in: News | September 24, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Peneliti Asal Inggris Berhasil Terbangkan Drone Tanpa Baterai

drone

Drone dengan model quadcopter tampaknya telah menjadi pusat perhatian beberapa kalangan. Sebut saja GoPro, perusahaan asal Amerika Serikat yang sangat populer sebagai produsen kamera aksi mini nan canggih itu, kini turut meramaikan pangsa pasar drone dengan meluncurkan Karma.

Hampir sebagian besar manufaktur drone berinovasi dalam menghadirkan produknya yang lebih baik. Seperti kemampuan terbang dalam jangka waktu yang lebih lama serta jangkauan yang lebih luas. Kini salah seorang peneliti telah berhasil menemukan cara agar drone dapat terbang dalam jangka waktu yang lebih lama. Bahkan yang lebih unik lagi, drone tersebut tidak dilengkapi dengan baterai.

Dr. Samer Aldhaher yang tergabung dalam asosiasi penelitian Imperial College fo London, telah berhasil membuat drone yang dapat terbang dalam jangka waktu sangat lama. Drone berukuran kecil yang digunakannya tidak ditenagai dengan baterai melainkan melalui wireless charger. Namun drone ini masih dalam proses pengembangan sehingga belum bisa terbang ke mana saja.

Drone tersebut hanya bisa terbang setinggi 5 inci dari atas permukaan wireless charger. Aldhaher pun menjelaskan cara kerja bagaimana drone yang ia rancang tersebut dapat terbang tanpa baterai. Ia menggunakan pemancar pada PCB coil yang memancarkan sinyal frekuensi frekuensi sebesar 13.56 MHz ke receiver yang terpasang di drone. Sang peneliti pun memberikan saran agar percobaan ini jangan dicoba tanpa dasar pengetahuan. Sebab frekuensi yang dipancarkan tersebut tergolong cukup tinggi.

Saat ini, Aldhaher memang masih terus mengembangkan peneilitiannya ini lebih lanjut terkait drone yang digunakannya. Tentunya, penilitian yang dilakukan oleh beliau ini merupakan terobosan yang cemerlang, terutama jika nantinya dapat berguna untuk masyarkat luas. Berikut kami sertakan video di bawah saat-saat Aldhaher menerbangkan drone tanpa baterai tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES