in: Storage Devices | October 3, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Unboxing SSD Plextor M8Pe NVMe 256GB

Pada ajang Computex 2016 akhir Juni lalu, Plextor secara resmi memamerkan koleksi SSD terbarunya dengan nama Plextor M8Pe. SSD tersebut digadang-gadang sebagai SSD tercanggih dari Plextor karena mengusung teknologi NVMe (Non-Volatile Memory Express). Selain itu, Plextor merancang SSD barunya itu dengan memanfaatkan jalur PCIe  Gen 3 x4 sebagai interface-nya.

Perpaduan antara teknologi NVMe dengan PCIe Gen 3×4 pada Plextor M8Pe ini diklaim mampu menghadirkan kecepatan yang luar biasa. Pihak produsen pun sempat menyatakan bahwa SSD Plextor M8Pe dikembangkan secara eksklusif dengan menyajikan kinerja tinggi dan cocok untuk digunakan di berbagai industri, seperti salah satunya industri gaming.

SSD Plextor M8Pe dengan model PCIe card ini pun akhirnya mampir di meja pengujian JagatReview. Sebelum kami melakukan pengujian secara lengkap, kami pun cukup tertarik untuk membuat terlebih dahulu unboxing sekaligus melihat langsung seperti apa tampilan kemasannya, wujud serta paket penjualan yang disajikan. Dan berikut ini adalah ulasan singkat mengenai SSD Plextor M8Pe yang memiliki kapasitas 256GB.

Kemasan Produk

m8pe-box

m8pe-box_belakang

Paket Penjualan

m8pe-box_03

m8pe-box_04

m8pe-paket-penjualan

plextor-m8pe_03

bracket-mini-itx

baut

plextor-m8pe_02

SSD Plextor M8Pe dikemas dengan model PCIe card dan telah dilengkapi dengan sistem pendingin heat sink. Sang produsen sebenarnya menyediakan dua model untuk SSD M8Pe series ini di antaranya model PCIe card dan M.2. Heat sink yang berfungsi sebagai sistem pendinginnya menggunakan bahan alumunium yang dikelir warna hitam serta desain yang cukup unik. SSD ini dirancang untuk penggunaan PC desktop ini. Namun pihak Plextor menyediakan satu buah bracket untuk memudahkan para pengguna yang menyukai PC desktop model Low profile. Salah satu keunikan lain dari SSD milik Plextor ini adalah tersedianya port kabel power eksternal SATA 15-pin.

plextor-m8pe_samping plextor-m8pe_slot-powerSSD dengan MTBF di 2,4 juta jam ini menggunakan generasi terbaru NAND flash Toshiba toggle berukuran 15 nm tipe MLC dan sebuah kontroler Marvell 88SS1093. Perpaduan kedua teknologi tersebutlah yang diyakini oleh Plextor bahwa SSD ini mampu menawarkan kinerja tinggi Baca/Tulis 3280 MB/s dan 1770 MB/s. Mengenai ketersediaan kapasitasnya, Plextor menyediakan 4 pilihan kapasitas untuk Plextor M8Pe ini di antaranya 128GB, 256GB, 512GB dan 1TB.

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES