in: Movies | August 10, 2016 | by: Irham

Review The Shallows: Tegang Tapi Puas!

Banyak film yang bertemakan pengalaman survival di laut, entah  itu terdampar di pulau terpencil, atau bertahan melawan badai di atas kapal, atau juga berjuang melawan serangan hewan laut yang buas. Dan semua ide tersebut bisa dibilang telah digabung menjadi satu di film The Shallows.

The Shallows

Mungkin film bertema ikan hiu yang paling melekat hingga saat ini adalah seri film Jaws, yang digarap oleh Stephen Spielberg. Tapi apa The Shallows menawarkan sesuatu yang berbeda soal pertarungan melawan Hiu.  Boleh jadi The Shallows adalah salah satu film survival di tengah laut yang paling menarik yang pernah saya tonton saat ini. Bukan hanya karena bisa menyaksikan Blake Lively dengan balutan bikini di sepanjang film, tapi memang apa yang ditawarkan oleh sang sutradara benar-benar  mampu membuat kita terpukau.

the-shallows-surfers-600x337

Pengambilan sepanjang film terlihat sangat sempurna. Film ini selain menampilkan beragam pemandangan laut yang indah, juga mampu menampilkan aksi Nancy di laut dengan sangat baik. Blake Lively sendiri  tak perlu pemeran pengganti untuk aksinya diatas papan selancar. Ia adalah aktris yang sangat bertalenta dan mampu memainkan papan selancar di atas ombak yang menggulung. Sehingga pengambilan gambar pun sangat rapih, tak perlu banyak cut dan editing.

Shallows-620-03

Berawal dari petualangan Nancy (Blake Lively) yang mencari sebuah pantai tanpa nama yang ia kenali lewat foro ibunya, ia pun sampai pada tujuan seumur hidupnya tersebut. Pantai tersebut memang terlihat sangat indah, dan jarang orang yang mengetahui tempat tersebut. Nancy pun mengambil papan seluncurnya dan mulai mengendarai ombak yang menggulung di pantai yang sepi dari penduduku tersebut. Tanpa mengetahui satu hal, pantai tersebut tidak seaman yang ia bayangkan.

Sang sutradara, Jaumet Collet Serra mempu mengemas tema yang simpel tentang survival ini ke sebuah suguhan film thriller yang benar-benar menegangkan. Suspensi yang dihadirkan terasa sangat teratur, dan membuat adrenaline penonton naik turun secara tiba-tiba. Semua scene yang dihadirkan dengan pintar mampu memainkan emosi penonton. Maklum saja, sutradara ini memang cukup berpengalaman dengan beberapa film action thriller. Sebut saja Non Stop dan Run All Night yang diperankan oleh Liam Neeson. Film-film Collet Serra selalu menghadirkan tema yang simple tapi sangat menegangkan.

Tapi tak cuma berisi ketegangan, film ini juga diisi dengan drama keluarga yang menarik disimak. Nancy yang pergi berpetualang, sebenarnya kabur dari program studynya sebagai seorang perawat. Ia berseteru dengan ayahnya, setelah kepergian ibunya yang meninggal karena penyakit. Hobinya berselancar menjadi caranya mengobati tekanan yang dialami dalam kehidupannya. Tapi kemudian kejadian yang dialami oleh Nancy akhirnya juga merubah pola pikirnya tentang keluarga.

shallows-blake-lively

Meski dipenuhi ketegangan, ada pula hal-hal yang bisa meredakan adrenaline penonton. Di tengah karang Nancy ditemani oleh seekor burung yang diberi nama Steven Seagull. Burung tersebut juga mengalami cedera pada sayapnya, sehingga ia tidak dapat terbang. Beruntung Nancy mengerti soal ortopedi yang ia pelajari di bangku kuliah, dan ia berhasil merawat sang burung.

the shallows

Tapi bagian mengerikan bukan cuma dikejar oleh hiu saja. Bagian paling mengerikan justru saat Nancy menjahit luka gigitan hiu di bagian pahanya. Penonton sontak bergidik, banyak yang menutup mata saking tak tahan melihat pemandangan tersebut. Ada pula adegan yang mungkin akan membuat penonton kesal, yaitu saat seorang pemabuk yang mencoba memberi pertolongan pada Nancy, tapi justru malah tewas dimakan hiu.

Pada akhirnya Nancy harus melawan Hiu tersebut seorang diri. Berkat ilmu pengetahuan yang dimilkinya tentang menyelam, dan juga pengalamannya di dunia medis, ia berhasil bertahan melawan ganasnya Hiu tersebut.

blake-lively-the-shallows

Durasi yang singkat yaitu hanya dengan waktu 87 menit, tapi berhasil membuat penonton bertepuk tangan meriah di akhir film. Ending yang ditampilkan benar-benar memberi kepuasan bahkan lebih dari ekspetasi para penonton. Film ini cukup sukses membuat jantung penonton berdebar-debar dan menghela nafas panjang di setiap menit adegan yang ditampilkan.

Tidak perlu menghabiskan dana yang besar membuat film ini, tapi yang apa yang  diciptakan bisa benar-benar dinikmati penonton. Film ini juga tak menjual hal yang berbau sensual untuk menjadi daya tarik dalam film. Memang, sang aktris hanya mengenakan bikini sepanjang film, tapi sama sekali bukan itu konten yang ingin ditonjolkan. Drama survival dari Nancy di tengah laut melawan hiu sudah sangat dominan untuk disaksikan. Barangkali juga setelah menonton film ini anda jadi takut pergi ke laut atau ke pantai karena trauma dengan adegan yang dimainkan oleh Blake Lively, bertarung melawan Hiu. The Shallows tayang mulai hari ini di bisokop-bioskop kesayangan anda.

Video Trailer:

Tanggal Rilis: 10 Agustus 2016

Durasi: 87 Menit

Genre: Survival, Thriller

Sutradara: Jaumet Collet Serra

Pemain: Blake Lively, Oscar Jaenada, Brett Cullen, Sedona Legge

Studio: Columbia Pictures

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES