in: Direct Release | September 17, 2016 | by: Jagat Review

Direct Release: Fujitsu Retail Engagement Analytics Hadirkan In-store Intelligence di Bisnis Ritel Terkoneksi

fujitsulogo

News facts:

  • Solusi data teragregasi dukung peritel dalam menelusuri, menangkap, serta menganalisis perilaku dan pelibatan pelanggan dalam berbelanja
  • Dilengkapi dengan dashboards, laporan, dan heat maps yang menyajikan informasi menyeluruh untuk penataan toko dan pola dalam penugasan karyawan yang optimal
  • Menyuguhkan informasi secara real-time sebagai acuan bagi manajer toko dalam melakukan tindakan proaktif untuk meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pelanggan dan mengurangi antrian di kasir

Jakarta, 15 September 2016 – Sebagai wujud komitmen Fujitsu untuk mendukung bisnis ritel pelanggan, hari ini, Fujitsu mengumumkan kehadiran solusi mutakhir Retail Engagement Analytics (REA). REA dirancang sedemikian sehingga mampu menghadirkan analitik dan insight yang setara dengan kelas e-commerce yang dilengkapi dengan kemampuan untuk melacak, menampung serta menganalisis data pola perilaku belanja, pelibatan, serta pengalaman masing-masing pelanggan yang berguna sebagai acuan bagi peritel dalam melakukan strategi bisnis secara proaktif selanjutnya.

REA – merupakan bagian dari konsep Fujitsu Connected Retail1 mutakhir yang fokus untuk mendekatkan peritel dengan pelanggan mereka – mengumpulkan serta menganalisis beragam data yang relevan bagi para peritel, dikustomisasikan untuk pola dan perilaku belanja di masing-masing toko, lokasi, serta waktu siang/malam hari. Dari data tersebut kemudian akan disajikan insight melalui dashboard REA secara real-time, sehingga bisa menjadi masukan yang berguna bagi para peritel untuk mengoptimalkan pengalaman berbelanja bagi para pelanggan mereka.

Solusi REA ini dikembangkan berdasarkan pada sumber-sumber data teragregasi, termasuk dari Wi-Fi access points dan informasi enterprise dalam toko, seperti data transaksi yang dilakukan melalui point of sale (PoS) serta data eksternal lainnya, meliputi data cuaca dan demografi di wilayah lokal dan lain-lain. REA kemudian akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang didasarkan pada data tersebut, sehingga dapat membantu peritel untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja di toko mereka dengan mengoptimalkan seluruh elemen di dalam toko itu sendiri, seperti desain layout susunan dagangan di toko yang kemudian berpengaruh pada pola penugasan setiap karyawan dari data kedatangan pelanggan.

Dengan tujuan untuk menghadirkan layanan toko yang lebih personal dan melibatkan bagi setiap pelanggan, Fujitsu REA juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyelami bagaimana perilaku pembeli secara detil dan kemampuan ini biasanya hanya dimiliki pada layanan untuk online vendor, seperti mendata dan menghitung jumlah visit per periode waktu tertentu, volume pengunjung berdasarkan zonasi, memantau arus pengunjung serta pengunjung yang kembali lagi berbelanja. Semuanya bisa dipantau, ditelusuri, divisualisasikan dan dinomitor dengan sempurna oleh solusi ini. Selain itu Fujitsu REA juga mampu mendukung peritel yang memiliki model bisnis ‘brick and mortar’ untuk mencacah dan mengintegrasikan data lokasi ke aplikasi mobile untuk menyebarkan promosi dari masing-masing yang sifatnya lebih personal kepada setiap pelanggan.

David Concordel, Vice President, Head of Retail Solutions Fujitsu, menuturkan: “Kami berkomitmen untuk mendukung peritel generasi masa depan yang butuh untuk selalu terkoneksi melihat bahwa sekitar 90 persen dari total penjualan masih dilakukan melalui toko. Dengan kepiawaian Fujitsu selama 50 tahun mengembangkan teknologi di kancah ritel, Fujitsu berhasil mendayagunakan pemanfaatan data teragregasi yang dipadukan dengan analitik yang begitu mumpuni untuk mencatat pola perilaku belanja pelanggan dalam rangka mendukung pengalaman pelanggan yang lebih optimal dalam berbelanja. Selain itu, Fujitsu juga menghadirkan solusi Fujitsu Retail Engagement Analytics yang istimewa berkat kemampuannya untuk berintegrasi secara sempurna dengan teknologi PoS.”

Edward Westenberg, Head of Retail Europe, Cisco, menyampaikan: “Kami bangga dapat memperluas kemitraan kami bersama Fujitsu hingga ke industri ritel. Solusi Connected Mobile eXperiences (CMX) milik Cisco memungkinkan untuk dilakukan baik secara on premises maupun dari cloud, sementara infrastruktur Wi-Fi dan kapabilitas kami yang andal terkait and Cisco intelligent network mendukung pelanggan ritel dalam mengambil seluruh manfaat dan keunggulan dari solusi Fujitsu Retail Engagement Analytics dalam rangka mewujudkan pengalaman berbelanja yang makin optimal serta dapat merasakan seluruh keunggulan dari kendali operasional yang disuguhkan, seperti layanan berbasis lokasi, iklan personal tertarget, solution in order to enhance the shopping experience and benefit from operational control, including Wi-Fi onboarding yang mudah dan aman, serta kemampuan analitik yang canggih. Seluruhnya dihadirkan dalam rangka untuk mengoptimalkan penggunaan layanan Wi-Fi untuk membangun customer loyalty, meningkatkan sales, serta bisnis secara keseluruhan.”

 

Cara Kerja Fujitsu REA

Fujitsu REA menggunakan Flow Discovery Technology2 yang telah dipatenkan dalam melakukan analisis secara mendetil soal pola perilaku pembeli. Olehnya, data dikumpulkan dari beragam sumber, termasuk Wi-Fi access points, dan kamera, dan digabung dengan informasi dari enterprise, misalnya dari data transaksi yang terjadi di PoS kasir, data cuaca, serta demografi. Kemudian insight disuguhkan kepada manajer ritel melalui dashboards, laporan, heat maps dan floor maps yang telah dikustomitasikan untuk memberikan sajian transformasional dan visual yang mudah dipahami oleh mereka yang kemudian bisa digunakan untuk melakukan analisis dan tindakan-tindakan strategis selanjutnya terkait pola perilaku belanja yang dinamis tersebut.

Dengan mengadopsi Fujitsu REA, karyawan dan manajer toko dapat dengan mudah memahami bagaimana pola interaksi pelanggan pada setiap jengkal ruangan di toko, serta dapat dengan cepat memberikan sajian visual berupa lokasi kepadatan lalu-lintas dan area-area yang sepi pembeli. Ini bisa mempercepat dalam pengambilan keputusan dan penerapan strategi pengubahan lokasi dagangan, pencahayaan toko, maupun pola penugasan karyawan secara optimal agar dapat meningkatkan pengalaman belanja pelanggan dengan baik dan pada akhirnya menjaring penjualan dan keuntungan setinggi-tingginya.  

Peritel juga dapat secara proaktif melakukan penataan ulang program, serta menerima peringatan akan adanya potensi masalah secara real-time – contohnya, memberi tanda di mana ada lalu-lintas pertumbuhan kedatangan pelanggan yang tinggi yang berpotensi menimbulkan antrian dan suasana yang berdesakan di lokasi tertentu maupun di kasir tertentu. Selain itu, akan ditampilkan pula analytical insights yang berfungsi pula sebagai sumber data yang akurat dan kaya informasi bagi tim bisnis untuk menyusun ulang perencanaan layout toko, merchandising, marketing, CRM serta penjadwalan karyawan.

Dihadirkan berupa penawaran cloud, Fujitsu REA berbasis pada platform yang dirancang secara istimewa untuk memberikan analitik dengan presisi tinggi pada berbagai skala bisnis dan yang lebih hebat lagi mampu menyuguhkan database hingga 500 kali3 lebih cepat dari pada database yang biasanya, berkat teknologi database Fujitsu yang luar biasa canggih dengan performa tinggi nan andal.

Solusi Fujitsu REA dibangun dengan lapis keamanan maksimum dan privasi secara menyeluruh. Dalam rangka mendukung kebijakan privasi pelanggan dan negara tertentu secara lebih spesifik, solusi Fujitsu ini juga hadir dalam versi yang di-host secara privat melalui jaringan global data center perusahaan. Sebagai alternatif, REA juga tersedia melalui cloud AWS dan Microsoft Azure.

Solusi Fujitsu Retail Engagement Analytics akan tersedia untuk pasar Eropa mulai bulan Oktober 2016 dan sedang dalam perencanaan untuk diluncurkan di wilayah Asia.

 

Catatan

1 Konsep Fujitsu Connected Retail

Reputasi dan kepiawaian Fujitsu bertaraf international didukung oleh kiprahnya yang panjang dalam berinvestasi di bidang inovasi teknologi menjamin keandalan Fujitsu dalam menghadirkan layanan terbaik dan konsisten bagi pelanggan. Fujitsu berkomitmen dan konsisten untuk terus menjadi yang terdepan dan terbesar dalam menghadirkan seluruh suguhan kapabilitas berskala global dengan know-how dan keunggulan responsif bercita lokal bagi seluruh pelanggan:

  • Di lebih dari 100 negara di seluruh dunia
  • Dengan portofolio aplikasi, perangkat, dan layanan dukungan untuk bisnis ritel yang menyeluruh
  • One-stop-shop dengan mayoritas produk dan layanan dihadirkan oleh Fujitsu

Solusi ritel Fujitsu mencakup seluruh value chain – dari toko, gudang, hingga kantor pusat, bahkan mencakup hingga ke backbone di data center. Solusi ini mentransformasikan pengalaman pelanggan di toko dan di seluruh channel, dengan properti intelektual solusi ritel, process knowledge dan integration skills sebagai yang diunggulkannya.

 

2 Teknologi Flow Discovery merupakan pengembangan dari teknologi Fujitsu Automated Process Discovery (APD). Flow Discovery bisa mencatat pola perilaku pembeli di toko dan ditampilkan secara visual dengan data dari seluruh sumber data yang ada untuk menyuguhkan alur belanja pelanggan pada saat itu juga. Pendekatan teknologi ini memungkinkan digunakannya teknik non-invasive dalam mengumpulkan dan memproses data secara efisien dan ditampilkan menjadi gambaran visual yang akurat dan komprehensif.

 

3 Menggunakan pendekatan columnar-oriented data store bersama dengan indexing of columns dan kompresi data, sehingga memangkas waktu akses disk dan memungkinkan Fujitsu untuk menempuh waktu query untuk volume set data yang besar dengan lebih cepat.  Memiliki performa rata-rata 500 kali lebih cepat dari traditional row-based store. Simak tautan berikut untuk informasi selengkapnya:

http://solutions.fai.fujitsu.com/l/24732/2015-09-29/32fz7y/24732/91450/Factsheet___Fujitsu_Retail_Engagement_Analytics_Solution_Final.pdf

https://www.fujitsu.com/global/Images/FUJITSU_Software_SymfowareAnalyticsServer_Datasheet.pdf

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES