in: Gadget | August 3, 2016 | by: Bimanto

Hands-On Card Reader PhotoFast

PhotoFast_5

Dalam perjalanan pada saat mengunjungi pameran akbar Computex 2016 awal Juni lalu, kami menyempatkan diri mampir ke Booth PhotoFast yang semua produknya diperuntukkan untuk perangkat mobile milik Apple berbasis iOS. Anda dapat menemukan berbagai perangkat yang cukup unik pada booth ini, seperti flash disk yang berfungsi juga sebagai kabel charging dan data dengan berbagai bentuk dan kapasitas dan juga card reader. Kami mendapatkan sample sebuah card reader PhotoFast CR-8800 untuk kami coba sesampainya di Tanah Air.

PhotoFast CR-8800 mempunyai bentuk yang sangat kecil dengan slot MicroSD yang dapat membaca kartu memori hingga kapasitas 128 GB tergantung dengan besar kapasitas yang Anda inginkan. Anda hanya perlu memasang MicroSD pada slot PhotoFast CR-8800 dan langsung dapat digunakan.

PhotoFast_3

Anda dapat melihat spesifikasi dari PhotoFast CR-8800 di bawah ini.

Product Specification
Connection: Lightning
Compatibility: iOS 7/8/9
Size: 33.1 x 18 x 9.1 mm
Weight: 3 ± 0.5 g
Supported Models: iPhone 5/5c/5s/6/6 Plus/6s/6s Plus/SE, iPad Air/Air2/Mini/Pro

Supported File Formats
Document: Pages, Numbers, Keynote, doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx, rtf, txt, html, pdf
Image: jpg, png, bmp, gif, tif, tiff, ico, xbm, cur
Audio: mp3, aac, aif, aiff, wav, m4a, caf
Video: mp4, mov, m4v (without DRM), mkv, avi, flv, rm, rmvb, wmv, vob, 3gp, H.264
Others: zip

PhotoFast CR-8800 memerlukan sebuah aplikasi yang bisa Anda download di Appstore. Anda tidak perlu mencarinya, ketika Anda memasang perangkat ini, secara otomatis akan menunjukkan lokasi dari aplikasi yang harus Anda pasang pada sistem perangkat iOS Anda. Setelah instalasi aplikasi selesai ter-install, Anda dapat menggunakan perangkat ini dengan tampilan windows seperti di bawah ini.

 

PhotoFast_6

PhotoFast CR-8800 dapat membaca berbagai format data, seperti format multimedia, dokumen, dan zip tanpa Anda perlu meng-instal aplikasi lain di perangkat iOS Anda, karena PhotoFast CR-8800 menyertakan aplikasi pembaca format yang mampu membaca langsung di perangkat mereka. Anda dapat langsung melakukan browsing apa yang terdapat di dalam memory MicroSD yang diletakan di PhotoFast CR-8800 atau memory internal perangkat iOS Anda. Selain dapat membaca berbagai format multimedia dan office, Anda juga dapat memasukkan berbagai account cloud atau sosial media dan melakukan backup ke layanan cloud itu langsung setelah Anda memilih yang Anda kehendaki.

 

PhotoFast_8

Selain menawarkan backup ke layanan cloud, PhotoFast CR-8800 juga menawarkan berbagai backup yang terdapat di dalam perangkat iOS Anda ke card reader ini sendiri, mulai dari file multimedia, contact dan calender dan juga dapat melakukan restore kembali ke dalamnya tanpa perlu melalui iTunes. Bagi Anda yang memiliki drone berbasis DJI, Anda dapat langsung men-download firmware dan melakukan upgrade firmware drone Anda langsung melalui jalur USB.

PhotoFast_2

Menariknya dari PhotoFast CR-8800 adalah Anda tidak perlu melakukan jailbreak pada perangkat iOS Anda. Perangkat ini layaknya sebuah USB flash disk pada windows. Pada settingan PhotoFast CR-8800, Anda akan menemukan berbagai optional, seperti mengunci data yang terdapat dalam MicroSD dan hanya dapat di buka setelah Anda memasukkan TouchID pada perangkat iOS yang dilengkapi dengan fingerprint reader.

 

PhotoFast_7
Tampilan browser pada PhotoFast

Kesimpulan

PhotoFast_4

PhotoFast CR-8800 ini merupakan produk yang sangat menarik, selain sebagai penyimpanan tambahan bagi perangkat Anda, card reader ini juga bisa melakukan berbagai backup data-data dalam perangkat iOS Anda hanya dengan satu langkah mudah.

Perangkat ini juga akan sangat membantu para photographer, dimana mereka dapat melihat langsung hasil dari photo langsung pada perangkat iOS dengan layar yang lebih besar, seperti pada sebuah iPad. Anda bisa bayangkan dalam sebuah sesi photo ketika Anda sedang bekerja, klien Anda ingin melihat langsung hasil photo yang telah Anda ambil, Anda hanya perlu mencabut kartu memori dari kamera dan memindahkan hasilnya menggunakan PhotoFast CR-8800 dan langsung dapat memperlihatkan hasilnya.

Untuk seri yang kami dapatkan hanya mendukung MicroSD, tetapi dalam waktu dekat PhotoFast akan meluncurkan produk barunya yang mendukung SD card yang banyak digunakan kamera profesional dan dapat membaca file RAW. Untuk harga dan ketersediaan di Indonesia, kami menemukan beberapa produk PhotoFast pada online shop di Indonesia tetapi tidak lengkap, pihak PhotoFast sendiri mengatakan bahwa dalam waktu dekat produk mereka akan hadir di Indonesia.

 

 

Tags: