in: Highlights - Networking | October 7, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Router Asus RT-AC5300

asus-rt-ac5300-01

Wireless router terbaik Asus untuk saat ini akhirnya tiba di lab. pengujian kami! Ya, produk tersebut adalah RT-AC5300, wireless router tri-band yang menawarkan data rate total hingga 5300 Mbps! Selama beberapa waktu, kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba merasakan kemampuan dari router yang satu ini. Seperti apa kemampuan router high-end tersebut? Kami akan menjabarkannya dalam artikel hands-on review ini!

Asus RT-AC5300

RT-AC5300 merupakan wireless router tri-band, dengan dua band 5 GHz dan satu band 2.4 GHz, yang bisa memberikan data rate total hingga 5300 Mbps. Masing-masing band 5 GHz menawarkan data rate hingga 2167 Mbps. Sementara untuk band 2.4 GHz, router ini menawarkan data rate hingga 1000 Mbps.

Namun, tentu saja, bukan hanya data rate total mencapai 5300 Mbps yang ditawarkan oleh router high-end yang satu ini. Asus melengkapi router ini dengan berbagai kemampuan dan fitur lain. Penasaran dengan apa saja yang diberikan Asus di router ini? Sebelum membahas hal tersebut, kami akan terlebih dahulu menampilkan paket penjualan yang menyertai router ini.

Paket Penjualan

Asus menyertakan beberapa perlengkapan untuk mendukung penggunaan RT-AC5300 ini. Perlengkapan yang ada di kemasan paket penjualan router ini adalah:

  • Power Adapter
    asus-rt-ac5300-03
  • Kabel Power
  • Quick Start Guide
  • Kabel Ethernet
  • Support CD

Perlengkapan pendukung RT-AC5300 ini memang terbilang minim untuk router kelas high-end. Namun, pada dasarnya memang hanya itu perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendukung penggunaan router ini. Hanya saja, untuk beberapa hal, Asus mungkin bisa menambah perlengkapan yang disertakan sesuai dengan fitur yang ditawarkan oleh router ini.

Desain

asus-rt-ac5300-02

 

Seperti router high-end masa kini pada umumnya, ukuran fisik dari RT-AC5300 ini terbilang besar. Berdasarkan informasi dari situs resmi Asus, bodi dasar router ini, tanpa antena, memiliki ukuran 245 x 245 x 65 mm. Ukuran besar tersebut tampaknya ditujukan untuk memuat komponen yang mendukung kemampuan tinggi dari router ini.

Desain dasar dari RT-AC5300 ini sendiri cukup berbeda dari wireless router Asus yang lain, terutama lini WiFi AC, serta tidak mengusung motif diamond di permukaan bodinya. Perbedaan desain ini tampaknya disebabkan oleh kebutuhan untuk mengakomodasi hingga 8 buah antena eksternal untuk wireless network router ini. Bodi dari router ini sendiri dibangun dengan bahan plastik tebal, sehingga menampilkan kesan kokoh nan gagah.

asus-rt-ac5300-13

asus-rt-ac5300-05
RT-AC5300 dengan delapan antenanya

asus-rt-ac5300-08

Router ini, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, dilengkapi dengan 8 buah antena eksternal. Asus mendesain posisi kedelapan antena itu untuk mengelilingi router ini, dua di masing-masing sisi sampingnya. Antena yang digunakan memiliki desain unik, dan secara keseluruhan benar-benar melengkapi bentuk unik dari RT-AC5300. Semua antena eksternal tersebut bisa dilepas dari bodi router.

asus-rt-ac5300-06

Konektor dan tombol yang mendukung operasional perangkat ini diletakkan Asus di sisi kiri dan belakang perangkat. Untuk sisi belakang, terdapat konektor DC-In, Gigabit Ethernet untuk WAN, 4x Gigabit Ethernet untuk LAN, dan USB 3.0 serta tombol Power dan Reset. Di sisi kiri, terdapat konektor USB 2.0, serta tombol LED On/Off, WiFi On/Off, dan WPS.

asus-rt-ac5300-07

Satu hal yang cukup disayangkan, desain fisik dari RT-AC5300 ini cukup menyulitkan akses ke berbagai konektor dan tombol yang ada di sisi kiri dan belakang perangkat. Konektor dan tombol di sisi kiri perangkat sulit diakses dari depan karena terhalang satu antena yang ada di sisi kiri-depan, ditambah lagi Asus tidak menyediakan penanda lokasi yang konektor dan tombol yang mudah dilihat. Demikian juga untuk konektor dan tombol di bagian belakang, tidak adanya penanda posisi membuat pengguna mungkin akan sulit memasang kabel Ethernet atau USB tanpa melihat langsung sisi belakang.

asus-rt-ac5300-09
Ukuran antena yang besar membuatnya terlihat menutupi tombol dan port di sisi kiri

Penempatan port USB 3.0 di sisi belakang dan port USB 2.0 di sisi samping juga, menurut kami, cukup disayangkan. Port USB 3.0 yang lebih cocok digunakan untuk memasang storage berbasis USB ke RT-AC5300 ditempatkan di sisi belakang yang lebih sulit dijangkau dari depan. Sementara USB 2.0 yang mungkin akan lebih banyak digunakan untuk USB Modem atau printer justru ditempatkan di sisi kiri yang lebih mudah dijangkau. USB Modem dan printer umumnya akan lebih jarang dilepas-pasang ke router, sementara untuk storage, mungkin pengguna akan butuh melepas-pasangnya lebih sering.

asus-rt-ac5300-10

Beberapa lampu indikator ditempatkan Asus di sisi depan perangkat. Tidak banyak lampu indikator yang ada untuk RT-AC5300 ini. Asus hanya menempatkan indikator untuk beberapa fungsi penting router, yaitu:

  • Power
  • Wireless 2.4 GHz
  • Wireless 5 GHz
  • WAN/Internet
  • LAN
  • WPS

asus-rt-ac5300-11

RT-AC5300 ini hanya bisa digunakan dalam posisi tidur, diletakkan di atas meja, rak, atau lemari. Desain fisik dari router ini memang tidak memungkinkannya digunakan dalam posisi lain, seperti berdiri, karena antena ditempatkan di seluruh sisi samping perangkat. Asus juga tidak menyediakan lubang mounting yang memungkinkannya dipasang ke tembok.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES