lalu beberapa produsen SSD terlihat meluncurkan berbagai produk SSD NVMe tingkat konsumer dan beberapa mulai meluncurkan pada ajang Computex Taipei di bulan Juni lalu. Pada bulan Agustus, Plextor menetapkan untuk mengumumkan ketersediaan produk SSD NVMe tingkat konsumer seri M8Pe.

NVMe terikat untuk menjadi interface penyimpanan mainstream masa depan, serta kemajuan teknologi flash NAND dan perlahan-lahan termanifestasi dalam berbagai bentuk interface seperti M.2, PCIe, U.2, dll. Sebagian lembaga riset pasar meramalkan kemungkinan NVMe untuk dapat menggantikan AHCI sebagai standar baru untuk SSD mainstream di tahun 2017, dan ini menandakan datangnya era SSD NVMe.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…