in: News | October 7, 2016 | by: Jagat Review

Windows 10 1607 Tidak Dukung Intel Cannonlake dan Coffee Lake

Windows 10 PC
Raksasa software Microsoft yang terkenal akan sistem operasinya ini secara resmi sudah meluncurkan OS terbaru yakni Windows 10. Akan tetapi, Windows 10 kerap menjadi bahan perbincangan banyak kalangan akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, sistem operasi yang sempat diunduh secara gratis melalui Windows upgrade Assistant ini selalu menuai berita baru, baik itu yang menggembirakan maupun kadang mengecewakan. Seperti belum lama ini terdengar bahwa ternyata Windows 10 tidak akan mendukung prosesor Intel generasi mendatang yaitu Cannonlake dan Coffee Lake.

Hal ini disampaikan oleh salah satu petinggi Microsoft, Michael Niehaus, yang mencoba menjabarkan kabar tersebut. “Secara logika, CPU baru dan Chipset terbaru membutuhkan versi terbaru dari Windows. Ini juga berlaku di Windows 10. Kami menamakannya LTSB” (Long Term service Branch)”. Memang Microsoft sudah lama menjabarkan masalah ini sejak awal 2015 lalu. Tetapi siapa yang menyangka, versi Windows 10 terutama Anniversary Edition begitu cepat berakhir, dimana versi Windows ini merupakan salah satu versi LTSB yang digadangkan akan bertahan cukup lama.

Sebenarnya, berapa lama CB (Current Version) dan LTSB (Long Term service Branch) berakhir? Tentunya pembaca masih ingat ketika Windows XP dan Windows 7 mengeluarkan Service Pack. Hal ini sepertinya sama yang ada di Windows 10 dengan LTSB, perbedaannya hanya penamaan tapi yang kita perlu ingat adalah selama kita tidak mengganti hardware secara signifikan, windows service akan tetap diberikan selama PC kita masih berfungsi dengan baik.

Ketika mengganti total hardware PC ke hardware terbaru, apakah Windows 10 sebelumnya akan masih berfungsi dengan baik? Michael Niehaus berkomentar, “Pastinya Hardware terbaru membutuhkan setting dengan OS yang berbeda dari versi sebelumnya, disinilah LTSB berfungsi”.

Perlu diketahui, Windows 10 1607 sudah memasuki LTSB dimana berarti masa service-nya sudah habis. Jikalau kita membangun PC baru seperti dengan prosesor Intel CannonLake atau Coffee Lake, akan dibutuhkan lagi Windows 10 CB (Current Version) versi  terbaru yang tentunya akan mempunyai fitur support hardware terbaru.

Microsoft sendiri tak pernah memberikan secara rinci apakah versi terbaru CB harus kita beli atau tetap gratis seperti yang digadangkan. Windows 10 its free for the supported lifetime of your device.” But Question is Yup device, are these apply to my new device?”  Sepertinya kita semua harus menunggu kejelasan resmi dari pihak Microsoft.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES