in: Input Devices | August 26, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review: Logitech k400 Plus – 2-in-1 Plus Kontrol Volume

Masih ingat dengan “2-in-1” Logitech yang pernah kami bahas sebelumnya, k400r? Sekedar mengingatkan kembali, perangkat tersebut adalah perangkat input yang menggabungkan keyboard dan touchpad dalam satu perangkat. Nah, Logitech sendiri memiliki versi yang lebih “lengkap” dari perangkat input “2-in-1” tersebut, yang disebut sebagai k400 Plus. Penasaran dengan “plus” apa yang diusung oleh perangkat tersebut? Kami akan membahasnya dalam artikel ini!

Logitech k400 Plus & Paket Penjualan

Sebagai varian dari k400, k400 Plus ini tentu saja memiliki desain yang tidak jauh berbeda dari saudara tuanya tersebut. k400 Plus ini mengusung keyboard ringas di bagian kiri dan touchpad dengan tombol klik kiri dan klik kanan terpisah. Satu hal yang membedakan perangkat ini dengan k400r adalah hilangnya beberapa tombol shortcut di bagian atas, touchpad dengan tombol yang lebih kecil, serta hadirnya tombol kontrol volume.

Unifying Receiver

Sebelum membahas lebih lanjut k400 Plus ini, kami akan terlebih dahulu membahas paket penjualan dari “2-in-1” ini. Logitech menyertakan beberapa aksesori yang mendukung penggunaan perangkat ini. Aksesori yang disertakan untuk mendukung penggunaan k400 Plus adalah:

  • Unifying Receiver
  • Lembar Petunjuk Penggunaan

Tidak banyak aksesori yang disertakan Logitech untuk operasional perangkat ini. Namun, memang hanya itulah yang dibutuhkan sebagai pendukung penggunaan perangkat ini.

Unit k400 Plus yang kami terima untuk pengujian ini menggunakan warna putih. Selain warna putih, Logitech juga menyediakan k400 Plus dalam warna hitam. Selain warna, tidak ada perbedaan antara kedua varian warna dari k400 Plus ini.

k400 Plus sendiri merupakan perangkat input wireless, dengan sumber tenaga dua buah baterai AA. Perangkat ini dihubungkan ke PC melalui Unifying Receiver, receiver khusus dari Logitech yang juga memungkinkan beberapa perangkat wireless dari perusahaan tersebut untuk terhubung ke satu PC hanya dengan satu receiver saja. Receiver ini berukuran kecil dan bisa disimpan di dekat tempat baterai dari k400 Plus ketika sedang tidak digunakan.

Logitech menghilangkan beberapa tombol shortcut yang ada di k400r, tetapi mereka tidak benar-benar menghilangkan fungsi dari tombol-tombol tersebut dari k400 Plus ini. Fungsi-fungsi itu diintegrasikan ke tombol-tombol fungsi, dan dapat diakses dengan menekan tombol yang bersangkutan tanpa perlu menekan tombol “FN”. Satu hal yang kami temui di sini, susunan fungsi yang tersedia di keyboard ini berbeda dengan yang ada di k400r, sehingga pengguna yang biasa memanfaatkan tombol fungsi k400r butuh “menghafal ulang” susunan tombol fungsi di keyboard ini.

Tombol fungsi secara standar berfungsi sebagai tombol shortcut untuk beberapa fitur di sistem operasi. Penggunaan “F1 – F12” harus dibarengi dengan penekanan tombol “FN”.
Touchpad di k400 Plus kurang lebih sama dengan di k400r, dengan tombol yang lebih kecil.

Terdapat tiga tombol tambahan di k400 Plus ini, yang diletakkan di atas touchpad. Ketiga tombol tersebut merupakan tombol kontrol volume, yaitu mute, volume down, dan volume up. Tentunya, ketiga tombol ini akan membantu pengguna untuk mengatur volume suara sistem dengan cepat. Namun, penambahan ketiga tombol tersebut membuat Logitech perlu mengubah posisi dari touchpad di k400 Plus, lebih mendekati bagian bawah perangkat, serta menggunakan tombol klik kiri-kanan yang lebih kecil. Apakah perubahan ini berimbas pada kenyamanan penggunaan k400 Plus? Kami akan membahasnya di halaman berikut!

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES