in: News | October 7, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Intel NUC Miliki Lubang Keamanan Berbahaya!

Mini PC besutan Intel, NUC, dikabarkan memiliki lubang keamanan yang mengusung potensi bahaya besar. NUC yang disebut memiliki lubang keamanan ini adalah yang menggunakan prosesor Core i 5th Gen. dan Core i 6th Gen. Untungnya, Intel telah merilis update untuk BIOS di NUC yang bisa menutup lubang keamanan ini.

Intel Skull Canyon

Lubang Keamanan di BIOS

Berdasarkan kabar yang beredar di Internet, lubang keamanan di NUC tersebut terdapat di BIOS. Pihak yang melakukan serangan ke NUC bisa memanfaatkan malware yang bisa mengakses system management mode untuk mendapatkan kontrol total NUC. Untungnya, hal ini tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena pihak yang melakukan serangan harus memiliki akses administrator lokal terlebih dahulu.

Juga Ditemukan di Skull Canyon

Beberapa tipe NUC dari Intel dengan Core i 5th Gen. dan Core i 6th Gen. yang disebut memiliki lubang keamanan ini antara lain yang hadir dengan kode Cedar City, Sterling City, Rock Canyon, Pinnacle Canyon, Grass Canyon, dan Swift Canyon. Selain itu, NUC premium Intel, Skull Canyon, disebut juga memiliki lubang keamanan ini.

Update BIOS, Tutup Lubang

Menyadari potensi bahaya dari lubang keamanan itu, Intel menyebutkan bahwa mereka sudah melakukan perbaikan dan menghadirkan update BIOS untuk NUC yang memiliki lubang keamanan itu. Update BIOS disebut bisa dilakukan melalui tool Driver Update Utility yang disediakan Intel untuk berbagai tipe NUC mereka. Bila Anda memiliki salah satu dari tipe NUC dengan Core i 5th Gen. dan Core i 6th Gen, ada baiknya Anda melakukan update BIOS ke versi terbaru untuk menutup lubang keamanan ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES