in: Printer | July 4, 2016 | by: Friska Suryawinata

Review Printer Canon PIXMA MG5770

Desain dan Kelengkapan

canon pixma mg5770 (3)

canon pixma mg5770 (10)

canon pixma mg5770 (2)

Canon PIXMA MG5770 memiliki dimensi yang cukup besar untuk sebuah printer AIO dan mungkin kurang cocok jika pengguna hanya memiliki ruang kerja yang terbatas atau sempit, walau begitu bobotnya tergolong cukup ringan sehingga mudah untuk dipindahkan jika diperlukan. Desainnya terlihat jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan seri PIXMA dalam beberapa tahun terakhir ini, dengan memiliki kesan yang lebih lux terutama dengan bodi printer berwarna hitam berkilau.

canon pixma mg5770 (7)

Pada bagian permukaan atasnya, Canon PIXMA MG5770 dilengkapi dengan tempat scanner tipe flatbed yang bisa digunakan untuk melakukan pemindaian hingga ukuran A4. Scanner yang sama juga bisa dipergunakan untuk melakukan fitur Copy, walau sayangnya kami tidak menemukan fitur Fax maupun port Ethernet pada printer ini.

canon pixma mg5770 (6)

Di bagian bawah posisi scanner, terdapat panel dan tombol kontrol utama untuk mengoperasikan printer tanpa perlu terhubung dengan komputer sekalipun. Sayangnya, layar pada panel kontrol Canon PIXMA MG5770 ini bukan tipe touchsreen, sehingga pengguna butuh mengoperasikannya melalui tombol tambahan yang tersedia. Tapi dengan sedikit pembiasaan, panel kontrol utama printer AIO ini tergolong cukup mudah untuk dioperasikan.

canon pixma mg5770 (5)

canon pixma mg5770 (4)

Paper tray dari Canon PIXMA MG5770 ini terdiri dari dua bagian, di mana tray bagian atas merupakan tray untuk menampung kertas keluar (output) dan tray bagian bawah adalah tray untuk menampung kertas masuk (input).

Paper tray input-nya sendiri mampu menampung hingga 100 kertas polos biasa + 20 kertas foto. Hal ini dikarenakan paper tray bagian bawah memiliki slot tersendiri untuk bisa melakukan printing foto, amplop, hingga cover CD/DVD. Sementara untuk paper tray output mampu menampung hingga 20 lembar kertas.

canon pixma mg5770 (12)

Untuk mendukung konektivitas tanpa harus terhubung dengan komputer, Canon PIXMA MG5770 dapat terhubung secara Wireless melalui aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY yang bisa didapatkan baik untuk perangkat iOS maupun Android, layanan cloud PIXMA Cloud Link, maupun Wireless secara langsung dengan menghubungkan printer dan perangkat mobile di WiFi Direct.

20160630153405

 

Cartridge ink untuk Canon PIXMA MG5770 ini diposisikan di dalam printer itu sendiri, dengan terdiri dari 5 buah tinta warna yang berbeda: Cyan, Magenta, Yellow, Black dan PG (pigmented) Black. Kelima cartridge ini sendiri memiliki dua jenis ukuran yaitu ukuran standar dan ukuran XL untuk isi tinta yang lebih banyak.

canon pixma mg5770 (14)

canon pixma mg5770 (15)

Untuk kelengkapan dari paket penjualannya sendiri, Canon PIXMA MG5770 menyediakan barang-barang berikut di dalam boxnya: 1 unit printer (beserta cartridge ink lengkap), CD instalasi, kabel USB, kabel adapter, manual guide dan kartu garansi.

Hasil Pengujian

Pengujian terdiri dari tiga tahapan, yaitu proses uji Print, Copy, dan Scan. Untuk uji Print, kami melakukan prosesnya melalui PC yang terhubung dengan kabel USB. Sementara untuk Copy dan Scan, kami melakukannya langsung dengan menggunakan kontrol di panel utama printer tanpa terhubung dengan PC.

Hasil Print

mg5770 (1)

Pengujian Print dokumen B/W (hitam putih) ukuran kertas A4 dengan kualitas normal secara Simplex (satu sisi), hasil menunjukkan bahwa printer mampu menghasilkan 12 ipm (image per minute/jumlah halaman atau gambar yang dihasilkan per menit), sementara hasil Print dokumen B/W ukuran A4 kualitas normal secara Duplex (dua sisi), hanya mampu menghasilkan 6 ipm.

Sementara untuk pengujian Print dokumen Color (berwarna) ukuran kertas A4 kualitas normal secara Simplex, printer mampu menghasilkan sebanyak 6 ipm. Sementara untuk hasil uji Print dokumen Color ukuran kertas A4 kualitas normal secara Duplex, printer mampu menghasilkan sebanyak 4 ipm.

Untuk hasil uji Print foto dengan kertas ukuran 4×6 dan kualitas normal, printer mampu mencetak dengan waktu 34 detik per foto.

Hasil Scan

mg5770 (3)

Pengujian hasil Scan dokumen B/W dengan kertas ukuran A4 yang diatur dengan kualitas 300dpi, printer membutuhkan waktu 9 detik untuk melakukan satu kali pemindaian. Sementara untuk hasil uji Scan dokumen Color dengan kertas ukuran A4 dan kualitas 300dpi, printer membutuhkan waktu 12 detik untuk sekali pemindaian. Untuk hasil uji Scan foto ukuran 4×6 dengan kualitas 300dpi, printer membutuhkan waktu 6 detik saja dalam sekali pemindaian.

Hasil Copy

mg5770 (2)

Pengujian untuk Copy dokumen B/W dengan kualitas normal menggunakan kertas A4, menunjukkan bahwa printer mampu melakukan Copy sebanyak 7 ipm. Sementara untuk Copy dokumen Color kualitas normal dengan ukuran kertas A4 juga, printer membutuhkan waktu rata-rata 17 detik sekali jalan.

Kesimpulan

canon pixma mg5770 (8)

Untuk sebuah printer AIO, Canon PIXMA MG5770 memiliki performa yang baik sebagai printer untuk di rumah maupun printer untuk bisnis kecil menengah. Selain memiliki desain yang menarik, kemampuannya untuk bisa melakukan print, scan, hingga copy tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan di beberapa pengujian, terlihat bahwa printer malah memiliki kecepatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan spesifikasi resminya. Kualitas tinta yang dihasilkan oleh printer juga terlihat tajam dan cepat kering ketika digunakan untuk melakukan cetak warna, membuat Canon PIXMA MG5770 cukup ideal bagi mereka yang sering melakukan cetak dokumen atau foto. Proses konektivitas Wireless juga cukup mudah untuk dilakukan sehingga pengguna bisa melakukan proses cetak tanpa harus terhubung dengan komputer lebih dulu.

Sayangnya, dimensi yang dimiliki Canon PIXMA MG5770 ini tergolong cukup memakan tempat sehingga agak sulit untuk ditempatkan di ruang kerja terbatas. Selain itu, paper tray output-nya juga kurang mampu untuk bisa menampung kertas lebih banyak sehingga mungkin akan menjadi kendala tersendiri ketika hendak melakukan proses cetak dalam jumlah yang banyak. Fitur Fax maupun port Ethernet juga nampak absen pada model ini, walau mungkin bagi beberapa orang tidak menjadi kendala yang fatal.

Mengesampingkan beberapa kekurangan yang ada, dengan dibanderol seharga Rp 1.675.000, Canon PIXMA MG5770 ini mampu memberikan segala kelengkapan fitur yang baik untuk sebuah printer AIO.

canon pixma mg5770 (1)

Kelebihan:

+ Wireless ready
+ opsi Duplex
+ kualitas cetak baik

Kekurangan:

– dimensi tergolong besar
– tidak ada fungsi Fax
– daya tampung paper tray output rendah

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES