in: Movies - News | October 27, 2016 | by: Friska Suryawinata

Review Film: Doctor Strange

doctor-strange-1

Menjelang akhir tahun 2016 ini, Marvel tidak ketinggalan untuk memberikan satu lagi film superhero untuk melengkapi jajaran film Marvel Cinematic Universe Phase 3. Dimulai dengan Captain America: Civil War yang mengawali MCU Phase 3 tersebut yang tayang awal tahun ini, kini terhitung 26 Oktober 2016 untuk pasar Indonesia telah tayang resmi film Doctor Strange, turut melengkapi daftar superhero baru dalam franchise ini.

Berbeda dengan film-film superhero Marvel Studios lainnya yang lebih kuat dan bergantung kepada kekuatan sains, teknologi modern atau mungkin memang adalah dewa dari dunia lain, Doctor Strange pun memberikan sudut pandang lain terhadap apa yang membuat sebuah karakter dapat disebut sebagai pahlawan berkekuatan super; yakni dengan kemampuan sihir.

Dari Ahli Bedah, Menjadi Ahli Sihir

Stephen Strange tidak lahir dengan kemampuan sihir, akan tetapi ia awalnya adalah seorang dokter ahli bedah yang terkenal dan telah berpengalaman melakukan berbagai operasi yang mustahil untuk dilakukan. Atas kemampuan bedahnya tersebut, Strange tak hanya mendapatkan penghargaan dan kekayaan, tetapi juga meninggikan keangkuhan serta egonya.

screen-shot-2016-04-13-at-075704

Namun, kehidupannya berubah total ketika ia mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkan kedua tangannya tak mampu lagi menjalankan kewajibannya sebagai seorang dokter bedah. Dalam kondisi terdesak dan ingin menyembuhkan kedua tangannya secara total, Strange mencari jawabannya hingga ke Nepal, di mana Kamar-Taj berada dan mulai berguru dengan The Ancient One. Dari sana, Strange pun mulai belajar sesuatu hal yang tak bisa ia jawab hanya dengan berpegang pada pengetahuan ilmu sains dan logika semata.

madsstrange23-1469337575452_large

Tentu saja, bukan berarti tidak ada bahaya yang mengancam. Kaecilius, murid The Ancient One terdahulu, telah membelot dan hendak mempraktekkan mantra terlarang dan memanggil kekuatan gelap untuk mengubah dunia. Mau tidak mau, Strange pun harus terlibat dalam pertarungan yang melibatkan kekuatan mistis tersebut.

Fresh, Penuh Hal Baru dan Selera Humor Tinggi

Jika dibandingkan dengan durasi film Marvel Studios lainnya, Doctor Strange memiliki durasi yang jauh lebih pendek dengan hanya sepanjang 115 menit saja. Hal ini tentunya membuat masih banyak hal yang cenderung kurang jelas dan mendetil akan universe maupun latar belakang tokoh lainnya, ditambah dengan ending yang sedikit lebih mengambang. Walau begitu, harus diakui bahwa Marvel cukup berani untuk memberikan nuansa yang sama sekali berbeda dan “fresh” sebagai tambahan untuk jajaran film Marvel Cinematic Universe.

doctorstrange

Dunia yang diperlihatkan dalam Doctor Strange sangat berbeda dengan yang biasa terlihat dalam beberapa film superhero Marvel lainnya. Film ini lebih menjelaskan tentang kemungkinan adanya dunia pararel, dimensi lain serta kemampuan mistik dan sihir di Bumi; di mana semuanya ini akan membuka kemungkinan dan hal baru untuk film-film Marvel Cinematic Universe ke depannya. Didukung dengan efek CGI dan animasi yang halus, Doctor Strange memberikan pengalaman yang jauh berbeda dibandingkan film-film Marvel Studios lainnya. Sedikit trippy dan beraspek psychedelic di beberapa adegan aksinya, penuh hal mistik nan “aneh”, namun tetap terlihat indah dan tidak bertopik “berat” untuk ditonton.

doctor-strange-training-in-kamar-taj

Seleksi jajaran artis yang terlibat di dalam film Doctor Strange juga terbilang pintar, dengan melibatkan jajaran artis Hollywood yang tengah naik daun sehingga masing-masing mampu memperlihatkan kemampuan akting yang baik dan membuat film ini menjadi lebih menarik untuk disaksikan. Alur kisah yang mengalir lurus dan tetap fokus dalam inti cerita, dengan tetap memberikan beberapa adegan aksi dan pertarungan sengit, juga disertai humor yang cukup untuk membuat para penontonnya tertawa tetapi tidak merusak suasana maupun kisah yang dibangun dalam film ini menjadi nilai plus tersendiri.

Jika Anda memiliki rencana untuk menontonnya, pastikan untuk menontonnya dalam format IMAX untuk pengalaman menonton yang lebih maksimal. Dan jangan lupa, jangan keluar bioskop dulu sebelum menonton adegan ekstra di mid-credits dan end-credits!

Marvel's DOCTOR STRANGE Doctor Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) Photo Credit: Film Frame  ©2016 Marvel. All Rights Reserved.

Tanggal rilis: 26 Oktober 2016 (Indonesia)
Genre: Superhero, Action
Durasi: 115 menit
Sutradara: Scott Derrickson
Para pemain: Benedict Cumberbatch, Chiwetel Ejiofor, Rachel McAdams, Benedict Wong, Michael Stuhlbarg, Benjamin Bratt, Scott Adkins, Mads Mikkelsen, Tilda Swinton
Studio: Marvel Studios, Walt Disney Studios

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES