in: Direct Release | September 1, 2016 | by: Jagat Review

Direct Release: VMware Luncurkan Cross-Cloud Architecture™ Mutakhir, Hadirkan Keleluasaan dan Kontrol Penuh pada Cloud

 

VMware Cloud Foundation hadirkan kemudahan dalam mengelola dan menjalankan SDDC Clouds

Pat G

Cross-Cloud Services mutakhir ini mendukung pelanggan dalam mengelola, mengendalikan, serta dalam menerapkan keamanan aplikasi yang berjalan di seluruh public clouds, seperti AWS, Azure dan IBM Cloud

LAS VEGAS – 30 Agustus, 2016 – Hari ini, di perhelatan akbar VMworld® 2016, VMware, Inc. (NYSE: VMW) mengumumkan diperluasnya strategi hybrid cloud miliknya melalui peluncuran VMware Cross-Cloud Architecture™ mutakhir yang mampu mendukung pelanggan untuk menjalankan, mengelola, mengkoneksikan, serta menerapkan keamanan aplikasi di seluruh lingkungan cloud mereka maupun perangkat di lingkungan operasi yang ada.

Dalam rangka mewujudkan keberhasilan strategi ini, VMware sekaligus juga mengumumkan dihadirkannya beberapa solusi berikut ini:

  • VMware Cloud Foundation™ yakni sebuah platform Software-Defined Data Center (SDDC) terpadu untuk memudahkan pelanggan dalam mengelola dan menjalankan cloud SDDC milik mereka;
  • Technology Preview of Cross-Cloud Services™ menampilkan bagaimana pelanggan dapat mengelola, mengendalikan, serta menerapkan keamanan aplikasi yang berjalan di atas lingkungan private cloud dan public cloud, seperti AWS, Azure dan IBM Cloud;
  • VMware vCloud® Availability™, jajaran baru dari lini disaster recovery milik VMware yang dibangun secara khusus bagi mitra-mitra vCloud Air™ Network;
  • Rilis terbaru VMware vCloud Air Hybrid cloud Manager™ hadirkan nir downtime bagi pengguna VMware vSphere® users zero downtime saat melakukan migrasi aplikasi ke VMware vCloud Air.

“Banyak pelanggan yang kini mengandalkan beragam layanan public cloud maupun private cloud untuk menjalankan aplikasi mereka, namun di sisi lain, mereka terkendala dengan cara pengelolaan dan soal keamanan aplikasi di semua platform beragam tersebut,” tutur Raghu Raghuram, executive vice president and general manager, Software-Defined Data Center Division, VMware. “VMware memungkinkan seluruh keunggulan dari penggunaan private cloud yang dipadukan dengan public cloud dapat dirasakan seutuhnya oleh pelanggan berkat diusungnya strategi hybrid cloud terunggul dan paling fleksibel. VMware menghadirkan keleluasaan dan kendali cloud seutuhnya dengan menghadirkan lingkungan operasi yang tersedia bagi seluruh cloud melalui kehadiran Cross-Cloud Architecture kami yang begitu istimewa ini.”

Cross-Cloud Architecture merupakan arsitektur hybrid cloud paling lengkap dan terandal di dunia yang mendukung model penggelaran, kebijakan keamanan, visibilitas, serta penyelenggaraan seluruh aplikasi secara konsisten dan mampu dioperasikan baik secara on-premises and off-premises terlepas cloud, platform hardware maupun hypervisor yang melandasinya. VMware Cross-Cloud Architecture dibangun serta dipersenjatai dengan seluruh kapabilitas private cloud maupun hybrid cloud yang telah terkemuka yakni dengan menawarkan keleluasaan kepada pelanggan untuk melakukan inovasi di beragam cloud tersebut. Arsitektur ini disuguhkan melalui VMware Cloud Foundation, yakni serangkaian Cross-Cloud Services yang dikembangkan oleh VMware bersama dengan platform VMware vRealize® cloud management.

 

Platform SDDC Terpadu untuk Hybrid cloud

VMware Cloud Foundation mendukung hyper-converged infrastructure generasi masa depan untuk membangun private cloud yang dilengkapi dengan seluruh keunggulan yang dimiliki software hyper-converged berskalabilitas tinggi milik VMware (VMware vSphere dan VMware Virtual SAN™) yang berpadu sempurna dengan platform virtualisasi jaringan terkemuka di dunia, yakni VMware NSX®.

VMware SDDC Manager™, komponen inti dari VMware Cloud Foundation, mendukung pengguna dan para penyedia layanan dalam melakukan automasi penggelaran dan pengelolaan software cloud VMware. Kemudian, SDDC Manager berfungsi untuk mendukung dalam pembangunan dan pemeliharaan seluruh cloud software stack milik VMware. Admin cloud tak perlu lagi melakukan proses-proses penginstalan, konfigurasi, pengelolaan serta pembaruan infrastruktur cloud yang begitu kompleks dan merepotkan. Sehingga dengan ini, pembangunan cloud dengan lengkap dapat dilakukan dalam hitungan jam saja. Alhasil, waktu yang dibutuhkan untuk penggelaran infrastruktur cloud bisa dipangkas 6-8 kali lebih singkat dan bisa dilakukan penghematan pada TCO hingga mencapai 30-40 persen (1).

Kini, untuk pertama kalinya, VMware Cloud Foundation menawarkan pilihan “as-a-service” untuk menyuguhkan seluruh keunggulan dari SDDC di lingkungan hybrid cloud. IBM merupakan mitra VMware vCloud Air Network pertama yang mengusung penawaran-penawaran baru pada VMware Cloud Foundation dengan VMware Cloud Foundation™ yang ditawarkan di IBM Cloud. Ke depannya, VMware Cloud Foundation akan disediakan pula di public clouds tambahan, termasuk vCloud Air. Simak lebih lanjut mengenai VMware Cloud Foundation di IBM Cloud untuk lebih jelasnya.

Untuk private cloud, turnkey solusi terintagrasi VxRack Systems kini bisa diperoleh pelanggan melalui EMC, atau bisa juga memadukannya dengan software Cloud Foundation seperti VMware Virtual SAN Ready Nodes dari Dell, Hewlett Packard Enterprise atau QCT.

VMware Cloud Foundation bisa mengoperasikan segala macam aplikasi baik tradisional maupun cloud-native, aplikasi scale-up penunjang bisnis paling kritikal maupun aplikasi scale-out terdistribusi. Terlepas apakah mereka letaknya berada di mesin virtual atau containers, VMware Cloud Foundation menjamin dihadirkannya platform infrastruktur yang konsisten dan mampu menyuguhkan segala keunggulan baik dari sisi performa, ketangguhan, keamanan, serta kemudahan dalam pengelolaannya seperti yang ditunjukkan oleh vSphere, Virtual SAN dan VMware NSX. VMware Cloud Foundation terintegrasi dengan solusi VMware lain yang ada, sehingga mampu mengoptimalkan fleksibilitas dan ragam pilihan cloud yang luas, serta strategi mobilitas bisnis:

  • VMware vRealize Suite menghadirkan enterprise-ready cloud management platform (CMP) yang komprehensif dan dapat membantu dalam mempercepat penyelenggaraan layanan IT, meningkatkan operasional IT, menyuguhkan pilihan bagi end-user untuk melakukan kontrol di seluruh lingkungan multi cloud yang heterogen (vSphere maupun non-vSphere).
  • VMware vSphere Integrated Containers memudahkan pengembang untuk berinovasi dengan cepat, dapat mengakses container secara swalayan dan cepat dan di sisi lain IT dapat mendayagunakan semua peranti, pengetahuan dan proses yang ada untuk menggelar dan mengelola layanan container.
  • VMware Integrated OpenStack jalur cepat untuk menggelar dan mengelola OpenStack cloud kelas produksi di atas infrastruktur SDDC berbasis VMware.
  • VMware Horizon® pelanggan bisa menyelenggarakan desktop dan aplikasi tervirtualisasi melalui sebuah platform, sehingga menjamin terciptanya workspace yang aman.

 

Tech Preview: Cross-Cloud Services

Cross-Cloud Services merupakan bentuk penawaran Software as a Service (SaaS) model baru yang tengah dikembangkan guna mendukung visibilitas yang luas bagi pelanggan atas besarnya pemakaian cloud dan biaya, meningkatkan penerapan kebijakan jaringan dan keamanan secara konsisten, serta melakukan automasi penggelaran, pengelolaan dan migrasi aplikasi dan data di semua lingkungan private cloud dan public clouds, baik vSphere maupun non-vSphere.

Dengan lingkungan operasi yang sudah umum tersebut baik untuk public clouds dan on-premises workloads, sistem IT pusat dapat melakukan perlindungan pada data dan aplikasi serta mengontrol biaya, sehingga baik pengembang maupun bisnis bisa leluasa dalam berinovasi di cloud pilihan mereka. Cross-Cloud Services VMware yang ditunjukkan pada perhelatan VMware kali ini, mencakup:

  • Discovery and Analytics: mendukung discovery, onboarding, dan governance pada aplikasi-aplikasi public cloud;
  • Compliance and Security: menggunakan micro-segmentation dan pemonitoran guna memperketat benteng keamanan sekaligus memenuhi kelaikan untuk aplikasi di seluruh cloud;
  • Deployment and Migration: memudahkan pengembang untuk bekerja secara lintas-cloud, dan divisi IT dengan mudah dapat mengelola aplikasi-aplikasi lintas-cloud sesuai dengan standar keamanan dan prosedur kelaikan.

 

Continued Innovation for vCloud Air and the vCloud Air Network

Ekosistem penyedia layanan VMware vCloud Air dan VMware vCloud Air Network menjadi bagian yang amat penting bagi perusahaan yang menerapkan strategi hybrid cloud. Mitra VMware vCloud Air Network menawarkan layanan yang luas dengan spesialisasi yang telah disesuaikan dengan wilayah dan industri masing-masing, serta mampu mendukung terpenuhinya persyaratan-persyaratan regulasi yang kompleks dan ketat.

VMware juga mengumumkan tersedianya VMware vCloud Availability untuk vCloud Director®, yang mendukung mitra dalam menawarkan layanan disaster recovery berbasis cloud milik mereka dengan mudah dan murah dan mampu mendukung lingkungan vSphere milik pelanggan dengan mendayagunakan semua kapabilitas replikasi bawaan vSphere. Solusi ini akan dirancang secara ekspres untuk para penyedia layanan VMware vCloud Air Network agar mudah dioperasikan, mendorong proses adopsi dan pertumbuhan, dengan proses instalasi on premises yang mudah. Solusi ini juga akan mendukung monetasi selanjutnya dari lingkungan cloud VMware yang ada di setiap kapabilitas pengelolaan cloud multi-tenant yang disematkan dalam VMware vCloud Director.

 

Demi memperluas layanan VMware private cloud ke VMware vCloud Air, Hybrid cloud Manager versi mutakhir menawarkan serangkaian penyempurnaan yang memudahkan proses migrasi aplikasi sekaligus meningkatkan performa koneksi antar dua lingkungan. vCloud Air Hybrid cloud Manager mendukung pelanggan untuk memperluas jaringan on-premises mereka ke vCloud Air melalui software-defined WAN yang telah teroptimalkan, sehingga mendukung jaringan menjangkau hingga ke cloud, namun memiliki performa layaknya bekerja di wilayah lokal. vCloud Air Hybrid cloud Manager mendukung migrasi dua arah nir downtime untuk semua aplikasi, maupun migrasi kebijakan keamanan NSX ke vCloud Air Advanced Networking Services. Pelanggan bisa mengalihkan mesin virtual dengan kecepatan hingga 20 kali lipat melalui jaringan teroptimalkan tanpa mengubah kebijakan keamanan dan kontrolpun juga bisa dilakukan secara on-premises tanpa mengganggu proses bisnis yang tengah berlangsung.

 

Komentar dari Mitra dan Pelanggan

“Untuk solusi-solusi yang bertumpu bisnis, penting kiranya untuk mempertimbangkan kemudahan implementasi dan pengelolaan Software-Defined Data Center yang menyeluruh. EMC bersama dengan VMware berkomitmen untuk terus memperkuat jalinan kemitraan dalam mengembangkan dan meluncurkan produk-produk hyper-converged, seperti VxRail dan VxRack Systems, kemudian Hybrid cloud Platforms, seperti EMC Enterprise Hybrid cloud dan Native Hybrid cloud, dengan tujuan untuk menghadirkan serangkaian solusi yang mampu menjawab segala kebutuhan pelanggan. Dengan VMware Cloud Foundation, VMware bersama EMC memudahkan pelanggan untuk mendayagunakan platform software SDDC terpadu secara optimal baik on-premises maupun di lingkup public cloud guna mewujudkan IT yang gesit yang mampu mendukung terselenggaranya inovasi bisnis. .”—Todd Pavone, chief operating officer, VCE

“IBM akan terus mendorong sekaligus menjadi pemimpin industri di kancah adopsi hybrid cloud. Kami yang pertama menawarkan VMware Cloud Foundation sebagai sebuah layanan yang terotomasi secara penuh, sekaligus mendukungnya dengan lebih dari 4.000 profesional terlatih yang akan membantu pelanggan soal layanan dan kebutuhan klien untuk memperluas lingkungan VMware mereka ke cloud.” —tutur Mercer Rowe, vice president of Business Development, IBM Cloud

“Rackspace Private cloud didukung oleh VMware mendukung perusahaan untuk menjalankan, melakukan migrasi, bahkan memperluas on-premises workloads mereka hingga ke ranah single-tenant private cloud terdedikasikan. Rackspace kini tengah memperluas dukungannya tidak saja soal virtualisasi komputasi, namun kini juga menyematkan inovasi-inovasi mutakhir VMware di layanan VMware NSX, Virtual SAN serta vRealize Suite. Hal ini akan memberikan akses native bagi pelanggan ke VMware SDDC stack secara penuh dengan keamanan yang kian ketat khas single-tenant private cloud, serta didukung oleh Fanatical Support®.”—Kaushik Balasubramanian, senior director of VMware Practice at Rackspace

“Kemitraan Expedient di lingkup VMware vCloud Air Network membuka peluang baru bagi tim kami dalam mengembangkan solusi-solusi terdiferensiasi yang mampu menyederhanakan kapabilitas-kapabilitas kompleks agar bisa diimplementasikan oleh perusahaan dan dikelola di atas lingkungan mereka sendiri. Platform seperti VMware NSX menghadirkan kapabilitas-kapabilitas baru yang mendorong dikembangkannya solusi-solusi seperti Expedient Push Button DR 2.0 DRaaS yang begitu inovatif yang begitu gesit memindahkan seluruh komponen jejaring bersama seluruh sumber daya komputasi yang lainnya ke beragam lokasi dalam satu sentuhan secara harafiah. VMware juga berkomitmen untuk terus berinvestasi untuk mendukung layanan-layanan baru bagi mitra-mitra vCloud Air Network, seperti penawaran vCloud Availability.” —Bryan Smith, senior vice president and chief strategy officer, Expedient

“Seiring pesatnya pertumbuhan kami sebagai sebuah institusi pendidikan, kami ingin memastikan bahwa siswa memperoleh akses ke seluruh lini edukasi, layanan, serta peluang-peluang riset terbaik. Dengan beralih ke vCloud Air transisi data center kami ke cloud berjalan mulus, bebas dari beban biaya upgrade on-premises. Downtime nyaris nol saat proses migrasi berlangsung dan tak perlu lagi melakukan re-architecture or re-designing. Kini kami memiliki data center off-premises tempat host workload, sehingga memudahkan kami dalam memindahkan workload dari lingkungan satu ke lingkungan lain.”– Jason McConnell, chief information officer, Lincoln Memorial University

Ketersediaan

  • VMware Cloud Foundation diharapkan akan tersedia dan dapat dinikmati secara luas mulai Q3 2016
  • VMware Cloud Foundation on IBM Cloud diharapkan akan tersedia dan dapat dinikmati secara luas mulai Q3 2016
  • VMware vCloud Air Hybrid cloud Manager 2.0 diharapkan akan tersedia dan dapat dinikmati secara luas mulai Q3 2016
  • VMware vCloud Availability for vCloud Director secara umum telah tersedia dan sudah bisa dinikmati oleh pelanggan
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES