in: News | August 13, 2016 | by: Yufianto Gunawan

AMD Kembali Andalkan x86 di Server

Sejak tahun 2013, AMD mencoba menawarkan sesuatu yang berbeda di pasar server dengan menghadirkan prosesor berbasis arsitektur ARM, Opteron A. Langkah tersebut ternyata tidak bisa membawa AMD melangkah lebih jauh lagi, karena permintaan akan server berbasis ARM tidak berkembang pesat. Melihat hal itu, AMD mengumumkan bahwa fokus mereka di server untuk tahun depan akan ada di x86.

amd-zen

Siap Andalkan Zen untuk Server

Saat ini, pasar server disebut dikuasai oleh Intel, yang memilih bertahan dengan x86, dengan pangsa pasar di atas 90%. Permintaan akan server berbasis prosesor x86 ternyata tumbuh dengan stabil karena meningkatnya kebutuhan di data center modern. AMD, yang memang tengah menyiapkan arsitektur Zen untuk prosesor generasi mendatang mereka, ingin kembali merebut pasar prosesor server x86 dengan arsitektur baru tersebut.

AMD tampaknya yakin akan performa tinggi dari Zen yang cocok untuk kebutuhan di data center saat ini. Oleh karena itu, prosesor server berbasis Zen ini akan menjadi fokus utama mereka tahun 2017 mendatang. Memang, prosesor server berbasis Zen disebut akan mulai dipasarkan tahun 2017 mendatang.

Tidak Akan Tinggalkan ARM Begitu Saja

Walaupun kembali mengandalkan x86 di server, AMD tidak benar-benar membuang ARM begitu saja. Mereka tetap akan menghadirkan prosesor server berbasis ARM, tetapi dengan prioritas yang tidak setinggi sebelumnya. Bisa jadi, AMD tetap mempertahankan ARM untuk bekal mereka di masa yang akan datang bila permintaan akan prosesor server berbasis ARM meningkat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES