in: News | August 17, 2016 | by: Dedy Irvan

Intel Menampilkan Kaby Lake (7th Gen Core i)

Dalam ajang akbar Intel Developer Forum 2016 di San Francisco, Amerika Serikat, Intel menampilkan demo dengan menggunakan prosesor masa depannya dalam bentuk notebook yang tampaknya sudah berfungsi penuh. Prosesor mendatang Intel yang kerap dikenal dengan kode Kaby Lake atau tepatnya Intel 7th Gen Core hadir di atas panggung keynote awal IDF dan diperkenalkan oleh CEO Intel, Brian Krzanich.

IDF16-KabyLake (5)

Notebook dari HP dan Dell

IDF16-KabyLake (4)

Notebook (2-in-1) yang didemokan berasal dari HP (Hewlett Packard) dan Dell. Keduanya memiliki tubuh yang mungil dan belum dijelaskan tipenya. Hanya saja, Brian sempat mengungkap bahwa notebook Dell yang digunakan adalah seri XPS. Dari ukurannya, kami menduga bahwa itu adalah Dell XPS13 terbaru. Sayangnya, kami tidak diberi kesempatan untuk menyentuh notebook tersebut di atas panggung. Berdasarkan ukuran dari kedua notebook tersebut, kami pun melihat bahwa kemungkinan sangat besar prosesor yang digunakan adalah tipe U. Prosesor jenis ini umumnya memang digunakan pada notebook tipis. Akan tetapi, memang semenjak kehadiran Skylake, prosesor tipe U memang sudah mampu menawarkan performa yang tinggi.

Mampu Menjalankan HEVC Main 10 dengan Mulus

IDF16-KabyLake (6)

Demo pertama mengungkap bahwa Kaby Lake sudah mendukung HEVC Main 10 (10-bit). Demo yang dipertunjukkan adalah saat salah satu notebook mungil di atas panggung sedang mengolah data dari 6 kamera GoPro (resolusi 4K) dengan mudah sekali. Belum ada penjelasan apakah dukungan HEVC Main 10 ini berupa hardware decoding atau juga encoding. Perlu diketahui, Skylake terdahulu masih menggunakan perpaduan antara sisi prosesor dan hardware khusus untuk mengolah HEVC. Jadi, dengan Skylake, penggunaan prosesor akan menjadi tinggi sekali dan seharusnya akan agak menyulitkan pengolahan data berkualitas tinggi tersebut. Spekulasi sementara kami, Kaby Lake ini sudah memiliki dukungan hardware untuk encoding (dan bahkan mungkin untuk decoding juga).

Bermain Game Overwatch

IDF16-KabyLake (1)

Ya, demo kedua menampilkan notebook mungil dengan prosesor Kaby Lake mampu memainkan game Overwatch dengan mulus dan lancar sekali. Sayangnya, tidak diungkap detail kualitas gambar yang digunakannya. Akan tetapi, bisa bermain Overwatch dengan resolusi 720p pada notebook tipis tanpa discrete graphics tampaknya sudah merupakan peningkatan yang cukup menarik, bukan?

Kapan Kaby Lake Datang?

Perlu diketahui bahwa Kaby Lake pertama akan hadir untuk notebook terlebih dahulu. Spekulasi kami, prosesor tipe U (kemungkinan 15W) yang akan hadir pertama kali. Belum ada kejelasan mengenai prosesor tipe Y dan HQ dengan basis Kaby Lake. Sementara itu, untuk varian PC desktop sepertinya akan hadir belakangan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES