in: Storage Devices | August 8, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review USB Flash Drive PenDrive Click-Co 32GB

Pengujian

Pada hasil pengujian PenDrive Click-co 32GB ini, kembali kami menggunakan sebuah USB flash drive lainnya yang sama-sama menggunakan interface USB 2.0 hanya bertujuan sebagai pembanding saja. Berikut adalah hasil pengujian dari media penyimpanan portabel tersebut.

CrystalDisk Mark

CDM-Read

CDM-Write

Pada hasil pengujian menggunakan CrystalDisk Mark di atas, performa Read yang dihasilkan ternyata masih lebih unggul dibanding USB flash drive dengan interface USB 2.0. Begitu juga performa Write yang ditampilkan kurang memuaskan. Akan tetapi, selama masa penggunaan beberapa hari yang kami lakukan, kemampuan transfernya terbilang cukup stabil.

Transfer File

Tes-Transfer-File_02

 

Bila melihat hasil dari pengujian CrystalDisk Mark, tampaknya pada pengujian real life dengan melakukan transfer file besar dan kecil berukuran 3GB, hasil yang diperoleh PenDrive Click-co sudah bisa ditebak. Ya! kemampuan transfer media penyimpanan portabel ini kurang memuaskan dibanding USB flash drive 2.0 lainnya.

Kesimpulan

PenDrive-Click-co_02

Dalam memilih media penyimpanan portabel seperti USB flash drive sekarang ini bisa dikatakan sudah semakin beragam. Beberapa produsen bahkan mulai menawarkan beragam bentuk atau wujud yang lebih unik dan menarik untuk memikat para konsumen. Tidak hanya itu, pentas persaingan USB flash drive pun tidak hanya dari segi bentuknya saja, penawaran kapasitas yang lebih lapang serta harga yang kian miring mulai dijajakan. Salah satunya tentu ada pada PenDrive Click-co asal negeri Malaysia ini.

USB flash drive PenDrive Click-co bisa dikatakan memiliki bentuk yang standar seperti USB flash drive pada umumnya. Namun, desainnya cukup simpel karena dirancang dengan mekanisme click layaknya sebuah pulpen untuk mengeluarkan konektor USB-nya. Mengenai struktur body-nya, Anda tampaknya tak perlu khawatir karena penggunaan bahan plastik yang dipilih oleh sang produsen terbilang cukup solid dan kokoh. Bahkan pihak PenDrive menjamin bahwa salah satu koleksi media penyimpanan portabel miliknya ini memiliki tingkat durabilitas yang tinggi.

Sayangnya, USB flash drive ini dibekali dengan interface USB 2.0. Kemampuan transfer data yang sudah sempat Anda simak memang tergolong cukup tertinggal. Akan tetapi, kemampuan transfer yang dimiliki PenDrive Click-co ini terbilang cukup stabil. Selain itu, kapasitasnya yang lapang 32GB, harga yang dibanderol sekitar Rp 89.000 serta garansi seumur hidup, akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat menarik untuk memiliki media penyimpanan portabel ini.

Data Teknis

Produsen PenDrive
Info http://www.pendrive.com.my/
Harga Rp. 89.000
Distributor PT Eternal Asia
Kapasitas 32 GB
Interface USB 2.0
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES