Cara Mudah dan Aman Upgrade ke Windows 10 Anniversary Edition

Reading time:
August 6, 2016

Setelah dirilisnya kesempatan kembali untuk meng-upgrade ke OS terbaru Microsoft Windows 10, banyak pengguna yang merasa terbantukan. Para pengguna diberikan kemudahan dan kesempatan berharga untuk dapat merasakan sistem operasi terbaru. Tapi tidak hanya untuk pengguna baru saja, Microsoft kembali memberikan kejutan diselang beberapa hari sejak Upgrade for Assistive User dikeluarkan. Resmi tanggal 3 Agustus kemarin, Microsoft memberikan upgrade spesial yaitu Windows 10 Anniversary Edition.

Edisi tersebut dikeluarkan juga dalam rangka ulang tahunnya yang pertama. Digadangkan, edisi build ini mempunyai banyak tambahan fitur baru terutama keamanan yang lebih tinggi untuk pengguna online. Sayangnya update tidak tersedia merata untuk semua pengguna Windows 10, sebagian terpaksa harus sabar menunggu giliran untuk menikmati upgrade edisi khusus ini.

 

Update
Dibalik upgrade beragam dan peningkatan performa yang cukup menjanjikan tersebut, kami amati ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dicermati sebelum menggunakan edisi windows terbaru ini agar nantinya Anda yang ingin menggunakannya dapat mengerti dan dapat menggunakan edisi OS ini dengan maksimal. Di dalam artikel ini kami akan coba memberikan tutorial bagaimana mendapatkan upgrade dengan mudah, mungkin beberapa fitur dan juga sedikit tips penting yang sepertinya dapat membantu.

Update Lewat Link Official

Mungkin sebagian pengguna Windows 10 tidak mendapatkan notifikasi untuk update pada perangkatnya sehingga pembaca mau tak mau harus sabar menunggu notifikasi ini datang. Bila Anda sudah tidak sabar ingin merasakan edisi Windows terbaru ini, ternyata Microsoft memberikan Link khusus, jadi Anda tidak perlu lagi menunggu.
Cara ini adalah paling mudah bagi pengguna Windows 10 untuk merasakan Update Anniversary Edition.

Anniversary 2

Anniversary

Upgrade lewat ISO: Dibuat untuk perangkat Terbaru yang Mendukung

Bagi yang masih menggunakan OS Windows 7 atau lainnya mungkin akan tertarik menggunakan metode ini. Selain “terlihat” ringkas, pengguna hanya perlu men-download file dan menyimpannya dalam media berupa Flash Disk atau DVD. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, kami tidak merekomendasikan men-download file ISO dari blog atau situs tidak resmi, kami anjurkan untuk men-download file ISO lewat link yang disediakan Microsoft

(Catatan: Sebelum memutuskan melakukan metoda ini Kami anjurkan membaca artikel ini hingga akhir agar bisa memahami langkah langkah yang dipilih)

Untuk ISO sendiri, Microsoft juga tetap memberikan keleluasaan buat pengguna sehingga dapat memilih jenis operating system yang disuka baik versi Home maupun Pro. Setelah proses instalasi, pengguna akan diwajibkan memasukkan serial key number yang tentunya sudah dibeli di toko resmi Microsoft.

Sedikit penjelasan bahwa sebagian fitur-fitur baru yang ada, Edisi Anniversary Update ini sebenarnya diperuntukkan spesifik untuk perangkat tertentu, yaitu perangkat terbaru. Seperti kita ketahui beberapa fitur terbaru yang ada di edisi ini didesain untuk keamanan. Contohnya Fitur Biometric Windows Hello yang sekarang bisa digunakan untuk belanja online di situs tertentu, pastinya hanya perangkat tertentu saja yang dapat mensupport fitur tersebut. Fitur yang sebagian besar eksklusif hanya ada di versi Pro ini juga tak sedikit mendapatkan kritikan banyak pihak, Dikarenakan sejak setahun diumumkan sampai saat ini dari produsen perangkat pihak ketiga sendiri hanya memproduksi beberapa saja perangkat maupun pheriperal yang didesain khusus untuk mendukung fitur ini. Tetapi diharapkan kedepannya, pihak Microsoft bisa memberikan kemudahan pengguna Windows 10 Pro mendapatkan perangkat pendukung agar fitur-fitur ini tidak sekedar hiasan belaka.

eikon
Eikon salah satu Assesories Fingerprint reader yang mensupport fitur Windows Hello

 

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada fitur baru dari Anniversary Edition bisa kita rasakan diperangkat yang kita gunakan. Selain tweak OS keseluruhan yang dijanjikan berperforma lebih baik, di edisi kali ini Microsoft melakukan beberapa peningkatan fitur yang terdapat di OS dari edisi sebelumnya,  contohnya seperti terintegrasinya Skype Contacts dengan smartphone (baik Windows phone dan Android), Windows ink yang berguna bagi tablet dan perangkat 2-in-1 dan lain sebagainya.

Salah satu fitur baru yang menjadi perhatian kami adalah Cortana yang diperbaharui. Jikalau pembaca menggunakan Cortana pada smartphone, PC dengan update Windows 10 terbaru akan dapat langsung memberikan notifikasi alert, baik itu berupa pesan bahkan hingga notifikasi jika baterai smartphone mulai habis. Sayangnya ketika kami mencoba hal ini masih belum bisa dilakukan, sepertinya masih harus menunggu update Cortana terbaru.

Bukan Tanpa Kendala

Pada pertengahan bulan Juli lalu sebuah artikel yang dirilis blog Microsoft  menyebutkan bahwa pihak Microsoft memutuskan melakukan “Blocking” untuk driver-driver yang tidak melewati sertifikasi Microsoft. Kebijakan ini akan ditempuh mereka bersamaan dengan rilisnya upgrade versi 1607 (Anniversary Edition). Uniknya dalam kebijakan ini Microsoft masih memberikan kesempatan bagi mereka yang menggunakan driver atau software pada Windows 10 tersebut yang ingin melakukan update ke versi 1607 Anniversary Edition.

Sehingga, garis besarnya Microsoft tetap akan memberikan akses kompabilitas untuk semua driver (termasuk yang tidak berlisensi) bagi mereka yang menggunakan versi Windows 10 sebelum versi 1607 dan melakukan update OS.

Berikut Kutipan dari Blog tersebut,

Enforcement only happens on fresh installations, with Secure Boot on, and only applies to new kernel mode drivers:

PCs upgrading from a release of Windows prior to Windows 10 Version 1607 will still permit installation of cross-signed drivers.

PCs with Secure Boot OFF will still permit installation of cross-signed drivers.

Drivers signed with cross-signing certificate issued prior to July 29th 2015, when the initial policy went into place, will continue to be allowed.

To prevent systems from failing to boot properly, boot drivers will not be blocked, but they will be removed by the Program Compatibility Assistant. Future versions of Windows will block boot drivers.

Untuk keterangan lebih rinci tentang  kompabilitas Driver ini pembaca bisa membaca pada artikel blog tersebut.
Alasan Microsoft sendiri disini cukup sederhana yaitu memproteksi OS mereka sehingga terbebas dari ancaman malware yang kemungkinan “menumpang” pada driver atau software yang tidak berlisensi

“We’re making these changes to help make Windows more secure. These changes limit the risk of an end-user system being compromised by malicious driver software.”

Sejak dirilis beberapa hari yang lalu banyak pengguna yang  sudah men-download dan melakukan ‘Clean Install” lewat ISO yang disediakan. Namun ternyata beberapa dari mereka mendapatkan kendala dan cukup beragam, di antaranya seperti hilangnya partisi yang ada setelah proses instalasi bahkan hingga error atau total lock pada perangkat. Uniknya kendala bug ini ditemukan bagi mereka yang menggunakan file ISO dan melakukan “Clean Install” pada perangkat mereka.

Apakah bug yang dikabarkan diakibatkan karena kebijakan diatas? we never know for sure. Tapi tentunya semua keterangan diatas memberikan kita kejelasan bagaimana sebenarnya Windows 10 Anniversary ISO dibuat. Mungkin kita bisa sedikit bisa menyimpulkan bahwa Edisi ISO Windows tersebut memang berperan untuk mengisi perangkat hardware terbaru yang kedepannya pasti akan banyak bermunculan. Sementara bila user atau pengguna menggunakan metode pembaruan melalui Windows update atau Link update external yang disediakan resmi Microsoft sepertinya kendala kendala diatas kemungkinan besar tidak akan terjadi. Karena secara logika melalui proses update OS , software berikut Hardware tentunya semua akan mudah beradaptasi satu sama lain mengenali driver yang terpasang dan melakukan optimisasi pada keseluruhan system.

 

Thinkpad
Thinkpad T460 salah satu perangkat yang mendukung Windows Hello. Perangkat ini dilengkapi fitur biometric fingerprint juga facial recognition

Tentunya pembaca masih ingat kemarin ketika pihak Microsoft memperpanjang masa upgrade bagi pengguna Windows 7 atau Windows 8.1?  Sepertinya Microsoft memang masih memberikan kesempatan terakhir buat pengguna dengan perangkat awam yang ingin mencicipi Upgrade dari OS terbaru mereka serta bisa merasakan Update  “Anniversary Edition”. Tetapi dengan itu juga secara tidak langsung, otomatis metode tersebut dapat memblokir banyak software tak berlisensi yang ternyata cukup merepotkan Microsoft dimasa mendatang. Disamping itu juga dengan menambah masa waktu upgrade bagi banyak pengguna untuk bermigrasi ke Windows 10  dengan ini Microsoft juga mempunyai kesempatan lebih besar mencapai target 1 Milyar perangkat, selain itu juga mereka akan mempunyai pasar yang lebih besar untuk menawarkan produk dan promosi mereka baik lewat iklan di Metro UI atau Aplikasi dan games di Windows Store.

Saran dan Tips

  • Untuk menghindari bug dan kompbilitas Hindari Clean Install dengan menggunakan ISO, Andaikan masih mau mencoba gunakan link download resmi dari Microsoft
  • Untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1: Lakukan upgrade bertahap melalui link yang terdapat di artikel yang kami bahas sebelumnya. Setelah proses instalasi selesai selanjutnya pengguna dapat langsung melakukan update ke versi Anniversary Edition. Bilamana update di system belum ada pembaca bisa langsung menggunakan link ekstrenal resmi dari Microsoft.
  • Gunakan Microsoft Account untuk log in di Windows 10, Ini sangat berguna untuk kedepannya ketika anda dihadapkan untuk mengganti Motherboard atau Hardware. Perlu diketahui Windows 10 akan mengenali identitas hardware anda. dan Windows Account menandakan identitas anda sebagai pemilik, Dengan log in menggunakan Account Windows otomotis juga sebagai aktivasi produk setelah penggantian hardware
activation
Lakukan Log In dengan Microsoft account, nantinya akan memudahkan verifikasi ketika dihadapkan untuk melakukan Hardware Upgrade

 

Reapir
Windows 10 anda Error?, Terkena virus? Opsi Recovery siap menjawab itu semua, Selamat Tinggal “Inul” .
  • Lakukan backup berkala dengan melakukan cara ini anda dapat mudah melakukan restore lewat cara mudah di opsi Recovery yang ada sehingga baik file maupun setting tidak akan berubah.
  • Bila terjadi Error atau Terkena Malware gunakan fitur recovery, Dimana fitur ini akan bisa melakukan reset OS tanpa harus  menginstal ulang,
  • Bila terjadi kerusakan fatal pada registry sehingga menyebabkan OS tidak bisa melakukan Booting, pengguna tinggal menekan tombol F11 disaat proses boot untuk mengakses fitur recovery.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…