in: News | August 9, 2016 | by: Tim Jagat Review

Leica Kembangkan AR untuk Bedah Saraf

Teknologi Augmented Reality, atau AR, merupakan teknologi yang saat ini meningkat popularitasnya. AR ini banyak dihadirkan di berbagai aplikasi masa kini, termasuk di game Pokemon Go serta di Project Tango dari Google. Namun, AR ini sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lain, misalnya di bidang kesehatan.

leica-captiview

Salah satu perusahaan yang dikenal di bidang fotografi, Leica, melalui salah satu divisi mereka, Leica Microsystem, akan mengembangkan teknologi AR bernama CaptiView. Teknologi ini disebut akan berguna untuk membantu ahli bedah saraf pada saat melakukan operasi di kepala pasiennya. CaptiView dapat menayangkan gambar hasil scan otak dalam bentuk 2D maupun 3D tepat di atas kepala pasien dalam bentuk AR melalui mikroskop yang digunakan.

CaptiView ini dapat dengan pintar melacak kedua posisi mikroskop serta titik fokus penglihatan dari mata ahli bedah. Semua proses ini dilakukan secara realtime. Kemampuan yang ditawarkan CaptiView ini memungkinkan ahli bedah menggunakannya dengan mudah serta tampilan visual yang dihasilkan diharapkan membantu ahli bedah saraf saat berada di ruang bedah.

Leica mengembangkan teknologi CaptiView ini bersama dengan Dr. Joshua Bederson dari Mount Sinai Health System di New York. Salah satu fokus penggunaan teknologi in adalah untuk menyembuhkan pasien yang terkena aneurisma. Selain itu, Leica dan Dr Joshua bekerja sama dengan Brainlab untuk membuat software dalam pengembangan CaptiView ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES