Direct Release: Dominasi Film Superhero di Box Office Dunia Tahun 2016

Reading time:
October 25, 2016

film-superhero-box-office-2016

Jakarta, 25 Oktober 2016 – Menuju akhir bulan Oktober 2016, film-film superhero terus mengukuhkan eksistensinya di puncak Box Office dunia. Kejayaan film superhero seakan tidak terpatahkan meskipun banyak sekali genre-genre film lain yang hadir di sepanjang tahun 2016. Terbukti, dari 10 film terlaris Box Office dunia, 5 di antaranya adalah film-film pahlawan super.

Apalagi sebentar lagi kita akan kembali dihibur dengan hadirnya film superhero Marvel terbaru yang berjudul Doctor Strange. Film Hollywood yang menampilkan aksi Benedict Cumberbatch ini akan tayang di Indonesia pada 26 Oktober 2016. Penonton di Indonesia termasuk beruntung karena di negara asalnya, Amerika Serikat, film Doctor Strange baru akan dirilis pada 4 November 2016.

“Marvel dan DC Comics terus bersaing ketat. Hal ini terlihat dengan pencapaian film-film mereka yang saling berlomba memuncaki daftar Box Office. Mari kita lihat bagaimana performa Film Doctor Strange sebagai penutup aksi film superhero di tahun 2016 ini,” ungkap Sudhir Syal, Co-founder dan Director BookMyShow Indonesia.

Akankah film Doctor Strange mampu mengungguli kejayaan film-film superhero yang telah rilis sebelumnya? Dilansir dari Box Office Mojo, BookMyShow menyajikan 5 daftar film superhero terlaris yang telah rilis di sepanjang tahun 2016 ini:

Captain America: Civil War

Pendapatan kotor: Rp 15 triliun

Hingga di penghujung tahun 2016, film Captain Amerika: Civil War masih menjadi film superhero terlaris dari penayangannya di seluruh dunia. Film garapan Marvel-Disney ini berhasil meraup pendapatan gemilang sebesar Rp 15 triliun. Jumlah tersebut jelas sangatlah fantastis meski budget produksi filmnya sendiri menelan biaya yang cukup besar yaitu sekitar Rp 3 triliun. Dengan pendapatan hampir 5 kali lipat dari biaya produksinya, film yang menampilkan aksi peperangan para superhero Marvel ini pun sukses mengukuhkan diri sebagai film Hollywood terlaris hingga di awal kuartal terakhir 2016.

Batman V Superman: Dawn of Justice

Pendapatan kotor: Rp 11 triliun

Film Batman V Superman: Dawn of Justice menduduki peringkat kedua sebagai film superhero terlaris di tahun 2016. Film adaptasi DC Comics ini berhasil meraup pendapatan sebesar Rp 11 triliun. Dengan budget produksi setara dengan film Captain Amerika: Civil War, sayangnya film yang menampilkan kisah pertarungan Batman dan Superman tersebut tidak dapat menandingi kejayaan film ketiga Captain Amerika. Film ini pun harus puas duduk di posisi kedua sebagai film superhero terlaris hingga di awal kuartal keempat 2016.

Deadpool

Pendapatan kotor: Rp 10 triliun

Di posisi ketiga kembali ditempati oleh film superhero besutan Marvel. Kali ini aksi Deadpool yang diperankan oleh Ryan Renolds tersebut berhasil menyita perhatian publik di seluruh dunia dengan mengumpulkan pendapatan sebesar Rp 10 triliun. Film ini terbukti sukses besar mengingat budget produksinya sendiri hanya menelan biaya sebesar Rp 755 miliar.

Suicide Squad

Pendapatan kotor: Rp 9.6 triliun

Tak hanya sukses besar meraih atensi publik, aksi para villain di film Suicide Squad juga berhasil membuatnya berjaya di tangga Box Office dunia. Film besutan DC Comics ini sukses mengumpulkan pendapatan sebesar Rp 9,6 tiriliun. Dengan budget produksi sekitar Rp 2 triliun, film yang rilis pada 3 Agustus 2016 ini sukses menempatkan dirinya dalam daftar film superhero terlaris keempat hingga di awal kuartal keempat tahun 2016.

X-Men: Apocalypse

Pendapatan kotor: Rp 7 triliun

Lagi-lagi film superhero Marvel sukses mengukuhkan diri dalam deretan film superhero terlaris di tahun 2016. Film yang menampilkan aksi para mutan X-Men di masa mudanya ini berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 7 triliun. Keuntungan yang diraih film X-Men: Apocalypse bernilai tiga kali lipat dari budget produksinya yang menelan biaya sekitar Rp 2 triliun.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…