in: Storage Devices | September 8, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review Western Digital Black 6TB

Di tengah maraknya pertumbuhan SSD (Solid State Drive) saat ini, tentunya tidak akan membuat media penyimpanan HDD (Hard Disk Drive) akan tersisihkan. Selain kapasitas yang semakin lapang ditawarkan, harga yang dibanderol pun jauh lebih murah ketimbang SSD berkapasitas besar. Selain itu, beberapa produsen juga mulai menawarkan produk HDD terbaru yang kinerja makin ditingkatkan.

wd-black-04

Salah satu produk yang mendeskripsikan di atas mungkin terdapat pada salah satu model milik WD (Western Digital) kali ini. Produsen ternama di dunia sebagai penyedia HDD ini kembali menambah koleksi terbaru dari salah satu model HDD-nya, yaitu WD Black. Pada Agustus 2015 lalu, WD resmi menambah koleksi WD Black mereka dengan kapasitas yang paling tinggi saat ini, 6TB. Dan kini, perangkat penyimpanan tersebut akhirnya mampir ke meja pengujian kami.

Hampir sebagian para PC enthusiast terutama bagi kalangan gamer, sangat mengenal produk WD yang satu ini. Ya! WD Black dirancang untuk para pengguna yang memiliki komputer berkinerja tinggi atau PC Gaming. Pada WD Black yang kami uji kali ini, memiliki kapasitas 6TB. Kapasitas ini merupakan yang paling tertinggi saat ini untuk WD Black. Tentunya, selain dapat digunakan sebagai sistem, HDD berkapasitas masif ini dapat digunakan juga untuk menyimpan beragam data.

wd-black-02

HDD WD Black berkapasitas 6TB ini memiliki kecepatan rotasi hingga 7200 RPM dengan Cache berukuran 128 MB. HDD ini diklaim memiliki teknologi aktuator dual stage yang dipadankan dengan interface SATA 6 Gbps dan prosesor dual yang terintegrasi. Sehingga HDD ini diklaim tidak hanya mampu menawarkan kapasitas yang besar tetapi juga mampu menyajikan kinerja yang cukup tinggi.

wd-black-01

Ingin tahu lebih lanjut soal performa dari WD Black berdasarkan hasil pengujian kami? Sebelum kita melangkah ke segmen tersebut, berikut ini kami paparkan terlebih dahulu platfrom pengujian yang kami gunakan.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 8GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 1060
  • PSU Corsair AX850
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES