in: Highlights - Networking | October 7, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Router Asus RT-AC5300

Penggunaan

asus-rt-ac5300-14

Asus menyebutkan bahwa RT-AC5300 ini cocok digunakan di rumah modern berukuran besar. Modern di sini diartikan sebagai penghuni rumah banyak memanfaatkan teknologi terkini, seperti video streaming dan file sharing antar perangkat di rumah. Selain itu, router ini juga cocok untuk online gamer, karena dilengkapi dengan beberapa fitur yang mendukung kenyamanan bermain game online.

asus-wireless-router-rt-ac5300
Tampilan utama AsusWRT di RT-AC5300

RT-AC5300 ini dilengkapi dengan AsusWRT, user interface yang menawarkan kemudahan penggunaan, serta pengaturan konfigurasi, bagi penggunanya. User interface ini serupa dengan yang digunakan di berbagai perangkat jaringan Asus keluaran baru, sehingga pengguna perangkat jaringan Asus yang lain tidak akan kesulitan beralih ke router ini, karena kesamaan desain user interface. Berbagai fungsi yang ditawarkan router ini pun dapat diatur dengan mudah melalui AsusWRT ini.

asus-wireless-router-rt-ac5300-welcome

Untuk penggunaan pertama kali router RT-AC5300 ini, terdapat wizard yang akan membantu pengguna melakukan konfigurasi awal. Hal yang bisa dilakukan melalui wizard tersebut adalah mengatur jenis koneksi Internet, mengatur password perangat, serta konfigurasi dasar wireless network di ketiga band yang ada. Bila router mendeteksi adanya kebutuhan penyesuaian IP jaringan lokal, router akan melakukan hal itu secara otomatis. Pengguna yang sudah mengerti dasar-dasar jaringan juga bisa memilih untuk melakukan konfigurasi manual.

Seperti router tri-band Asus yang sebelumnya pernah kami uji, RT-AC3200, RT-AC5300 ini dilengkapi dengan tiga mode operasi, yaitu Router, Access Point, dan Media Bridge. Router ini disebut Asus dilengkapi dengan dukungan MU-MIMO, sehingga data rate yang tersedia bisa digunakan dengan optimal oleh perangkat-perangkat yang terhubung, yang juga telah mendukung MU-MIMO. Link Aggregation untuk pemanfaatan dua port Gigabit Ethernet untuk data rate yang lebih tinggi juga tersedia.

asus-wireless-router-rt-ac5300-operating-mode

Selama beberapa hari menggunakan router ini, dengan kondisi beberapa perangkat terhubung untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari di kantor kami, kami tidak mendapatkan masalah apapun dari router ini. Suhu operasinya juga terbilang sangat wajar.

Fitur

Selama ini, kami mengenal router dari Asus merupakan produk yang dilengkapi dengan fitur yang melimpah. RT-AC5300 ini tentu saja juga meneruskan tradisi tersebut. Deretan fitur yang ditawarkan tergolong sangat lengkap, dengan berbagai opsi pemanfaatan port USB. Asus juga menambahkan fitur untuk mendukung kenyamanan gamer memainkan game online di router ini.

Salah satu fitur yang menarik terkait pemanfaatan tri-band di router ini adalah Smart Connect. Fitur ini memungkinkan router otomatis mengalokasikan band tertentu untuk perangkat yang terhubung, tergantung dari jenis perangkat dan beban jaringan yang ada. Terdapat juga fitur untuk membangun Guest Network, hingga tiga per band, dengan opsi konfigurasi tersendiri untuk setiap SSID.

asus-wireless-router-rt-ac5300-aicloud-2-0

AiCloud 2.0 dan AiDisk yang memungkinkan pemanfaatakn RT-AC5300 sebagai storage, lokal maupun melalui cloud, juga tersedia. Asus juga menghadirkan dukungan untuk multimedia local server di router ini. Berbagai file multimedia bisa langsung di-stream dari router ini ke berbagai perangkat lain di jaringan lokal, termasuk untuk file foto/gambar, video, serta audio.

asus-wireless-router-rt-ac5300-parental-control

AiProtection dan Parental Control hadir sebagai fitur keamanan ekstra di router ini. Asus bekerja sama dengan Trend Micro untuk fitur keamanan di AiProtection. Sementara untuk Parental Control, pengguna bisa mengatur akses di jam-jam tertentu saja, dan melakukan blok untuk beberapa situs, untuk akses oleh anak-anak. Parental Control ini bisa diatur untuk menangani hingga 16 perangkat, jumlah yang seharusnya sudah cukup untuk membatasi akses Internet dari perangkat yang digunakan oleh anak-anak dalam satu rumah.

Fitur pemanfaatan port USB yang lengkap juga dihadirkan di RT-AC5300. Selain untuk memasang storage, port USB 2.0 dan USB 3.0 di router ini juga bisa digunakan untuk Modem USB, untuk akses Internet. Asus menyediakan dukungan untuk Dual WAN memanfaatkan opsi koneksi Internet melalui Modem USB ini, sehingga bila line utama terputus, router bisa otomatis menggunakan Modem USB untuk sumber Internet. Terdapat juga opsi penggunaan router sebagai Printer Server, memanfaatkan printer yang terhubung ke router melalui USB.

Satu fitur lain yang tidak kalah penting adalah Download Master. Pengguna bisa memanfaatkan router ini sebagai standalone download station untuk mendownload file dari Internet tanpa melalui PC. Download Master mendukung berbagai jenis download, termasuk Torrent serta HTTP.

asus-wireless-router-rt-ac5300-adaptive-qos-custom
Adaptive QoS – Custom
asus-wireless-router-rt-ac5300-game-boost
Game Boost

Beralih ke fitur Quality of Service serta dukungan untuk pengalaman yang lebih baik saat gamer memainkan game online. Di router ini, Asus menawarkan Adaptive QoS yang bisa diatur untuk memprioritaskan jenis paket dari aplikasi tertentu, termasuk game. Bila diatur dengan benar, router akan memberikan prioritas lebih sesuai kebutuhan pengguna, sehingga aktivitas di latar belakang, seperti download tidak mengganggu kenyamanan aktivitas utama pengguna. Terdapat juga Game Boost, dengan beberapa opsi di dalamnya, termasuk pemanfaatan private network dari WTFast untuk koneksi ke server game yang lebih baik, serta pengaturan QoS otomatis untuk game.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES