in: Movies | August 29, 2016 | by: Irham

Review Don’t Breathe: Thriller Mencekam dengan  Tema Unik dan Minim Budget

 

dont-breathe-poster

Tiga orang pencuri masuk ke rumah orang buta, mungkin tema yang cukup menarik disimak. Dari trailer yang disajikan,ide cerita dari film ini memang cukup menarik disimak. Berbeda dengan kebanyakan film thriller bertema perampokan lainnya, Dont Breathe justru menghadirkan rasa mencekam dimana perampok yang diterror oleh sang pemilik rumah. Bukan pemilik rumah biasa, melainkan orang buta dengan kemampuan bertarung yang tinggi.

Dont Breathe 1

Pengenalan karakter yang dalam film terbilang sangat singkat.  Tiga orang anggota kompoltan pencuri yang diantaranya adalah Money(Daniel Zovato), Rocky (Jean Levy) dan Alex (Dylan Minnette) sebenarnya bukanlah kelompok pencuri kelas atas, karena dari cara mereka beroperasi di rumah-rumah target terbilang masih amatir. Sedikit pengenalan karakter yang lebih detail ada pada Rocky, seorang gadis yang tinggal bersama ibu dan adiknya. Namun hubungan keluarganya tidak harmonis, karena sang ayah pergi meninggalkan mereka. Sementara Alex adalah anak dari seorang teknisi sistem keamanan rumah, yang justru memanfaatkan posisi tersebut untuk membobol rumah-rumah para client sang ayah.

Dont Breathe 2

Kemudian tujuan dari kelompok ini juga cukup jelas. Mereka mengincar uang ratusan ribu dollar dari si buta pemilik rumah, yang merupakan pencairan dana asuransi setelah puterinya meninggal akibat kecelakaan. Tapi setelah mereka berada di dalam rumah, rupanya ada hal yang terduga yang mereka temui. Hal rahasia yang lebih penting dari sekedar uang, mengungkap siapa jati diri dari si buta tersebut. Alur cerita yang sama sekali diluar prediksi ini semakin menambah ketegangan saat menyaksikan film tersebut. Yang akhirnya juga mengubah perspektif penonton, siapakah ‘penjahat’ yang sesungguhnya. Apakah komplotan maling atau si tuan rumah ?

Stephen Lang stars in Screen Gems' horror-thriller DON'T BREATHE.

Action yang ditawarkan juga cukup seru, meskipun tidak menghadirkan koreo martial arts yang memukau. Pistol di tangan si buta menjadi ancaman serius bagi para pencuri yang telah terjebak.  Karena tak hanya sekedar bertarung, mereka harus mengatur strategi agar selamat dari ancaman di rumah tersebut. Uniknya film ini tidak perlu mengandalakan beragam efek CGI atau background sound yang mengagetkan.

Dont Breathe 5

Pertarungan di ruang gelap, dengan ancaman pistol yang bisa menembus tubuh kapan saja benar-benar membuat penonton terush menghela nafas panjang. Ekspresi yang dihadirkan para pemain sangat meyakinkan dengan kesan penuh ketakutan. Terutama untuk pemeran wanita, Jean Levy yang menjadi tokoh paling dominan. Ekspresi ketakutannya seolah dapat dirasakan oleh penonton yang duduk di depan layar lebar.

Dont Breathe 4

Setting lokasi untuk film yang satu ini memang hanya berkutat di dalam rumah. Tapi nyatanya berhasil membuat penonton tegang dan ketakutan sepanjang film. Dengan set up tempat yang kecil, tentunya tidak membutuhkan budget besar untuk penggarapan film. Namun ‘Dont Breate’ tetap berhasil menawarkan suguhan yang maksimal. Bahkan di minggu perdananya, Dont Breathe telah sukses merebut posisi puncak Box Office. Untuk film thriler di tahun 2016, ini menjadi rekomendasi film thriler kedua saya secara pribadi setelah film The Shallows.

Video Trailer:

 

Tanggal rilis: 28 Agustus 2016 (Midnight) /1 September 2016 (Regular)

Durasi: 88 Menit

Genre: Thriller

Sutradara: Fede Alvarez

Pemain: Jean Levy, Stephen Lang, Dylan Minnette, Daniel Zovato, Jane Graves

Studio: Studio 6, Screen Gems

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES