in: Highlights - Networking | October 7, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Router Asus RT-AC5300

Kesimpulan

(+) Tri-band dengan data rate total hingga 5300 Mbps

(+) Tampilan menarik dengan 8 antena eksternal

(+) Tersedia port USB 3.0 untuk storage kencang masa kini

(+) Fitur konfigurasi otomatis dan dashboard yang mudah digunakan

(+) Smart Connect, Guest Network, & QoS untuk kemudahan penggunaan

(+) 3 mode operasi untuk penggunaan sesuai kebutuhan yang ada

(+) Fitur khusus untuk kenyamanan online gaming

(+) Fitur pemanfaatan USB lengkap (media server, network/cloud storage, modem, dll)

(+) Download Master (HTTP/Torrent)

(+) Tidak ada masalah kestabilan

 

(-) Paket penjualan minim

(-) Tombol dan konektor di sisi belakang sulit dijangkau

(-) Lampu indikator kurang lengkap

(-) Tidak ada tombol on/off terpisah untuk masing-masing wireless band

(-) Tidak ada penanda untuk fungsi tombol di sisi kiri

(-) Tidak ada tombol “eject” fisik untuk USB

 

asus-rt-ac5300-04

Bekal kemampuan tinggi, termasuk untuk menangani data rate hingga 5300 Mbps, serta berbagai fitur unggulan memang membuat router yang satu ini layak menjadi andalan Asus di kelas tertinggi wireless router saat ini. Tawaran tri-band, 2 di 5 GHz dan 1 di 2.4 GHz, membuat pengguna router ini bisa mendapatkan wireless network yang memadai untuk seluruh kebutuhan di rumah besar sekalipun. Terlebih lagi, untuk optimasi tri-band tersebut, Asus menghadirkan fitur Smart Connect yang membantu pengguna membagi penggunaan ketiga band yang ada.

asus-rt-ac5300-12
Antena RT-AC5300

Fitur Quality of Service yang tersedia juga menghadirkan kemudahan bagi pengguna, terutama dalam hal pengaturan resource jaringan secara otomatis. Pengguna bisa mengatur prioritas paket dengan mudah, sesuai untuk tiga kebutuhan paling populer saat ini, yaitu untuk game online, multimedia streaming, atau web browsing/surfing. Bila hal itu dirasa masih kurang, pengguna bisa mengatur manual urutan prioritas paket secara manual. QoS yang disediakan di router ini bisa dikatakan cukup baik.

Asus membekali router ini dengan berbagai fitur yang umum dijumpai di router kelas atas saat ini, termasuk untuk paket keamanan serta guest network. Namun, tidak hanya itu saja, Asus menghadirkan pemanfaatan USB yang sangat komplit, termasuk untuk USB modem, printer sharing, network storage/cloud storage, file download, hingga media server. Fitur melimpah itu cukup wajar, mengingat router ini memang masuk ke lini produk kelas atas, yang seharusnya memang dibekali dengan banyak fitur.

asus-rt-ac5300-01

Desain fisik dari RT-AC5300 sekilas memang menunjukkan kelasnya sebagai produk kelas atas. Hanya saja, desain itu sedikit membuat akses ke tombol dan konektor di bagian belakang dan samping kiri menjadi cukup sulit, terutama bila router ditempatkan di tempat yang cukup sempit. Lampu indikator yang disertakan juga tergolong minim, mengingat produk ini merupakan router kelas atas yang seharusnya dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat memudahkan penggunanya.

Secara keseluruhan, terlepas dari sedikit kekurangan dari sisi fisik yang ada, router ini benar-benar sebuah monster jaringan yang telah disiapkan untuk menangani beban berat sekalipun di jaringan dalam rumah berukuran besar. Apa yang ditawarkan oleh Asus dalam router ini bisa dibilang komplit, mengingat sangat jarang ada router kelas atas sekalipun dari produsen lain yang dilengkapi fitur pemanfaatan USB selengkap router ini. RT-AC5300 ini tentu saja membuktikan diri layak ditempatkan di posisi teratas oleh Asus di jajaran router mereka.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES