in: News | August 11, 2016 | by: Yufianto Gunawan

QuantX, 3D XPoint “Versi” Micron

Micron dan Intel sudah cukup lama mengumumkan pengembangan chip memori baru mereka, 3D XPoint. Beberapa bulan lalu, Intel sudah mengumumkan rencana mereka terkait produk berbasis 3D XPoint, yang mereka sebut sebagai Optane. Sementara Micron, mereka baru saja mengumumkan produk berbasis 3D XPoint mereka, dengan sebutan QuantX.

blog_image_FMS_QuantX

SSD QuantX untuk Tahun 2017

Bila Intel mengumumkan SSD Optane akan hadir pada akhir tahun 2016 ini, Micron mengumumkan bahwa SSD QuantX baru akan hadir tahun 2017 mendatang, tepatnya di kuartal kedua. Micron menyebutkan bahwa SSD QuantX tersebut akan ditujukan untuk kebutuhan di data center. Mereka juga menyebutkan minat akan QuantX sudah mulai terlihat walaupun produk final belum bisa ditampilkan.

Strategi Berbeda dari Intel untuk 3D XPoint

Pihak Micron menyebutkan bahwa mereka lebih dahulu menghadirkan QuantX untuk data center karena mereka belum merasa QuantX ini akan cocok dibawa ke produk konsumen akhir. Hal itu disebabkan karena kendala harga, di mana chip dengan basis 3D XPoint tentunya akan lebih mahal dari NAND yang umum digunakan. Selain itu, keunggulan 3D XPoint mungkin tidak akan terlalu terasa untuk konsumen.

Apa yang disebutkan Micron ini sedikit berbeda dengan rencana Intel. Intel sebelumnya menyebutkan bahwa selain untuk data center, Optane akan hadir juga untuk solusi storage perangkat mobile. Micron tampaknya tidak terlalu ingin mengikuti Intel untuk hal tersebut, karena mereka merasa adopsi 3D XPoint yang terlalu cepat juga tidak akan menguntungkan, sehingga mereka memilih lebih fokus ke data center.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES