in: Highlights - Notebook / Laptop | October 8, 2016 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook: HP 14-am015tx

Konsumsi Daya

hp-14-am015tx-power

Note: Total system power consumption (In Watts)

Pada beban kerja tertinggi, HP 14-am015tx tetap irit saat “memakan” daya listrik dengan torehan angka di bawah 50 Watt.

Battery Life

hp-14-am015tx-battery

 

Setting: Windows Power Option – Balanced | Air Plane Mode On | WI-FI – On Bluetooth – Off (Web Browsing)

Kombinasi komponen hemat daya dan baterai dengan kapasitas 41 Wh sukses membuat HP 14-am015tx bertahan selama sekitar 6 jam baik saat digunakan menonton video maupun menjelajah dunia maya secara terus-menerus. Torehan daya tahan baterai yang tergolong memuaskan.

Kesimpulan

Dengan harga jual relatif terjangkau, HP 14-am015tx ternyata mampu tampil dengan daya tarik tidak terduga sebelumnya. Penggunaan prosesor hemat daya ternyata tidak menghambat HP 14-am015tx untuk menorehkan performa memuaskan di kelasnya pada seluruh skenario pengujian milik kami. Bahkan performa seperti itu ditorehkan dengan hanya mengandalkan memori/RAM 4 GB pada konfigurasi single channel memory dan storage tipe HDD. Tentu saja potensi performa lebih tinggi masih terbuka dengan melakukan upgrade memori/RAM ke kapasitas lebih besar dengan konfigurasi dual channel memory dan penggunaan SSD sebagai tempat sistem operasi. HP 14-am015tx sendiri akan lebih cocok digunakan untuk menangani aplikasi dengan tuntutan performa komputasi tidak terlampau berat seperti membuat dokumen, melakukan editing gambar/video ringan, membuat animasi sederhana, dan semacamnya. Tentu saja HP 14-am015tx masih dapat digunakan untuk menangani aplikasi dengan tuntutan performa komputasi tinggi seperti melakukan render objek 3D walaupun kami lebih menyarankan untuk menggunakan sistem lain dengan kemampuan hardware lebih tinggi.

hp-14-am015tx-notebook-v1

Tidak tergolong sebagai produk notebook/laptop khusus untuk gaming ternyata tidak menyurutkan HP 14-am015tx dalam menawarkan performa memuaskan di kelasnya pada aplikasi game 3D. Dengan setting kualitas grafis tepat, graphics card entry level seperti Radeon R5 M430 masih dapat diandalkan untuk memainkan game 3D terbaru sekalipun, dengan nyaman. Game 3D online kompetitif yang menuntut tingkat frame rate setinggi mungkin pun tidak memiliki kendala berarti untuk dimainkan di HP 14-am015tx. Kami juga menemukan game 3D dengan graphics engine tidak terlampau berat masih dapat dijalankan dengan tingkat frame rate tinggi, tanpa perlu mengorbankan kualitas visual menjadi terlalu rendah. Layar 1366 x 768 piksel pun terasa cocok saat disandingkan dengan unit pengolah grafis tersebut mengingat di resolusi native sekalipun, game 3D dapat dimainkan dengan nyaman.

hp-14-am015tx-right-side-lid-open

Dari segi konektivitas HP 14-am015tx dilengkapi satu konektor USB 3.1 Gen 1 dengan kemampuan transfer data hingga kecepatan 5 Gbps sehingga memindahkan data ukuran raksasa tidak lagi menjadi kegiatan yang memakan waktu. Notebook/laptop ini juga datang dengan dua konektor display tambahan jika pengguna membutuhkan ruang gerak lebih luas saat beraktivitas atau membutuhkan perangkat display dengan kualitas tampilan lebih baik. HP juga menyediakan sebuah optical drive jika pengguna masih membutuhkannya. HP 14-am015tx pun masih menyediakan potensi upgrade pada komponen storage dan memori/RAM.

Dengan harga jual sekitar Rp. 5.999.000,-, HP 14-am015tx tampaknya akan menjadi salah satu pilihan menarik bagi Anda yang sedang mencari notebook/laptop dengan anggaran seperti itu. Performa kencang di kelasnya baik di aplikasi harian maupun game 3D yang dipadukan dengan daya tahan baterai lebih dari 6 jam membuat HP 14-am015tx menjadi pertimbangan menarik, HP 14-am015tx juga hadir dengan dimensi bodi tidak terlampau besar dan bobot di bawah 2 kg sehingga tidak menghambat mobilitas penggunanya.

Kelebihan

(+) Performa tergolong memuaskan di kelas notebook/laptop hemat daya

(+) Performa gaming memuaskan di kelasnya

(+) DDR4 2133 MHz

(+) Daya tahan baterai lebih dari 6 jam untuk skenario non-gaming

(+) Irit daya saat menggunakan charger

(+) USB 3.1 Gen 1 dengan kecepatan tranfer data hingga 5 Gbps

(+) Card reader

(+) Konektor HDMI dan D-Sub

(+) Potensi upgrade memori/RAM dan SSD

(+) Bonus tas

Kekurangan

(-) Lubang ventilasi udara panas di sisi kiri menimbulkan resiko paparan panas pada tangan

(-) Tidak disertakan sistem operasi walaupun hal ini akan memberikan kebebasan pilihan

(-) Temperatur sejumlah titik yang sering bersentuhan dengan tangan berada di atas temperatur normal manusia

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES