in: News | September 28, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Penjualan Notebook Meningkat, Pasokan Komponen Menipis

laptop

Beberapa vendor notebook dilaporkan telah menerima permintaan notebook yang terus meningkat sejak paruh kedua di 2016 ini. Seperti Hewlett-Packard (HP) dan Dell misalnya, kedua produsen notebook ternama asal Amerika Serikat tersebut dikabarkan telah mengalami peningkatan penjualan yang diperkiraan akan terus meningkat hingga awal 2017 mendatang.

Namun sayangnya, meningkatnya jumlah permintaan di pasar notebook tidak diiringi dengan ketersediaan komponen notebook yang memadai. Para pemasok komponen notebook dilaporkan mengalami kendala ketersediaan komponen seperti panel LCD, baterai dan SSD (Solid State Drive).

Kurangnya ketersediaan komponen panel LCD lebih dulu terjadi, sebagaimana berita yang kami sadur dari Digitimes. Kebanyakan para vendor notebook tidak mampu mengamankan ketersediaan komponen panel dari pemasok. Sehingga akhirnya, para vendor notebook terpaksa mencari alternatif lain melalui pemasok panel LCD lainnya.

Begitu pula dengan ketersediaan SSD untuk para vendor notebook mulai berkurang, khususnya bagi para vendor yang ingin menghadirkan notebook slim (ultrabook). Sedangkan untuk komponen baterai, para vendor notebook dihadapkan dengan para pembuat baterai lithium yang mulai berinovasi dan memilih fokus menyediakan baterai untuk kendaraan listrik.

Meningkatnya permintaan pasar notebook yang terjadi tampaknya dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti prosesor terbaru dari Intel dan juga AMD. Sistem operasi terbaru milik Microsoft, Windows 10 juga dikabarkan turut andil dalam meningkatnya permintaan notebook di pasaran hingga kuartal tiga tahun ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES