Review Notebook Gaming: MSI GT72S 6QE Dominator Pro G Heroes Special Edition

Reading time:
August 26, 2016

The Notebook

MSI GT72S 6QE Notebook v2

MSI GT72S 6QE Dominator Pro G Heroes Special Edition hadir berbasiskan sasis GT72 Series sehingga membuat penampilan notebook/laptop ini tidak tampak terlalu berbeda dengan varian GT72 Series lainnya. Tema Heroes Of The Storm dieksekusi dengan hadirnya gambar karakter dari game Heroes Of The Storm pada sejumlah bagian notebook/laptop seperti pada area palmrest dan touchpad.

MSI GT72S 6QE Rear Side

Permukaan sisi belakang layar notebook/laptop juga dihiasi oleh gambar karakter dari game Heroes Of The Storm. Warna cat membuat gambar terlihat membaur dengan permukaan hitam dengan metal brush finish.

MSI GT72S 6QE Top View MSI GT72S 6QE Rear Left View

MSI GT72S 6QE memiliki ukuran bodi sebesar 42,8 x 29,4 cm untuk sisi panjang dan lebar. Sementara untuk ketebalan adalah sebesar 4,8 cm. Dengan bobot lebih dari 4,5 kg (notebook dan charger), memang dibutuhkan stamina ekstra untuk membawa notebook/laptop gaming ini. Akan tetapi dibandingkan membawa PC desktop dengan tingkat performa setara, MSI GT72S 6QE jauh lebih unggul dari segi mobilitas. Sebuah tas punggung sudah mencukupi untuk membawa perangkat komputasi ini.

[toggles class=”yourcustomclass”]
[toggle title=”Gamer Mode” class=”in”]MSI GT72S 6QF 01 Screen - Gamer[/toggle]
[toggle title=”Anti-Blue Mode”]MSI GT72S 6QF 02 Screen - Anti Blue[/toggle]
[toggle title=”Designer Mode”]MSI GT72S 6QF 03 Screen - Designer[/toggle]
[toggle title=”sRGB Mode”]MSI GT72S 6QF 04 Screen - sRGB[/toggle]
[toggle title=”Office Mode”]MSI GT72S 6QF 05 Screen - Office[/toggle]
[toggle title=”Movie Mode”]MSI GT72S 6QF 06 Screen - Movie[/toggle]
[/toggles]

MSI GT72S 6QE dilengkapi layar LCD LED ukuran 17,3 inci dengan tingkat resolusi gambar 1920 x 1080 piksel dan tingkat refresh rate 75 Hz. Tipe panel yang digunakan adalah IPS (In-plane Switching) dimana panel tersebut sanggup menghasilkan reproduksi warna lebih akurat dan juga sudut penglihatan lebih baik dibandingkan menggunakan panel tipe TN (Twisted Nematic). Panel layar LCD pada MSI GT72S 6QE diklaim telah melalui proses seleksi ketat sekaligus color calibration untuk memastikan kemampuan reproduksi warna dengan presisi tinggi, mendekati 100% sRGB. Tidak sampai disitu saja, layar LCD MSI GT72S 6QE juga memiliki permukaan tidak memantul seperti cermin sehingga menambah kenyamanan pemakaian bagi penggunanya.

Komponen layar LCD MSI GT72S 6QE juga datang dengan keistimewaan dimana teknologi NVIDIA G-SYNC ditanamkan di dalamnya. Teknologi NVIDIA G-SYNC memungkinkan refresh rate layar LCD mengikuti tingkat frame rate yang dihasilkan oleh graphics card. Alhasil gejala image tearing, stuttering, dan juga input lag dapat dihilangkan sehingga membuat pengalaman bermain game menjadi semakin sempurna.

MSI GT72S 6QE Left Side

Melangkah pada sektor konektivitas, pada sisi kiri MSI GT72S 6QE dapat ditemukan empat port USB 3.1 Gen 1, empat jack audio (line in, line out, microphone, headphone out / S/PDIF-out), dan card reader.

MSI GT72S 6QE Right Side

Berpaling pada sisi kanan dapat ditemukan optical drive Blu-ray Writer, dan dua port USB 3.1 Gen 1.

MSI GT72S 6QE Rear Connectors

Pada sisi belakang MSI GT72S 6QE dapat ditemukan satu mini Display port, satu combo port USB 3.1 Gen 2/Tunderbolt 3.0 dengan konektor Type-C, satu port HDMI, satu port RJ45 (Gigabit Ethernet), dan satu port DC-IN tempat aliran daya listrik masuk ke dalam notebook/laptop.

MSI GT72S 6QE Keyboard & Touchpad

SteelSeries kembali mendapatkan kepercayaan sebagai pembuat perangkat keyboard pada MSI GT72S 6QE. Perangkat touchpad memiliki tombol right click dan left click terpisah dari permukaan touchpad itu sendiri sehingga lebih mudah dikenaliMSI menempatkan touchpad tepat ditengah posisi tombol spacebar sehingga menambah kenyamanan saat mengetik. Tidak hanya itu, MSI juga memindahkan lokasi tombol “Windows” pada sisi kanan sehingga mencegah penekanan secara tidak sengaja pada saat bermain game.

MSI GT72S 6QE Backlit Keyboard

Keyboard MSI GT72S 6QE dilengkapi lampu backlit sehingga tidak hanya membuat penampilan semakin “keren” tetapi juga memudahkan penggunaan keyboard pada kondisi gelap atau kurang cahaya. Terdapat tiga area pada keyboard yang dapat diatur dengan warna cahaya berbeda. Silver-Lining Print pada sisi samping setiap tombol keyboard juga memudahkan pengguna dalam mengenali setiap tombol dan menghidari kesalahan penekanan. Tidak hanya pada keyboard, lampu backlit juga digunakan pada area sisi pinggir touchpad dan logo SteelSeries.

MSI GT72S 6QE Operational Buttons

Pada sisi sebelah kiri keyboard dapat ditemukan sejumlah tombol operasional notebook/laptop seperti tombol power on/off, tombol “GPU” untuk berpindah antara mode IGP atau graphics card discrete, tombol untuk memilih kecepatan kipas antara Auto atau Full Speed, tombol untuk memanggil aplikasi XSplit|Gamecaster, dan tombol dengan logo SteelSeries untuk mengganti warna lampu backlit keyboard.

MSI GT72S 6QE Indicator Lamp - Left MSI GT72S 6QE Indicator Lamp - Right

Pada sisi sebelah depan kanan dan kiri dapat ditemukan dua lampu dengan bentuk garis. Warna lampu dapat diatur dengan menggunakan aplikasi SteelSeries Engine seperti halnya lampu backlit keyboard. Lampu indikator aktivitas notebook/laptop terlihat menyatu dengan lampu garis pada sisi kiri.

MSI GT72S 6QE Bottom View

Penampang sisi bawah MSI GT72S 6QE dimana dapat dijumpai sejumlah lubang ventilasi tempat udara segar ditarik masuk ke dalam bodi notebook. Di dekat kaki notebook/laptop sebelah kanan bawah terdapat lubang ventilasi dengan komponen subwoofer di belakangnya.

MSI GT72S 6QE Internal Components

Akses ke komponen internal MSI GT72S 6QE dilakukan dengan membuka penutup pada sisi bawah.

MSI GT72S 6QE CPU Cooler MSI GT72S 6QE Right Vent

Sistem pendingin untuk “menjinakkan” panas dari prosesor Core i7 6820HK. Tiga buah heatpipe tembaga memiliki tugas mengalirkan panas dari prosesor menuju sirip-sirip heatsink. Sebuah kipas tipe blower akan membuang panas yang terkumpul pada sirip-sirip heatsink ke udara bebas melalui sisi belakang notebook/laptop. Penempatan lubang pembuangan udara pada sisi belakang membuat pengguna mouse, baik tangan normal maupun kidal, terbebas dari paparan udara panas.

MSI GT72S 6QE GPU Cooler MSI GT72S 6QE Left Vent

Sementara itu sistem pendingin pada sisi sebaliknya digunakan untuk “menjinakkan” panas dari graphics card GeForce GTX 980M. Dua buah heatpipe tembaga bertugas mengalirkan panas dari graphics card menuju sirip-sirip heatsink. Terlihat tambahan satu buah heatpipe dari sisi prosesor ikut mengalirkan panas menuju sistem pendingin graphics card. Chip memori GeForce GTX 980M terlihat juga dilengkapi sistem pendingin pasif. Sebuah kipas tipe blower akan membuang panas yang terkumpul pada sirip-sirip heatsink ke udara bebas melalui sisi belakang notebook/laptop. Tepat di sebelah kiri lubang ventilasi dapat ditemukan Kensington Security Slot.

MSI GT72S 6QE Memory Slots

MSI GT72S 6QE dilengkapi empat buah slot memori/RAM SO-DIMM tipe DDR4 (1,2 Volt) dengan dukungan kapasitas dan kecepatan maksimal hingga 64 GB (16 GB per slot) dan 2133 MHz. Dua slot memori/RAM diletakkan pada sisi bawah notebook/laptop sementara dua lainnya ditempatkan pada sisi sebaliknya.

MSI GT72S 6QE Storage SATA

Kompartemen storage 2,5 inci dengan konektivitas SATA. MSI GT72S 6QE dilengkapi HDD SATA III 6GBps dengan kapasitas 1 TB dan kecepatan 7200 rpm dari Hitachi. HDD digunakan sebagai secondary storage.

MSI GT72S 6QE Storage M2

Main storage MSI GT72S 6QE adalah satu buah SSD kapasitas 128 GB dengan konektivitas M.2 PCIe 3.0 x4 dari Toshiba. Terlihat MSI menggunakan sebuah PCB khusus untuk menempatkan SSD M.2 dengan dukungan hingga empat buah SSD. Sisi atas dan bawah PCB tersebut dilengkapi lempengan logam yang memiliki fungsi sebagai sistem pendingin SSD.

MSI GT72S 6QE Battery & Subwoofer

MSI GT72S 6QE menggunakan tata suara 2.1-channel dengan dua speaker pada sisi sebelah atas keyboard dan subwoofer pada sisi bawah notebook/laptop. Dynaudio diberikan kepercayaan oleh MSI untuk memasok komponen speaker notebook/laptop gaming ini.

MSI GT72S 6QF Audio Chip

MSI GT72S 6QE sendiri memadukan chip audio Realtek ALC899 dan chip DAC (Digital-to-Analog Converter) ESS SABRE HiFi untuk memaksimalkan kualitas audio yang dihasilkan. ESS SABRE HiFi sendiri memiliki kemampuan sampling rate hingga 24bit/192KHz 122 dBA DNR dan sanggup menangani perangkat headphone dengan tingkat impedansi dari 16 Ohm hingga 600 Ohm.

MSI GT72S 6QE Power Adapter

Perangkat power adapter (notebook charger) ini dipersiapkan untuk mampu menyuplai daya hingga 230 Watt.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…