in: News | October 14, 2016 | by: Tim Jagat Review

Browser Chrome Akan Lebih Hemat RAM

Google Chrome merupakan browser terpopuler di dunia saat ini. Sayangnya, selain karena banyaknya pengguna, browser itu juga populer karena penggunaan RAM yang sangat boros, bisa dikatakan sebagai yang terboros dibandingkan pesaingnya. Untungnya, hal itu tidak membuat Chrome ditinggalkan, dan saat ini masih berhasil menempati posisi terdepan di browser yang paling banyak digunakan di dunia.

google-chrome-16-640x0

Google Ingin Kurangi Penggunaan RAM

Ada kabar baik dari Google terkait dengan browser Chrome. Baru-baru ini Google dilaporkan akan merilis versi teranyar Chrome, yaitu Chrome 55, yang tidak lagi memakan banyak RAM sebanyak pendahulunya. Penyebab utama Chrome memakan banyak RAM selama ini adalah engine JavaScript V8 yang digunakan. Di Chrome 55, Google telah memperbarui engine JavaScript V8 dengan mengurangi ukuran heap dan zona memori sehingga memungkinkan engine memakan RAM yang lebih sedikit.

Selain itu, Google juga telah meningkatkan performa dari garbage collector Chrome untuk mengurangi penggunaan RAM. Target mereka, di Chrome 55 ini, Google bia mengurangi penggunaan memori sebesar 50% dibandingkan dengan versi Chrome saat ini. Google juga telah melakukan uji coba dan komparasi Chrome 55 ini dengan membuka beberapa situs seperti Imgur, The New York Times, Reddit, Twitter dan YouTube.

Rilis Bulan Desember 2016

Google berencana akan merilis Chrome 55 pada tanggal 6 Desember mendatang. Bagi Anda yang penasaran dengan performa Chrome 55, Anda dapat meng-install Chrome beta version yang sudah disediakan oleh Google. Namun, Chrome beta version tersebut masih memilki beberapa bug. Ini wajar mengingat versi final baru akan hadir bulan Desember mendatang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES