in: News | August 22, 2016 | by: Tim Jagat Review

Microsoft PowerShell Akan Hadir di Linux dan Mac

Melanjutkan kampanye “Microsoft Love Linux” mereka, Microsoft mengumumkan bahwa salah satu produk mereka kini diubah menjadi open source dan akan tersedia di Linux dan Mac. Produk itu adalah PowerShell, tool sejenis command prompt dengan beberapa kemampuan tambahan dari Microsoft. Ini tentu saja jadi kabar baik yang menyenangkan bagi system administrator dan juga pengguna Linux.

Microsoft Love Linux

Hadirnya PowerShell di Linux memungkinkan orang yang terbiasa membuat script untuk Windows bisa memanfaatkan pengetahuan mereka untuk melakukan hal yang sama di Linux dan Mac. Selain itu, Microsoft juga menyebutkan bahwa pengguna yang sudah terbiasa dengan Linux dan Mac juga akan mendapatkan tool baru dengan kemampuan menarik bagi aktivitas sehari-hari mereka. PowerShell sendiri memang dilengkapi dengan beberapa fungsi advanced, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan beberapa hal yang bisa bisa dilakukan di command prompt biasa.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Microsoft juga merilis versi alpha dari PowerShell untuk platform Linux dan Mac OS X. Untuk platform Linux, sejauh ini varian yang disebut sudah bisa menggunakan tool ini adalah dari distribusi Ubuntu, Centos dan RedHat. Sementara untuk Mac, tool ini bisa digunakan di Mac OS X.

Tool ini sementara ini akan dikembangkan melalui GitHub. Microsoft baru membuka pengembangan tool ini untuk beberapa pihak yang bekerja untuk mereka. Namun, dalam waktu dekat mereka juga akan membuka akses pengembangan tool ini untuk komunitas. PowerShell untuk Linux dan Mac disebut akan dirilis resmi awal tahun 2017 mendatang, setelah semua pengembang setuju bahwa kapabilitasnya sudah memadai.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES