in: News | October 15, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Kasus Hacking Buat Verizon Batal Beli Yahoo?

Akhir bulan Juli 2016 lalu, Verizon dilaporkan sudah mengajukan peninjauan untuk akuisisi Yahoo, mantan raksasa Internet yang tengah terpuruk. Proses peninjauan itu sendiri seharusnya akan berlangsung selama beberapa bulan, dengan persetujuan berbagai regulator terkait akuisisi akan hadir beberapa bulan lagi. Namun, beberapa waktu lalu, muncul kabar bahwa Verizon ingin membatalkan akuisisi itu.

Potensi Batal Karena Kasus Hacking

Verizon disebut mempertimbangkan ulang akuisisi Yahoo setelah kasus hacking yang mengakibatkan bocornya data pengguna layanan perusahaan itu terungkap. Kasus hacking itu sendiri sudah terjadi tahun 2014 lalu, tetapi baru terungkap bulan Agustus 2016, setelah Verizon mengumumkan rencana akuisisi. Terbongkarnya kasus tersebut berimbas pada kepercayaan Verizon terhadap Yahoo. dan bisa merusak “masa depan” Yahoo.

Masih Tunggu Hasil Investigasi

Sebelum mengambil keputusan final terkait jadi atau tidaknya akuisisi Yahoo, Verizon tampaknya masih ingin menunggu laporan Yahoo terkait kasus hacking tersebut. Laporan itu tampaknya terkait dengan dampak yang bisa ditimbulkan, terutama apakah ada kebocoran informasi terkait akun bank dan kartu kredit yang bocor. Selain itu, apakah hacking itu juga berdampak pada diaksesnya jaringan sistem utama Yahoo atau tidak.

Ingin Yahoo Turunkan Harga

Banyak pihak yang setuju bila Verizon mempertimbangkan kelanjutan proses akuisisi setelah terungkapnya kasus hacking tersebut. Hanya saja, ada juga pendapat bahwa Verizon tidak benar-benar berencana membatalkan akuisisi. Verizon bisa jadi mengharapkan harga yang lebih rendah untuk akuisisi Yahoo karena adanya anggapan bahwa harga perusahaan tersebut seharusnya turun jauh akibat kejadian ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES