in: News | October 23, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Blokir Drone, Rusia Acak GPS di Sekitar Istana Kremlin?

GPS disebut tidak berfungsi normal di Moscow, Rusia, tepatnya di daerah dekat dengan Istana Kremlin, tempat tinggal presiden negara tersebut. Berbagai aplikasi di smartphone yang mengandalkan GPS disebut selalu menunjukkan lokasi yang salah atau tidak berfungsi sama sekali. Pemerintah Rusia sendiri disebut tidak mengetahui penyebab masalah ini.

Using-a-GPS1

Sengajak Acak GPS untuk Blokir Drone?

Banyak pihak tidak yakin pemerintah Rusia benar-benar tidak tahu apa penyebab GPS tidak berfungsi di sekitar Kremlin. Pemerintah Rusia, atau setidaknya bagian dari pemerintah Rusia, bisa jadi memang sengaja mengacak GPS di wilayah tersebut terkait isu keamanan negara. Bisa jadi, hal itu dilakukan agar drone tidak bisa beroperasi di sekitar istana.

Buat Warga Moscow Bingung

Tidak berfungsinya GPS secara normal di sekitar Kremlin disebut membuat warga Moscow bingung. Mereka tidak bisa menggunakan aplikasi yang memanfaatkan GPS dengan normal. Pengguna aplikasi smartphone dengan basis GPS, seperti Uber, menyebutkan bahwa aplikasi tidak bisa menemukan lokasi mereka di dekat Kremlin.

Satu hal yang menarik, terkadang aplikasi justru menunjukkan lokasi yang salah, yakni di bandara Vnukovo. Beberapa pelari maraton yang mengikuti acara di Moscow bulan lalu juga menyebutkan bahwa aplikasi yang mereka gunakan mencatat jarak tempuh yang salah karena pengacakan GPS ini. Perwakilan pemerintah Rusia menyebutkan bahwa mereka akan melakukan investigasi terkait kejadian ini. Hanya saja, bila ternyata ini memang dilakukan oleh bagian dari pemerintah Rusia, atau mungkin pihak militer, bisa jadi warga Moscow tidak akan lagi mendapatkan fungsi GPS normal di lokasi pengacakan ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES