Tips dan Solusi Seputar Upgrade Windows 10

Reading time:
August 13, 2016

Beberapa hari yang lalu kita dihebohkan dengan kabar gembira dari Microsoft atas pembaruan sistem operasi mereka, mulai dari opsi kesempatan upgrade gratis lagi ke Windows 10 hingga opsi menggunakan versi terbaru, yaitu Windows 10 Anniversary Edition. Banyak user dan tentunya pembaca setia Jagat Review terbantukan akan informasi ini. Tapi kami amati ternyata ada beberapa pengguna mengalamai kendala ketika upgrade ke Windows 10 terutama build Anniversary Edition. Kendala ini diantaranya berupa gagalnya proses upgrade, beberapa pengguna juga mengklaim fitur yang tak berfungsi pada perangkat setelah proses upgrade, hingga masalah kuota Internet yang tersedot tanpa diketahui.

Di artikel ini kami akan coba memberikan beberapa solusi bagi pengguna yang mengalami masalah tersebut di atas, tentunya dengan penjelasan rinci sehingga pengguna mengetahui dan mengambil langkah tepat akan keputusan yang diambil.

Upgrade

 

Kendala Saat Upgrade (Error code 0x8…)

Seperti kita ketahui sewaktu proses upgrade, Microsoft memberikan tool khusus yaitu Microsoft Windows 10 Upgrade Assistant, di mana tool ini membantu dengan mudah melakukan upgrade tanpa proses yang berbelit. Tool Upgrade Assistant  ini pun mempunyai tugas yang cukup kompleks mulai dari melakukan download file update, proses instalasi, hingga melakukan backup pada OS sebelumnya. Semuanya dilakukan dengan otomatis tanpa harus meropotkan pengguna. Di balik kemudahan tersebut, ternyata banyak pengguna yang mengalami masalah yaitu terhentinya upgrade atau instalasi diikuti kode error. Hal ini cukup menundang tanda tanya, karena mereka merasa yakin sistem mereka sudah siap untuk melakukan upgrade. Beberapa faktor ternyata kami telusuri menjadi penghambat proses update atau upgrade otomatis ini.

Error
Salah satu pesan error yang ditemui ketika proses upgrade

 

Anti Virus Pihak Ketiga Menjadi Penghambat

Kami sarankan untuk menonaktifkkan anti virus pihak ketiga yang Anda install ke sistem sebelum melakukan proses upgrade maupun update. Sistem operasi terbaru Microsoft ini ternyata sedikit mempunyai masalah dengan beberapa software anti virus yang beredar, karena dalam build terbarunya sendiri Microsoft memang melakukan upgrade besar pada keamanan OS mereka lewat Windows Defender. Jadi, bisa kita simpulkan mungkin terjadi konflik antar software ketika proses upgrade. Saat proses upgrade, pastinya banyak terjadi proses perubahan registry dan fitur penting ini sebelumnya diproteksi oleh anti virus yang terpasang, masuk akal bila proses upgrade atau update jadi gagal.

Gangguan Windows Firewall/ Windows Update

Kami amati juga, anti virus saja ternyata terkadang bukan satu-satunya kendala. Fitur dari Windows sendiri pun terkadang menjadi penghalang upgrade besar ini. Mungkin  pembaca ada yang merasakan instalasi berhenti setelah 99%? Saya sendiri mengalami hal serupa di saat mencoba membantu upgrade perangkat seorang rekan. Anti virus sudah dimatikan bahkan koneksi Internet pun normal. Error tetap terjadi. Namun, setelah kami mencoba menonaktifkan Windows Firewall dan Windows Update, semuanya berjalan lancar.

Bila mengalami hal ini, pembaca hanya perlu melakukan force restart pada sistem dan selanjutnya menonaktifkan antivirus, firewall dan Windows Update (kami merekomendasikan melakukan uninstall program anti virus yang terpasang, karena beberapa anti virus mempunyai engine tersendiri yang tetap melakukan proteksi otomatis walau dinonaktifkan). Setelah itu klik  kembali program Upgrade Assistant. Di sini Windows akan melanjutkan kembali proses instalasi tanpa harus mendownload ulang. Setelah proses instalasi selesai, tentunya pengguna dapat kembali melakukan install ulang pada software anti virus yang digunakan sebelumnya.

Apabila pembaca masih mengalami kendala, beberapa lagi opsi dan metode lain masih dapat dilakukan. Pihak Microsoft sendiri mencoba memberikan solusi lewat support mereka yang ternyata memiliki beragam info, dan dapat dengan mudah diakses pada link berikut .

Kendala Hardware dan Software yang Bermasalah

Kendala satu ini pun ternyata bisa banyak mempunyai peranan penting ketika melakukan upgrade besar sistem operasi terbaru ini. Beberapa faktor juga bisa mempengaruhi mulai kondisi storage yang kurang baik hingga registry dan software yang rusak. Kami rekomendasikan untuk melakukan cek pada hardware, terutama storage yang ingin difungsikan sebagai media upgrade (Bila menggunakan HDD kami menganjurkan lakukan defragmantasi bila perlu) dan pastikan registry Windows dalam keadaan sehat. Bila terdapat software lawas yang berada di sistem, kami anjurkan untuk melakukan uninstall terlebih dahulu dan menginstall ulang di saat proses upgrade selesai. Karena dalam beberapa kasus kami temui beberapa software third party yang terinstal terhapus dengan otomatis setelah proses upgrade yang cukup memakan waktu. 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…